Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Modal Awal Bisnis Rental Mobil Hanya dengan 5 Juta Bisa Untung Besar!

Sebagian besar seorang pengusaha pemula pasti beranggapan bahwa untuk membuka bisnis rental mobil membutuhkan modal yang besar. Padahal dengan dana 5 juta saja Anda bisa menjadikan sebagai modal awal bisnis rental mobil yang nantinya bisa memberikan banyak keuntungan.

Dimana pada saat ini banyak orang pasti membutuhkan mobil untuk berbagai kepentingan berkendara mereka. Nah oleh karena itu sebelum Anda memulai usaha rental mobil, yuk simak penjelasan beberapa tipsnya agar bisnis bisa berjalan dengan lancar meski dengan modal sedikit!

Beberapa Tips Menggunakan Uang 5 Juta Sebagai Modal Bisnis Rental Mobil untuk Pemula

Modal untuk usaha sewa mobil.
Ⓒ Grassindonesia.co.id
Yuk simak beberapa tips yang wajib diperhatikan sebelum membuka usaha bisnis rental mobil Jakata yang bisa dimulai dengan modal 5 juta saya berikut ini!

1. Menyiapkan Bisnis Rental Modal 5 Juta Rupiah untuk Memulai

Pada langkah pertama tentunya Anda harus menyiapkan dana sebesar 5 Juta Rupiah sebagai modal awal untuk down payment saat mengajukan kredit mobil. Untuk mendapatkan uang 5 juta tersebut Anda bisa menggunakan uang tabungan kerja atau meminjam ke sanak saudara yang bisa dipercaya.

Kemudian alangkah baiknya jika Anda harus memiliki uang dp sendiri dari hasil jerih payah yang telah terkumpul dalam tabungan. Karena dengan begitu Anda bisa lebih mengurangi banyaknya hutang akibat kredit, sebelum bisnis rental mobil dimulai sampai berjalan dengan lancar.

Baca juga: Cara agar barang yang dirental tidak cepat rusak

2. Ajukan Persyaratan Kredit untuk Kepemilikan Mobil

Setelah dana sebesar 5 juta telah dikumpulkan maka gunakan uang tersebut sebagai dp awal untuk melakukan kredit mobil. Kemudian alangkah baiknya jika Anda memilih mobil dengan cicilan yang bisa Anda bayar dengan jarak waktu yang telah ditentukan, seperti dengan jangka waktu 5 tahun.

Selain itu Anda juga harus bisa menentukan pilihan harga mobil yang murah dan sesuaikan dengan target market bisnis rental mobil yang ada dipasaran. Karena seperti yang Anda ketahui bahwa kebanyakan orang akan memilih mobil dengan kapasitas muatan yang luas dan besar.

Lebih tepatnya untuk opsi terbaik Anda bisa memilih mobil dengan kapasitas muat 6 hingga 7 orang, dimana menjadi kapasitas normal untuk mobil rental pada umumnya. Lalu untuk memudahkan target pasar maka Anda bisa membuat survey bentuk form yang bisa diisi oleh koresponden Anda.

Tidak hanya itu Anda tidak boleh sembarangan dalam melakukan pemilihan mobil, apalagi jika mobil tersebut digunakan untuk bisnis rental. Oleh karena untuk menghindari kerusakan kedepannya yang bisa merugikan Anda, maka sebaiknya pilihlah satu unit mobil yang masih baru.

Apalagi saat ini sudah banyak tersedia mobil dengan harga di bawah 100 juta yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk dibeli secara kredit. Namun Anda harus memastikan jika harga tersebut sudah sesuai dengan kemampuan Anda untuk membayar cicilannya.

Seperti halnya pada satu unit mobil Daihatsu Ayla yang memiliki OTR 95 juta, dimana Anda bisa mendapatkan dp hanya 5 juta saja yang bisa dicicil pada harga 3 juta tiap bulannya.

3. Menyiapkan dan Mengatur Strategi Pemasaran Bisnis Rental Mobil

Setelah Anda sudah mendapatkan satu unit mobil baru yang menggunakan dana 5 juta sebagai modal awal bisnis rental mobil, maka langkah selanjutnya Ada harus mengatur strategi bisnis tersebut.

Lakukan persiapan dan perencanaan yang matang untuk mengatur strategi bisnis rental mobil Anda karena ingatlah cicilan sedang menunggu Anda. Langkah tepat yang bisa dilakukan adalah dengan beriklan di beberapa situs gratis yang bisa menghasilkan konversi untuk Anda sebagai pemilik bisnis.

