Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Bisnis Usaha Laundry Franchise

Ide bisnis usaha laundry franchise - Laundry saat ini merupakan salah satu bisnis yang sangat mudah ditemukan. Nyaris siapapun bisa melakukan bisnis ini karena skill yang dibutuhkan hanyalah kemampuan untuk mengoperasikan mesin cuci dan mesin-mesin pelengkapnya. Memulai bisnis laundry bisa menjadi tantangan bagi sebagian orang terutama di bagian modal. 

Tapi jangan khawatir, sebab kini banyak franchise usaha laundry sudah membuka kemitraan. Bagi anda yang tertarik dengan usaha laundry franchise ini, mari ketahui apa itu usaha laundry franchise, kelebihan, serta kekurangnnya.

Mengenal Usaha Laundry Franchise

Mengenal Bisnis Usaha Laundry Franchise
Mengenal Bisnis Usaha Laundry Franchise

Apa itu Laundry Franchise?

Usaha franchise merupakan suatu peluang usaha yang menggunakan nama pihak tertentu. Usaha seperti ini tentu akan memudahkan anda sebagai pelaku usaha, sebab anda tidak perlu membuat dan membangun nama brand. Brand yang sudah diketahui oleh masyarakat juga akan memudahkan anda dalam melakukan promosi dan menarik konsumen. Dengan menjadi mitra suatu franchise, anda tidak hanya saling berbagi merek dengan sang pemilik brand, namun juga akan saling berbagi penghasilan.

Baca juga Cara Memulai Usaha Pakaian Dengan Modal Kecil

Cara Mengikuti Laundry Franchise

Sebelum anda bisa mendapatkan paket usaha laundry dari suatu franchise, ada beberapa hal yang harus anda lakukan, yaitu:

Survey

Yang pertama pastinya adalah anda harus melakukan survey. Survey ini bertujuan agar anda bisa memiliki gambaran tentang brand yang anda pilih karena pastinya anda ingin bermitra dengan brand yang memiliki kualitas dan kredibilitas yang baik. Survey ini bisa anda lakukan baik dengan mencari langsung melalui mesin pencari internet tentang brand yang menarik perhatian anda, atau bisa anda lakukan dengan mengikuti komunitas yang banyak beredar di media sosial.

Baca juga Cara Memulai Bisnis Impor Sepatu

Persiapkan Syarat

Jika sudah mantap dengan pilihan anda, selanjutnya pastikan syarat dari brand pilihan anda bisa anda penuhi dan tidak menjadi beban bagi anda. Misalnya dari budget modal dan persyaratan perusahaan lainnya. Jika persyaratan tersebut bisa anda sanggupi, kini anda tinggal menjalankan usaha sesuai dengan perjanjian teknis yang telah disepakati dengan brand.

Kelebihan dan Kekurangan Paket Usaha Laundry

Kelebihan Usaha Laundry Franchise

Menjadi seorang mitra dari suatu perusahaan laundry mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya:

  • Modal yang dibutuhkan lebih rendah daripada memulai usaha sendiri. Anda tidak perlu repot menyiapkan mesin dan kelengkapan lainnya, sebab perusahaan akan memberikannya segera setelah anda menjadi mitra mereka. Beberapa perusahaan juga menyediakan lapak bagi mitranya yang tidak memiliki lokasi usaha yang memadai.
  • Usaha lebih cepat dan mudah dikenal banyak orang. Karena perusahaan sudah memiliki nama yang mampu bersaing dengan brand lainnya, masyarakat akan lebih cepat mengetahui usaha anda. Hal ini juga akan memudahkan anda dalam melakukan kegiatan promosi, sebab masyarakat cenderung memilih brand yang sudah banyak dikenal.
  • Produk memiliki kualitas yang bagus. Tentunya untuk menjaga kredibilitas brand, kualitas yang diberikan juga harus bagus dan memuaskan bagi konsumen.
  • Ada program pelatihan sebelum mulai berusaha jika anda benar-benar seorang yang awam tentang lingkup kerja laundry.

Kekurangan Usaha Laundry Franchise

Tentunya berbagai kelebihan yang ada diikuti dengan kekurangan juga. Kekurangan yang ada pada usaha laundry franchise adalah sebagai berikut:

  • Ruang untuk berkembang dan melakukan inovasi terbatas. Sebab perusahaan biasanya sudah menetapkan apa saja produk dan jasa yang ditawarkan.
  • Seluruh cabang dituntut untuk dapat memberikan layanan yang sama tanpa terkecuali. Ini akan menyulitkan para mitra sebab tidak semua lokasi usaha mempunyai lingkungan bisnis yang sama.

Sekian pembahasan tentang Usaha Laundry Franchise. Usaha laundry yang memiliki konsep paket ini memang lebih cocok bagi anda yang ingin menjalankan usaha laundry namun tak ingin keluar modal berlebih untuk memulainya.