Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Intip Rancangan Modal Membuat Bengkel Sederhana!

Peminat usaha bengkel semakin besar. Hal ini dipicu oleh semakin meningkatnya industri kendaraan, baik motor dan mobil, yang ada di Indonesia. Jika anda berminat untuk membuka usaha bengkel, ada baiknya untuk mengintip rancangan dan modal membuat bengkel sederhana.

Keunggulan Usaha Bengkel Sederhana

1. Industri Motor dan Mobil yang Berkembang

Peningkatan jumlah kendaraan bermotor secara signifikan berimbas terhadap permintaan jasa layanan perawatan dan perbaikan kendaraan. Mulai dari stasiun pengisian bahan bakar, bengkel, hingga salon.

Peluang ini sangat cocok dimanfaatkan untuk membuka usaha bengkel sederhana. Pasar dari usaha ini sangat besar dan masih terbuka lebar. Anda bisa melihat data berapa banyak perkembangan jumlah kendaraan bermotor yang ada setiap tahunnya.

2. Kebutuhan Pasar Bengkel di Berbagai Lokasi

Kebutuhan bengkel yang berkualitas masih sangat dibutuhkan. Terlebih pada lokasi yang masih jauh dari pusat ekonomi. Potensi ini dapat menjadi pertimbangan anda sebelum mengulik rincian modal usaha membuat bengkel sederhana.

Baca juga: Persiapan membuat bengkel sederhana agar sukses

3. Jenis Usaha dan Jasa Yang Ditawarkan

Jenis jasa dari usaha bengkel pun beragam. Mulai dari tambal dan isi angin, service kendaraan, hingga salon kendaraan. Jasa ini bisa anda sesuaikan dengan modal mendirikan bengkel sederhana yang anda miliki.

Rancangan Kebutuhan dan Modal Membuat Bengkel Sederhana

Intip Rancangan Modal Membuat Bengkel Sederhana!
Strategi membuka bengkel sederhana.
Ⓒ Unsplash.com
Dalam menghitung modal usaha, ada beberapa faktor yang perlu anda pertimbangkan. Mulai dari jenis usaha, lokasi usaha, SDM, hingga peralatan penunjang. Berikut informasi modal dan risiko membuat bengkel sederhana.

1. Lokasi Strategis

Lokasi menjadi faktor utama yang perlu dipertimbangkan. Hal ini akan mempengaruhi aksesibilitas para calon customer untuk datang ke bengkel anda. Jangan lupa untuk mempertimbangkan arus lalu lintas hingga tingkat visibilitas.

Dalam memulai usaha, biaya lokasi dapat menyumbang proporsi besar dalam biaya operasional. Namun, di sisi lain biaya ini dapat ditekan jika anda membuka usaha bengkel di atas lahan pribadi.

Mekanisme mendapatkan lokasi strategis bisa dilakukan dengan cara survey. Proses izin dan kepemilikannya dapat diperoleh melalui jual-beli atau pun sewa. Biasanya periode sewa suatu usaha berdurasi sekurang-kurangnya 6 bulan.

2. Teknisi

Teknisi menjadi faktor SDM yang harus anda perhatikan dengan baik. Apakah anda akan merekrut pekerja baru tanpa pengalaman dengan biaya yang murah? Atau menggunakan jasa mekanik berpengalaman yang dapat memberikan service maksimal?

Anda juga perlu mengestimasi fasilitas penunjang untuk mekanik anda. Seperti halnya kapan sang mekanik mendapatkan hari libur. Jangan lupa juga untuk mereview hasil kerja mekanik terhadap kepuasan pelanggan di bengkel anda.

Baca juga: Tips membuka bengkel sendiri di rumah

3. Peralatan Teknis

Sebuah bengkel tidak akan bisa berjalan tanpa peralatan teknis. Yuk, intip perlengkapan apa saja yang dibutuhkan untuk modal membuat bengkel.

- Kompresor Angin

Kompresor angin menjadi alat yang sangat dibutuhkan ketika anda membuka bengkel. Kompresor angin bisa menjadi ciri khas dan penanda kepada para pengendara bahwa ada sebuah bengkel di lokasi tersebut.

Kompresor angin memiliki fungsi untuk mengisi tekanan udara di dalam ban. Tidak hanya itu saja, kompresor ini juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan sela-sela kendaraan yang sulit dijangkau.

paket usaha membuat bengkel sederhana ini nilainya relatif mahal. Harga untuk 1 buah kompresor angin dijual mulai harga 1,2 juta – 7 juta rupiah. Harga ini tentu bergantung pada ukuran, kapasitas, dan kemampuan kompresor.

