Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas dan Mengenal Pengertian juga Manfaat Backlink

Sebagaimana diketahui, Search Engine Optimazion adalah salah satu cara untuk mengoptimasi website. Dari sekian banyak pendekatan SEO yang perlu dilakukan, backlink adalah salah satunya. Namun adakah yang tahu bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas?

Dan apakah semua pengguna website mengetahui pengertian dan segala hal yang berkaitan dengan backlink ini? Jika Anda adalah salah satu pengguna yang memang belum memahami hal tersebut, maka Anda bisa menyimak artikel ini hingga akhir.

Apa Itu Backlink dan Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk Website?

cara membangun backlink berkualitas
Membuat backlink berkualitas. Photo: boc.web
Pengertian dari backlink adalah sebuah tautan pada sebuah website, yang mengarah ke website/situs lain. Dalam arti, jika Anda menautkan sebuah keyword/kalimat pada website, yang mengarah ke website/situs yang lainnya, yang relevan dengan isi konten yang Anda buat. Maka sebenarnya Anda telah melakukan backlink.

Dengan adanya backlink ini, akan membantu pengunjung dalam memberikan informasi tambahan, yang sebelumnya tengah Anda bahas dalam website Anda tersebut. Disisi lain, backlink juga berpeluang untuk membuat sebuah website menjadi lebih dikenal.

Dengan kata lain, jika Anda melakukan backlink pada website lain, maka secara otomatis, pengunjung dari website Anda, akan mengunjungi website yang Anda tautkan dengan backlink tersebut. Begitupun sebaliknya.

Baca juga: Content placement murah dan berkualitas

Macam-Macam Backlink

Setelah mengetahui pengertian dari backlink, maka Anda juga perlu mengetahui mengenai macam-macam dari backlink ini. Tentunya, agar Anda bisa mencari tahu mengenai cara mendapatkan backlink berkualitas nantinya.

Adapun macam-macam dari backlink ini diantaranya:

1.Guest Post Backlink

Dinamakan Guest Post Backlink, yaitu bilamana Anda menulis sebuah guest post (kiriman/postingan pengunjung) yang dilakukan untuk situs/website yang lain. Backlink jenis ini dilakukan tentunya untuk mengenalkan website, sekaligus membangun kredibilitas dari website yang Anda miliki tersebut.

2. Editorial Backlink

Berbeda dengan Guest Post Backlink, Editorial Backlink merupakan sebuah backlink yang ditautkan dari website lain, yang ditujukan ke website Anda. Baik itu sebuah backlink yang berupa pemberian informasi, sitasi, maupun referensi.

3. Comment Backlink

Comment Backlink terjadi bilamana Anda melakukan backlink pada komentar yang ada pada website/situs lain. Dimana dengan melakukan Comment Backlink ini, akan membuat sebuah link/situs/website bisa mendatangkan trafik dalam jumlah banyak. Asalkan Anda tidak melakukan Comment Backlink ini secara berlebihan.

4. DoFollow Backlink

Jenis/macam backlink lainnya yang harus Anda ketahui yaitu jenis DoFollow backlink. Dimana jenis/macam backlink yang satu ini akan memberikan perintah/saran kepada mesin pencari, untuk selalu memperhatikan backlink, agar masuk ke score (nilai) pada SEO.

5. UnFollow Backlink

Selain DoFollow Backlink, macam-macam dari backlink ini juga ada yang dikenal dengan UnFollow Backlink. Merupakan kebalikan dari DoFollow Backlink. Dimana untuk jenis UnFollow Backlink ini, akan memberikan perintah pada mesin pencari untuk selalu mengabaikan backlink, dan tidak menghitungnya sebagai nilai (score) SEO.

Mengapa Backlink Itu Penting?

Sebelum Anda benar-benar mencari cara untuk mendapatkan backlink yang berkualitas. Tentunya Anda juga sudah mengetahui bahwa jenis backlink berkualitas memiliki peran yang cukup penting. Namun adakah yang tahu, seberapa pentingnya backlink ini? Terutama bagi website itu sendiri?

Tentunya website menjadi sangat penting bagi perkembangan website itu sendiri. Dimana saat Anda melakukan backlink, sebenarnya secara tidak langsung Anda telah mengenalkan website Anda pada pengunjung, dari website yang Anda tautkan dalam website Anda tersebut.

Alasan lainnya, tentu saja, dengan melakukan backlink, Anda juga akan lebih memudahkan pengunjung dari website Anda, untuk mendapatkan informasi tambahan dan menyeluruh dari website yang Anda tautkan pada backlink. Asalkan informasi tersebut masih relevan dengan isi konten yang Anda buat pada website Anda tersebut.

Sementara alasan lainnya mengapa backlink itu penting, tentunya karena backlink ini adalah bagian dari strategi SEO. Dimana seperti yang diketahui, SEO merupakan salah satu cara untuk mengoptimasi sebuah website. Dimana dengan melakukan SEO ini, sebuah website akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari. Bahkan mungkin bisa berada di posisi pertama pada mesin pencari (landing page).