Sebagai contohnya, Anda bisa mengunduh dan beriklan pada platform OLX dan di beberapa website otomotif terpercaya yang masih memiliki banyak pengguna. Atau jika memungkinkan Anda juga bisa membuat website pribadi yang secara khusus untuk mengiklankan jasa rental mobil milik Anda.

4. Menyiapkan Jaminan dan Kebutuhan Bisnis Rental Mobil

Beberapa resiko pasti ada saat sudah memiliki bisnis rental mobil, untuk itu Anda harus selalu siap mencegah dan menanggulangi resiko yang terjadi di kemudian hari. Karena nantinya pada bisnis rental mobil banyak orang yang akan menggunakan jasa rental mobil yang telah ditawarkan.

Salah satu resiko yang mungkin bisa terjadi adalah mobil Anda dibawa kabur oleh klien atau pengguna jasa rental Anda. Namun Anda bisa mencegah adanya resiko tersebut dengan memilih klien yang bisa dipercaya atau bisa juga menggunakan sistem jaminan.

Baca juga: Daftar bisnis rental yang paling potensial dengan modal kecil  

Tidak hanya itu saja resiko yang juga bisa terjadi adalah mobil kena maling, nah untuk menyiasatinya maka gunakan dan pasang gps pada mobil yang Anda sewakan. Hanya dengan mengeluarkan budget 2 juta saja untuk memasang gps, maka selanjutnya Anda tidak perlu khawatir lagi.

Karena dengan pemasangan gps pada kendaraan yang telah disewakan tentunya Anda sebagai pemilik bisnis tidak perlu was – was pasalnya sudah memiliki jaminan bahwa mobil yang disewa klien akan baik – baik saja dengan posisi yang bisa diketahui.

Bahkan dengan adanya spesifikasi gps tertentu pada mobil mesin secara otomatis akan mati saat mobil tersebut dicuri bahkan Anda juga bisa mengetahui percakapan yang terjadi didalamnya. Antisipasi lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mendaftarkan mobil pada asuransi TLO.

5. Menyiapkan Dana Darurat Bagi Bisnis Rental

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan saat sudah memiliki bisnis rental kendaraan pribadi adalah menyiapkan dana darurat. Karena dengan adanya darurat Anda tidak perlu khawatir lagi jika di kemudian hari terjadi adanya kerusakan berskala kecil maupun besar pada mobil.

Adanya kerusakan yang terjadi pada mobil sebagai kendaraan yang disewakan untuk orang banyak tentunya menjadi hal yang wajar. Mungkin saja kerusakan pada mobil yang Anda sewakan tersebut pada beberapa klien juga terjadi secara sengaja maupun tidak sengaja.

Oleh karena itu dalam hal ini dana darurat akan berperan penting sebagai solusi masalah tersebut. Dimana Anda bisa membuat dana darurat dengan mengumpulkannya dari tabungan lain yang telah dipisahkan dari pembayaran cicilan kredit mobil Anda.

Tidak hanya kerusakan saja, uang darurat tersebut juga bisa digunakan untuk memperbarui atau mengganti komponen pada mobil Anda. Seperti halnya pada oli, aki mobil dan komponen lainnya yang perlu diganti dengan yang baru karena sudah usang.

6. Perhitungan Modal Bisnis Rental Mobil

Meski modal awal bisnis rental mobil pemula yang terbilang cukup terjangkau, dan tentunya seiring dengan berjalannya waktu pasti bisnis Anda akan lebih dikenal oleh banyak orang, sehingga pendapatan pun bisa meningkat melebihi jumlah kredit dan cicilan Anda perbulannya.

Nah disini Anda bisa menggunakan contoh dimana bisa mematok tarif rental mobil tiap hari senilai Rp.250.000 dan jika rental tersebut laku sebanyak 20 hari maka Anda akan mendapatkan keuntungan kotor sebanyak 5 juta Rupiah.

Lalu dari pendapatan tersebut Anda bisa menggunakan 2 juta sebagai cicilan dan 500 ribu disisihkan untuk dana darurat serta uang sisanya dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari – hari, atau bahkan ditabung untuk membeli unit baru lagi.

Itulah seputar informasi tentang penggunaan dana 5 juta sebagai modal awal bisnis rental mobil yang bisa dicoba untuk pebisnis pemula, semoga bermanfaat.