- Multimeter

Multimeter merupakan alat yang digunakan untuk mengukur arus listrik, tegangan listrik, dan hambatan listrik. Alat ini dapat anda gunakan apabila terdapat pelanggan yang hendak mengganti accu atau apapun yang berkaitan dengan kelistrikan pada kendaraan. Harga sebuah multimeter dijual mulai dari 75 ribu rupiah.

- Peralatan Kunci

Kunci merupakan alat yang tidak dapat terlepas dari mekanik bengkel. Jenis dan fungsinya pun sangat beragam. Salah satu pemanfaatan kunci digunakan untuk melepas baut ban dari kendaraan bermotor.

Berikut beberapa jenis kunci yang wajib ada di bengkel anda:

- Kunci T

- Kunci L

- Kunci Y

- Kunci Ring

- Kunci Pas

- Kunci Pas Ring

- Kunci Bintang

- Kunci Stok

- Kunci Inggris

- Kunci Busi

- Obeng

Peralatan obeng digunakan untuk mengencangkan dan melonggarkan sekrup atau baut. Pengaplikasiannya di dunia otomotif biasa digunakan untuk membuka baut-baut pengunci body ketika hendak mengecek bagian dalam.

Obeng sangat penting sebagai modal membuat bengkel sederhana. Alat bantu ini pun penggunaannya tidak terbatas pada keperluan bengkel saja. Obeng sendiri memiliki beberapa jenis kepala. Harga satu set obeng dijual mulai dari 120 ribu rupiah.

Baca juga: Cara memilih supplier spare part otomotif yang baik

- Palu

Palu dapat menjadi alat bantu untuk melepaskan ban luar dari velg ban. Palu juga dapat digunakan untuk merapikan velg ban yang tidak sesuai. Sebuah palu dijual seharga 40 ribu rupiah.

- Ragum

Ragum adalah suatu alat penjepit yang digunakan untuk menjepit benda kerja yang akan dipotong, dikikir, dipahat, dan lainnya. Di bengkel kendaraan sendiri fungsi ragum banyak dimanfaatkan untuk membantu mekanik ketika hendak meluruskan bagian yang bengkok

Ragum tersedia dalam beberapa ukuran. Perbedaannya terletak pada luas diameter benda yang dapat diapit. Satu buah ragum dijual mulai harga 35 ribu – 250 ribu rupiah.

- Treker Magnet

Treker magnet dikenal juga dengan nama magnet puller. Treker magnet digunakan untuk melepas atau membongkar komponen magnet pada kendaraan bermotor tanpa merusaknya.

Pada dasarnya trecker magnet terbagi menjadi 2, yaitu ulir dalam dan ulir luar. Treker magnet digunakan menyesuaikan pada jenis ulir pada tiap motor. Harga untuk satu unit treker magnet seharga 60 ribu rupiah.

- Bor

Bor dapat dimanfaatkan untuk membuang lubang pengapian tambahan pada kendaraan yang mengalami turun mesin. Pada beberapa jenis bor, bor dapat dimanfaatkan untuk membuka atau mengencangkan sekrup.

Cara kerja bor ini membutuhkan arus listrik. Namun beberapa diantaranya dapat menggunakan batu baterai. Harga untuk satu set bor dengan mata ganda dijual mulai dari 220 ribu rupiah.

- Tang

Tang digunakan sebagai alat bantu mekanik untuk mencabut, memilin, atau memutar benda kecil yang sulit dilakukan oleh tangan. Salah satu pengaplikasiannya adalah untuk mencabut benda tajam yang menusuk dan menempel di ban luar.

Tidak terbatas sampai situ saja, tang juga bermanfaat untuk pengaplikasian jaringan kabel. Perlu diketahui bahwa tang memiliki banyak jenis. Sama seperti alat kunci yang disebutkan sebelumnya. Berikut beberapa macam tang yang perlu anda persiapkan sebagai modal menjadi montir di rumah

- Tang Kombinasi

- Tang Potong

- Tang Lancip

- Tang Kakaktus

- Tang Buaya

- Tang Rivet

Itulah modal membuat bengkel sederhana yang perlu anda persiapkan. Jika dihitung dalam rupiah, modal yang dibutuhkan bisa mulai dari 25 juta rupiah. Apakah anda berminat?