Kriteria Backlink Berkualitas

Meskipun tidak ada syarat khusus untuk melakukan backlink. Namun sebenarnya, ada beberapa ciri-ciri backlink berkualitas yang bisa membuat website Anda menjadi lebih dikenal. Bahkan mungkin bisa menempati posisi pertama pada mesin pencari.

Beberapa kriteria backlink berkualitas diantaranya adalah:
  • Links With Traffic. Artinya, link yang Anda pilih untuk melakukan backlink, haruslah link yang diklik pengguna. Untuk mendapatkan backlink dengan kategori links with traffic ini, setidaknya Anda harus membuat backlink dari konten-konten yang ada pada website yang telah memiliki jumlah trafik yang lumayan banyak

  • Link yang Terindex. Dalam arti, apa gunanya Anda melakukan backlink pada link atau situs yang tidak bisa terindex oleh mesin pencari? Karena tujuan dari dilakukannya backlink ini adalah agar bisa ditemukan oleh mesin pencari, bisa diklik pengunjung, maupun untuk mendapatkan score SEO
  • Melakukan Backlink pada Website yang Relevan dan Terpercaya. Hal ini dikarenakan, Anda membuat backlink tentunya agar pengunjung dari website Anda mendapatkan informasi lebih, mengenai hal-hal yang sesuai (relevan) dari isi konten yang Anda buat. Sementara kriteria lainnya yaitu website yang Anda pilih untuk melakukan backlink ini haruslah website yang benar-benar terpercaya dan masih exist (aktif)
  • Non Reciprocal. Pada umumnya, saat Anda melakukan backlink pada salah satu website. Maka mungkin saja, website tersebut akan melakukan hal yang sama pada website Anda (reciprocal). Namun sayangnya, hal tersebut tidak begitu disukai oleh mesin pencari. Maka dari itu, salah satu kriteria dari backlink yang berkualitas adalah jenis backlink non reciprocal (tanpa umpan balik)
  • Adanya Keberagaman Link (Diversified). Meskipun website yang Anda miliki berupa sebuah blog. Namun bukan berarti, Anda harus melakukan backlink dari blog saja. Karena Anda juga bisa melakukan backlink pada website berupa forum, online shop, media sosial, ataupun yang lainnya, yang sekiranya isi konten dari website tersebut relevan dengan konten yang Anda buat

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Dari semua penjelasan diatas, kiranya kini Anda telah mulai memahami mengenai bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas ini. Namun untuk lebih memudahkan Anda, berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang perlu Anda lakukan, untuk mendapatkan backlink yang berkualitas. Diantaranya:
  • Pilihlah website yang memiliki konten yang relevan dengan konten yang Anda buat
  • Pilih website yang telah memiliki traffik dengan jumlah yang cukup tinggi
  • Anda tidak selalu harus memilih sebuah website saja untuk melakukan backlink. Karena Anda juga bisa memilih media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, Pinterest, dan yang lainnya. Selain itu, Anda juga bisa melakukan backlink pada online shop, selama isi konten yang ada pada online shop tersebut, relevan dengan konten yang ada pada website Anda
  • Berkolaborasi dengan influencer, dengan melakukan backlink pada website yang mereka miliki
  • Melakukan backlink dengan jenis Guest Post Backlink
  • Cara mendapatkan backlink berkualitas yang terakhir yaitu dengan mencari website yang berkualitas. Seperti website berupa forum, jurnalisme warga, dan yang lainnya
Namun tidak sedikit dari pegiat website atau blogger kebingungan untuk mendapatkan website yang mesuk dalam daftar backlink berkualitas yang sudah dijelaskan diatas. Kabar baiknya, Barangku.id merupakan salah satu diantara blog profesional yang masuk dalam daftar backlink berkualitas dan telah memiliki trafik yang tinggi.

Barangku.id hadir dengan harga yang bersahabat, bisa membantu Anda untuk meningkatkan branding dan SEO di mata mesin pencarian google.

Untuk Anda yang berminat menjalin kerjasaama dengan Barangku.id bisa langsung menghubungi Admin melalui No. Hp 081311385908 (WA Only). 

Manfaat Backlink untuk Bisnis

Sebenarnya, selain memiliki banyak manfaat bagi perkembangan dari website itu sendiri. Backlink juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk kalangan pebisnis. Dimana beberapa manfaat dari backlink untuk bisnis ini diantaranya:
  • Membangun otoritas brand. Dimana dengan Anda melakukan backlink pada website bisnis Anda, maka pengunjung maupun mesin pencari akan mulai memperhitungkan brand yang Anda miliki. Apalagi jika ternyata, website yang Anda miliki tersebut memuat konten-konten yang dianggap berkualitas dan berguna bagi orang lain
  • Mengenalkan brand pada pengunjung dari website yang Anda lakukan backlink, serta membantu membangun lalu lintas referal (mengunjungi situs/website masing-masing)
  • Backlink untuk konten-konten yang berkualitas akan selalu diklik sepanjang masa. Sehingga, brand Anda akan selalu dipromosikan sepanjang masa, melalui backlink yang Anda buat
Demikian informasi menyeluruh mengenai pengertian, macam/jenis, manfaat, kriteria backlink berkualitas hingga cara mendapatkan backlink berkualitas. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi Anda. Terima kasih!