Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Usaha yang Menjanjikan dengan Modal Kecil yang Cocok Dijalankan Siapa Saja

Usaha yang menjanjikan dengan modal kecil bisa Anda coba untuk menambah penghasilan. Beberapa bisnis bahkan dimulai tanpa perlu modal sepeser pun lho! Jika Anda sedang memikirkan ide bisnis yang bisa dilakukan dengan modal terbatas, Anda tepat membaca artikel berikut.

Pandemi covid-19 memaksa setiap orang untuk berusaha lebih dalam memenuhi kebutuhannya. Apalagi bagi mereka yang diberhentikan secara paksa oleh perusahaan tempatnya bekerja. Mereka mesti putar otak untuk terus bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Pelajar dan mahasiswa yang berniat untuk menambah penghasilan juga bisa menjalankan usaha yang menjanjikan dengan modal kecil yang akan diulas. Sebelum itu, pastikan tugas dan PR yang menjadi tanggungan Anda bisa tetap dihandle ya!

Baca juga: Strategi membangun bisnis jangka panjang

Rekomendasi Usaha yang Menjanjikan dengan Modal Kecil

Usaha yang Menjanjikan dengan Modal Kecil
Peluang usaha menjanjikan
dengan modal kecil
1. Depot Jamu

Seiring dengan penyebaran virus corona, orang-orang menjadi lebih peduli dengan kesehatan tubuh. Bukan hanya soal makanan dan istirahat yang cukup, minuman kesehatan seperti jamu juga bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Tubuh yang sehat diharapkan bisa menangkal keberadaan segala macam virus yang menyerang. Tak terkecuali virus corona yang masih menjadi pandemi sampai saat ini.

Untuk membuka depot jamu, Anda bisa manfaatkan halaman atau teras depan rumah. Siapkan peralatan jualan seperti meja, kursi, alat racik jamu, gelas, telur, dan lain sebagainya. Untuk awalan, Anda bisa memulainya dengan cara sederhana.

Saat usahamu sudah berkembang, Anda bisa menambah modal untuk membeli peralatan yang lebih proper dan menyediakan varian jamu yang lebih beragam.

Baca juga: Ide bisnis makanan online rumahan cepat laku, mudah dan untung besar

2. Jasa Penitipan Anak

Bagi Anda ibu rumah tangga yang menyukai anak-anak bisa membuka usaha jasa penitipan anak. Anda bisa memanfaatkan rumah sebagai tempat usaha. Sebelum itu, pastikan lingkungan rumahmu nyaman dan aman untuk bermain anak-anak. Anda juga harus menyiapkan area bermain dan mainan anak-anak agar mereka tidak bosan.

Jasa ini akan banyak mendatangkan pelanggan. Anda bisa tawarkan kepada ibu-ibu yang memiliki balita dan setiap hari harus pergi bekerja. Di awal, Anda bisa memberitahukan tetangga sekitar rumah. Diharapkan seiring berjalannya waktu usahamu akan banyak dikenal orang.

Untuk masalah harga, Anda bisa mematok harga mulai dari 500 ribu rupiah per bulan. Keuntungan yang didapatkan lumayan besar. Akan tetapi, Anda mungkin akan kesulitan jika bekerja sendiri. Apalagi saat usahamu ramai. Untuk itu, coba pekerjakan orang lain untuk membantu.

3. Jasa Sewa Pakaian

Jasa sewa pakaian adat daerah menjadi salah satu usaha yang menjanjikan dengan modal kecil selanjutnya.

Anda pasti pernah melihat anak-anak TK dan SD karnaval dengan menggunakan baju adat dan seragam berbagai profesi. Biasanya, ini terjadi saat perayaan hari Kartini.

Baju adat yang mereka kenakan biasanya didapat dengan cara menyewa. Untuk itu, peluang sewa baju adat masih sangat terbuka lebar. Modal awal yang harus disiapkan bergantung pada banyaknya baju yang akan disewakan.

Untuk menghemat bujet, jangan membeli pakaian terlalu banyak. Maksimal 10 stel saja cukup. Jika modal Anda sudah lebih banyak, silakan perbanyak baju adat dan seragam profesinya. Biasanya, baju yang disediakan mulai dari kebaya, seragam polisi, tentara, pilot, hingga baju ala ibu peri.

Anda juga bisa bekerja sama dengan penjahit untuk membuat baju adat sesuai keinginan. Tidak menutup kemungkinan jika harga yang dipatok lebih murah daripada membeli jadi.

4. Jualan Aplikasi

Pernahkah Anda mendengar ide usaha yang menjanjikan dengan modal kecil satu ini? Penjual aplikasi saat ini menjamur di berbagai media sosial. Mereka menawarkan untuk berlangganan aplikasi premium seperti Spotify, Netflix, Canva, HBO, YouTube, Disney Hotstar, dan lain sebagainya.

Bisnis ini sangat cocok dijalankan bagi pelajar dan mahasiswa terlebih yang aktif di sosial media seperti Twitter.

Paket yang tersedia biasanya terbagi menjadi Family Plan dan Individual Plan. Harga yang ditawarkan juga bergantung pada penjual, paket yang dipilih, dan aplikasi yang akan dibeli.

Baca juga: Peluang usaha rumahan paling menjanjikan saat ini

5. Rental PS

PS atau PlayStation adalah game yang sering dimainkan untuk mengusir rasa bosan. Orang menggunakan PS juga untuk mendekatkan diri dengan anggota keluarga yang lain dengan cara bermain game bersama.

Untuk membeli PS memang mahal. Untuk itu, tak jarang orang lebih memilih untuk menyewanya beberapa hari.

Anda bisa membuka usaha ini di rumah dan anak-anak yang ingin bermain PS bisa datang ke rumahmu. Atau bisa jadi menyewakan PS untuk dibawa ke rumah si penyewa.

Untuk membuka bisnis satu ini memang cukup memakan biaya. Setidaknya, Anda perlu menyiapkan TV dan PlayStation versi berapa pun. Usahakan cari PS dengan versi terbaru agar orang lebih tertarik untuk menyewa.

6. Jasa Cuci Kendaraan

Rekomendasi usaha yang menjanjikan dengan modal kecil berikutnya adalah jasa cuci kendaraan. Untuk membuka bisnis cuci mobil memerlukan modal yang lebih besar daripada motor karena tempatnya yang khusus. Jika Anda terbatas di modal, mulailah buka jasa cuci motor di halaman depan rumah.

Baca juga: Ide usaha rumahan yang banjir untung

7. Sewa Peralatan Bayi

Usaha yang menjanjikan dengan modal kecil yang terakhir adalah sewa peralatan bayi. Siapa sangka jika ide bisnis satu ini memiliki peluang yang menjanjikan untuk meraup keuntungan besar.

Bukan tanpa alasan Anda memilih usaha satu ini. Sering kali, orang tua yang memiliki bayi akan menyiapkan segala kebutuhannya. Akan tetapi, masa pakai perlengkapan bayi rata-rata hanya sebentar.

Daripada membeli, lebih baik mereka menyewa saja. Akan lebih berhemat dan tidak akan memenuhi rumah saat barang sudah tidak dipakai.