Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bisnis Kuliner Rumahan Online: Cara Memulai dan Rekomendasinya

Bisnis kuliner rumahan online bisa ibu rumah tangga buka untuk mengisi waktu luang selepas mengurusi segala keperluan rumah dari pagi sampai sore.

Banyak rekomendasi usaha yang bisa dipilih. Semuanya berpotensi mendatangkan uang dalam jumlah melimpah, bahkan sampai jutaan rupiah setiap hari. Terutama ketika mereka berhasil mengelolanya sebaik mungkin.

Sayangnya, tidak sedikit yang belum tahu bagaimana cara memulainya. Ada juga beberapa di antara mereka yang takut usaha mengalami kemunduran di kemudian hari. Padahal itu mesti dihilangkan sebaik mungkin agar kesuksesan datang dengan sendirinya.

Cara Memulai Bisnis Kuliner Rumahan Online

Bisnis Kuliner Rumahan Online
Bisnis kuliner yang menjanjikan
Sebenarnya, memulai bisnis kuliner rumahan online bukan perkara sulit. Anda perlu menyiapkan mental kuat dalam menghadapi seluruh kemungkinan yang bakal dihadapi di kemudian hari.

Setelah mental siap, Anda pun wajib menyediakan modal usaha. Buat jumlahnya sendiri disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang. Yang pasti, setiap jenis usaha punya patokan yang berbeda.

Kemudian, Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut sebagai panduan untuk memulai usaha di bidang kuliner secara daring:

1. Tentukan Produk

Sebelum memulai bisnis kuliner rumahan online, Anda harus pandai dalam memilih produk. Pastikan pilih produk yang sedang digemari oleh masyarakat Indonesia. Gunanya supaya penjualan meningkat dan Anda pun menjadi kaya mendadak.

Banyak rekomendasi yang bisa Anda jadikan ide usaha di kemudian hari. Salah satunya adalah seblak, moci dan sebagainya.

Bila memungkinkan, Anda dapat menjual makanan yang tidak pernah ada sebelumnya. Kalau unik, niscaya orang lain tertarik untuk membeli. Namun memang, Anda bakal membutuhkan waktu lama untuk memperkenalkannya ke masyarakat Indonesia.

2. Pahami Keunggulan dan Kekurangan Produk Jualan

Ketika Anda sudah mendapatkan barang apa yang bakal dijual ke masyarakat, langkah selanjutnya dalam membuka bisnis kuliner rumahan online adalah Anda wajib memahami keunggulan dan kekurangan produk sendiri.

Kenapa? Karena dengan mengetahui kedua hal tersebut, Anda dapat menjelaskan ke konsumen secara mudah. Oleh karenanya, masyarakat pun bakal cepat mengenali dan penjualan pun meningkat seiring berjalannya waktu.

Lantas bagaimana cara untuk mengenali produk sendiri? Sebenarnya hal tersebut cukup mudah, yaitu Anda perlu melakukan riset. Memang ini akan memakan waktu lumayan lama. Meski lama, segala kelebihan dan kekurangan barang dagangan bisa Anda dapatkan sebaik mungkin.

3. Buat Konsep Bisnis

Ketika Anda memahami apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan produk, langkah selanjutnya adalah buat konsep bisnis kuliner rumahan online serinci mungkin.

Anda dapat meminta bantuan kepada pihak yang ahli untuk melakukan perkara tersebut. Bila menggunakan metode satu ini, Anda harus menyetorkan sejumlah uang kepada mereka sebagai tanda jasa telah membantu.

Pada sisi lain, Anda pun dipersilakan untuk meminta saran ke teman terdekat. Usahakan yang memiliki hubungan cukup dekat dengan Anda. Usahakan pula yang pernah membangun bisnis kuliner di kesempatan sebelumnya.

4. Lakukan Konsep Bisnis

Langkah terakhir adalah Anda wajib melaksanakan semua konsep bisnis yang telah dibentuk sebelumnya. Bila ada perubahan, ubah sebaik mungkin dan sesuaikan dengan kenyataan yang sedang dihadapi.

Apabila di kemudian hari Anda menemukan suatu masalah, diskusikan dengan teman terdekat yang sama-sama membangun usaha tersebut. Jangan sampai selesaikan sendiri karena membuat Anda bingung nantinya.

Baca juga: Bisnis online rumahan untuk pemula yang mudah dan menguntungkan

Rekomendasi Bisnis Kuliner Rumahan Online

Keempat langkah di atas adalah cara untuk memulai bisnis kuliner rumahan online. Buat selanjutnya, mari bahas mengenai rekomendasinya.

Memang banyak jenis usaha yang bisa Anda pakai. Berpotensi mendatangkan cuan melimpah jika Anda mengelolanya sebaik mungkin. Di antara semua yang ada, berikut adalah jenis usaha yang direkomendasikan untuk Anda:

1. Kue Ulang Tahun

Jenis usaha rumahan pertama adalah membuat kue ulang tahun seunik mungkin. Usaha ini berpeluang mendatangkan cuan melimpah. Mengingat keberadaannya cukup dibutuhkan, apalagi ketika perayaan ulang tahun tiba.

2. Jajanan Anak SD

Rekomendasi bisnis kuliner rumahan online yang kedua adalah Anda dapat membuka usaha jajanan anak Sekolah Dasar (SD). Lokasinya sendiri disesuaikan dengan potensi daerah. Apabila titik keramaian di daerah Anda sekitaran sekolah, maka bukalah di sana.

3. Katering

Selain itu, buka usaha catering di rumah sendiri. Niscaya, jenis bisnis satu ini mencetak keuntungan lumayan besar. Terutama saat di daerah sekitar Anda sedang ada yang mengadakan hajatan, semisal pernikahan dan sebagainya.

4. Ricebowl

Rice bowl sedang terkenal beberapa waktu terakhir. Berkat kemudahan dan keindahannya di mata masyarakat Indonesia. Oleh karenanya, Anda dapat membuka usaha ricebowl sendiri. Dengan mematok harga sesuai modal yang dikeluarkan.

Baca juga: Wajib diketahui! peluang usaha rumahan di desa yang menguntungkan

5. Cimin

Cimin singkatan dari Cireng Mini. Makanan ini adalah inovasi baru dari makanan khas Sunda. Tidak semua daerah yang menjual cimin. Tidak semua daerah punya citra rasa yang mirip seperti aslinya. Dengan demikian, ini merupakan potensi baik untuk Anda ketika hendak memulai bisnis kuliner rumahan online.

6. Jajanan Kering

Buat selanjutnya, jajanan kering menjadi ide usaha kuliner di zaman modern. Banyak jenis jajanan yang bisa Anda pasarkan ke masyarakat luas. Sebut saja, semisal macaroni kering, seblak kering, dan sebagainya.

7. Masakan Rumah Tangga

Bila Anda punya kemampuan lebih dalam mengelola makanan, Anda bisa membuka usaha masakan rumah tangga. Niscaya, usaha jenis ini mampu mendatangkan cuan dalam waktu singkat. Mengingat semua orang membutuhkan makanan, tapi tidak semuanya bisa mengelola dengan baik. Apalagi kalau Anda membukanya di tempat tertentu, semisalnya daerah kos-kosan.