Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Bisnis Sekitar Kampus Yang Menguntungkan

 Ide bisnis sekitar kampus - Kampus merupan salah satu tempat yang digunakan oleh para mahasiswa untuk menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Pendidikan sendiri yaitu jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup berbagai program seperti pendidikan diploma, sarjana, magister, dan yang lainnya.

Sehingga dari situ, ada banyak ide bisnis sekitar kampus yang menguntungkan. Salah satu ide nya yaitu seperti berjualan makanan, baik itu makanan ringan maupun makanan berat, lalu membuka usaha jasa, dan juga yang berhubungan dengan akademik atau pendidikan.

Nah jika kamu tertarik dengan berbisnis di sekitar kampus, maka pada artikel ini kita akan membahas beberapa ide bisnis yang bisa kamu jadikan referensi.

Keuntungan Membuka Bisnis di Sekitar Kampus

Ide Bisnis Sekitar Kampus Yang Menguntungkan
Ide Bisnis Sekitar Kampus Yang Menguntungkan

Nah tentunya, sebelum kita membahas ke pembahasan pokok, kita akan mengenai keuntungan membuka usaha di sekitar kampus. Yaitu :

  1. Lebih mudah mendapatkan target pasar. Karena berjualan di sekitar kampus, sehingga itu menjadi hal yang mudah dalam mendapatkan target pasar.
  2. Mudah meriset pasar. Artinya dengan kita berjualan di sekitar kampus, kita lebih mudah riset pasarnya. Tinggal kita analisa kira-kira mahasiswa membutuhkan apa, dan apa saja yang mereka cari, dan sebagainya.
  3. Lebih cepat laris. Kenapa demikian? Ya karena sudah pasti dong mahasiswa cari makan, atau sekedar beli kopi. 

Ide Bisnis Sekitar Kampus Yang Menguntungkan

Nah ternyata salah satu bisnis yang paling banyak peminatnya yaitu usaha makanan. Karena tidak sedikit juga mahasiswa yang berlama-lama di kampus yang kemudian membutuhkan makanan. Engga usah berlama-laama, langsung aja ke ide bisnis nya apa saja. 

Baca juga Perhitungan Modal Awal dan Keuntungan Toko Sembako

Warung Kopi 

Ide bisnis sekitar kampus yang pertama yaitu warung kopi. Biasanya banyak mahasiswa yang membutuhkan warung kopi atau tempat nongkron. Yaa, sekedar untuk berkumpul antar mahasiswa atau bahkan berdiskusi mengenai perkuliahan mereka.

Warung Jajanan

Ide bisnis yang kedua yaitu warung jajanan. Biasanya mahasiswa juga ketika sudah selesai belajar, merasa lapar. Sehingga tidak heran jika banyak yang mencari warung jajanan, seperti snack makanan ringan, frozen food, pempek, dan sebagainya.

Baca juga Cara Menjadi Supplier Hijab Tangan Pertama

Membuat Rumah Kos

Ide yang ketiga adalah cobalah membuat rumah kos. Karena ini merupakan salah satu usaha yang paling menjanjikan. Terlebih lagi jika kamu memiliki tanah atau rumah di sekitar kampus. Udah pasti ini sangat menguntungkan banget.

Karena pastinya ada beberapa mahasiswa yang menjadi pendatang dari luar kota, dan pastinya membutuhkan tempat tinggal sementara.

Mungkin jika kamu ingin usaha rumah kos kamu ini lebih banyak yang minat, maka ada beberapa poin yang harus kamu perhatikan. Seperti :

  1. Kos nya nyaman.
  2. Memiliki fasilitas yang cukup lengkap.
  3. Aman buat para penghuninya.
  4. Dan tentunya harga yang terjangkau.

Bisnis Usaha Fotokopi

Ide yang terakhir adalah bisnis usaha fotokopi. Nah bisnis ini merupakan salah satu bisnis yang cocok banget jika dijalankan di sekitar kampus. Namun kekurangan dari bisnis ini yaitu seperti banyaknya persaingan, dan juga ada yang memberikan harga lebih murah.

Baca juga Modal Awal Membuka Warung Bakso, Auto Untung Banyak!

Kenapa bisnis ini menjadi usaha yang cocok jika di jalankan di sektar kampus, ya pastinya banyak mahasiswa yang membutuhkan fotokopi. Nah biasanya usaha ini banyak dicari ketika mahasiswa memiliki tugas yang amat banyak.

Atau kadang meruka juga akan menyelesaikan tugas akhir, yang artinya bisnis usaha fotokopi dibutuhkan ketika mahasiswa untuk menjilid skripsinya.