Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Bisnis Usaha Online Modal 1 Juta

Usaha online modal 1 juta - Menjalankan usaha bisa menjadi suatu hal yang mudah maupun susah tergantung cara anda memulainya. Memiliki relasi dan channel yang luas menjadi modal awal bagi anda untuk memulai usaha. Namun jika anda memiliki relasi dan channel yang terbatas, anda masih memiliki peluang untuk memulai usaha dengan melakukan usaha melalui internet atau online.

Usaha melalui internet sekarang menjadi hal yang lumrah untuk dijumpai. Keuntungan memulai usaha di internet antara lain yaitu modal yang kecil. Umunya anda hanya membutuhkan koneksi internet, komputer atau smartphone, dan juga kemauan untuk memulai usaha. 

Selain itu, target pasar yang bisa anda capai juga lebih luas dibanding menjalankan usaha konvensional secara offline. Anda juga tak butuh relasi atau channel yang banyak untuk mempromosikan usaha anda, sebab anda tinggal menayangkan iklan usaha anda di media sosial yang dibubuhi dengan berbagai hashtags agar angka engagement semakin tinggi. 

Bagi anda yang tertarik dengan usaha online modal 1 juta, beberapa yang kami tulis kali ini bisa anda pertimbangkan.

Ide Bisnis Usaha Online Modal 1 Juta

Ide Bisnis Usaha Online Modal 1 Juta
Ide Bisnis Usaha Online Modal 1 Juta

Dropshipper atau Reseller

Rekomendasi pertama untuk usaha online modal 1 juta adalah menjadi dropshipper atau reseller. Keduanya memiliki prinsip yang sama yaitu menjual barang milik orang lain dengan kita sebagai perantaranya. Keuntungan menjadi dropshipper atau reseller adalah sebagai berikut:

  • Tak perlu memikirkan konsep bisnis.
  • Tak perlu repot mencari produk
  • Ada selisih harga beli dan jual

Sangat disarankan untuk mencari produk yang berkualitas sebelum menjadi dropshipper atau reseller. Selain itu, memiliki banyak akun sosmed juga menguntungkan sebab bisa membuat konsumen lebih mudah untuk menemukan produk.

Baca juga Ide Bisnis Usaha Modal 1 Juta di Kampung

Penulis Lepas

Ide bisnis usaha online modal 1 juta yang kedua adalah menjadi seorang penulis lepas. Gelar penulis kini tak hanya dimiliki oleh orang yang telah mengeluarkan karyanya dalam bentuk buku. Anda juga bisa menjadi penulis dan mendapatkan uang dari kegiatan anda tersebut. Ya, menjadi seorang penulis lepas atau freelance bisa menjadi pilihan usaha untuk anda lakukan secara online. 

Banyak pemilik website yang membutuhkan penulis artikel agar situsnya bisa mudah ditemukan melalui mesin pencarian. Hanya dengan berbekal komputer atau smartphone, kamu sudah bisa mulai menulis. Resiko dari menjadi seorang penulis lepas adalah bayarannya yang tak menentu. 

Kemudian, jika anda seorang pemula maka wajar saja jika anda dibayar dengan nominal rendah. Namun, jika anda memang memiliki jiwa penulis dan tidak terlalu mempermasalahkan bayaran, maka menjadi penulis freelance cocok untuk dilakukan.

Baca juga Tips Bisnis Cara Menjadi Admin Sosial Media

Penerjemah

Punya skill berbahasa asing yang memadai? Anda bisa menggunakan kemampuan anda tersebut untuk mendapat uang secara online, lho. Beberapa perusahaan bekerja sama dengan berbagai perusahaan asing sehingga mempunyai dokumen yang perlu diterjemahkan. Kurangnya tenaga translator yang bekerja full-time bisa anda jadikan peluang usaha. 

Cukup bermodalkan kemampuan berbahasa asing, anda sudah bisa menjalankan usaha translator. Anda bisa mulai mencari proyek-proyek terjemah kecil atau menawarkan jasa anda ke orang sekitar. Jika portofolio anda semakin banyak dan berkualitas, anda bisa mengiklankan jasa anda ke internet guna melebarkan sayap usaha anda.

Jasa Desain Grafis

Jasa membuat desain grafis kini semakin banyak dicari. Meski membuat suatu desain bukanlah hal yang mudah dilakukan, namun itu sepadan dengan bayaran yang bisa anda dapatkan. Usaha desain grafis juga cocok untuk dilakukan bagi anda yang masih bersekolah, sehingga selain mendapat uang anda juga mendapat pengalaman bekerja yang bisa anda jadikan portofolio nantinya.

Baca juga Tips Bisnis Menjalankan Usaha Affiliate Marketing

Admin Sosial Media

Bagi anda yang senang bermain sosial media, hobi anda bisa disalurkan menjadi suatu usaha. Sebelum anda terjun menjadi admin sosmed, ketahuilah beberapa tugas admin sosial media, yaitu:

  1. Membuat konten menarik
  2. Meningkatkan jumlah engagement ke akun yang diurus
  3. Berinteraksi dengan Followers

Walau anda memiliki tugas utama mengawasi angka insight yang diperoleh akun, beberapa perusahaan mengharuskan para adminnya untuk memiliki skill fotografi atau videografi guna menunjang produksi konten. Tapi jika anda memang memiliki passion dengan dunia sosmed, tak ada salahnya mencoba bekerja menjadi seorang admin sosial media.

Jasa Membuat Website

Ide bisnis usaha online modal 1 juta yang terakhir adalah membuka jasa membuat website. Berkembangnya internet membuat banyak website bermunculan. Permintaan akan website dengan tampilan menarik yang terus meningkat bisa anda jadikan sebagai peluang usaha. Namun memang, walau modal yang anda perlukan tidak banyak, anda harus mempunyai skill yang mumpuni agar bisa membuat website yang bagus. 

Tapi tenang, bayaran yang anda terima jika website buatan anda sudah selesai dan digunakan bisa membayar usaha dan skill yang telah anda keluarkan.

Sekian beberapa usaha yang bisa anda lakukan secara online. Selain modal yang dibutuhkan untuk memulainya minim, pekerjaannya pun juga fleksibel sehingga tidak memberatkan anda sebagai pelaku usaha.