Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Auto Cuan! Inilah 5 Tips Dan 5 Peluang Usaha Rumahan yang Untung Besar

Siapa bilang usaha rumahan itu tidak menguntungkan? Justru peluang usaha rumahan semakin menjanjikan apalagi di era internet seperti sekarang. Selain menghasilkan uang, Anda tetap bisa mengurus pekerjaan rumah tangga khususnya bagi ibu sekaligus istri.

Beberapa orang bahkan lebih nyaman bekerja dari rumah hingga menjadikannya sebagai sebuah lifestyle. Mau tahu tips dan peluang usaha rumahan yang menguntungkan? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Peluang usaha rumahan di desa yang menguntungkan

Tips Memulai Usaha Rumahan

Peluang Usaha Rumahan
cari peluang usaha rumahan?
Simak ulasan berikut
Bagi Anda yang sudah mulai terjun atau sedang mempertimbangkan untuk merintis usaha rumahan, tak ada salahnya menyimak ulasan singkat di bawah ini.

1. Tentukan Jenis Usaha Sesuai Passion

Tanyakan pada diri Anda sendiri, apa yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendatangkan keuntungan. Apakah jenis usaha jasa atau jenis usaha produk? Kemudian tentukan lebih spesifik jasa atau produknya.

Jika usaha Anda sesuai passion, maka gairah atau semangat untuk mengembangkan usahanya akan jauh lebih besar.

2. Modal Usaha

Misalnya jenis usahanya sudah ditentukan dengan tepat, lalu bisa dilanjutkan dengan menentukan modal usaha. Berapa modal usaha rumahan yang dibutuhkan? Tergantung, jenis usaha dan produknya seperti apa. Namun biasanya Jenis Peluang usaha rumahan bisa segera dieksekusi meskipun dengan modal yang minim, bahkan di bawah 10juta.

Perencanaan modal tak perlu terlalu besar, perhatikan perputaran uangnya agar modal terjaga dengan baik.

3. Tentukan Keunikan Produk

Produk atau jasa yang Anda tawarkan sebaiknya memiliki keunikan tersendiri agar mampu bersaing dengan orang lain. Pastikan konsumen mendapatkan nilai guna dan manfaat setelah membeli produk yang Anda tawarkan itu.

Produk yang sama dengan orang lain akan kesulitan bersaing, termasuk saingan dari segi harganya.

Baca juga: Usaha rumahan yang tidak ada matinya

4. Lakukan Promosi Yang Tepat

Produk usaha rumahan bisa mulai dipromosikan melalui media sosial atau media online lainnya. Era internet memudahkan pelaku usaha rumahan untuk mempromosikan produknya dengan gencar.

Pastikan produk bisa menarik perhatian calon pembeli sehingga menimbulkan rasa penasaran dan akhirnya membeli produk Anda. Buatlah foto produk yang menarik namun harus real pict tanpa ada editan yang berlebihan.

Jangan lupakan pula promosi secara offline seperti promosi dari mulut ke mulut atau melalui pamflet yang disebarkan ke rumah-rumah. Lakukan promosi secara rutin agar calon pembeli memahami produk yang Anda tawarkan itu.

5. Pelayanan Terbaik

Pelayanan yang terbaik akan memberikan kesan yang bagus di benak pembeli sehingga melakukan repeat order untuk pesanan berikutnya. Jika pelayanan buruk, hampir bisa dipastikan konsumen tersebut tidak akan melakukan repeat order, sebuah kerugian yang besar bukan?

Pelayanan terbaik bisa dibilang sebagai promosi gratis, produk Anda akan direkomendasikan ke orang lain sehingga menambah jumlah calon pembeli.

5 Peluang Usaha Rumahan Yang Bisa Dicoba

Melakukan usaha rumahan tidak bisa sembarangan, meskipun terkesan lebih santai karena hanya dilakukan di rumah. Anda harus memiliki tekad yang kuat, keterampilan dasar dan usaha untuk mengembangkannya.

Contoh peluang usaha rumahan bisa Anda simak melalui ulasan di bawah ini, diantaranya:

1. Make Up Artist

Biasa disingkat dengan istilah MUA, cocok bagi Anda yang jago makeup dan memiliki peralatan kosmetik yang lengkap. Buka dan cobalah peluang usaha di rumah sebagai makeup artist, apalagi waktunya lebih fleksibel.

Bisnis ini dibutuhkan sepanjang tahun, terutama pada moment-moment wisuda, perpisahan sekolah, atau acara-acara lainnya. Tapi jika ingin menjadi MUA profesional, sebaiknya Anda masuk kelas makeup terlebih dahulu.

Baca juga: Ide usaha rumahan yang banjir untung

2. Penerjemah

Berbeda dengan seorang penulis, penerjemah sepertinya menjadi peluang usaha rumahan modal kecil yang sangat mudah. Tapi, Anda perlu memiliki keahlian menerjemahkan terlebih dahulu, misalnya dari Bahasa Inggris ke Indonesia, bahasa Mandarin ke Indonesia ataupun sebaliknya.

Anda bisa memulainya dengan menjadi penerjemah individu biasa, penerbit buku, perusahaan, atau jasa terjemahan untuk para mahasiswa. Usaha yang satu ini bahkan tidak membutuhkan modal berupa uang, hanya perlu memiliki pengetahuan dan keahlian menerjemahkan bahasa.

3. Jasa Pembuatan Konten

Sangat disayangkan jika selama ini Anda tidak memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk meraup keuntungan. Jasa pembuatan konten sangat beragam, terutama konten untuk ig bisnis dan fb bisnis, Anda tertarik untuk menjadi content creator?

Ide usaha ini hanya bermodalkan keterampilan desain grafis, video editor dan kemampuan copywriting. Peluang usaha rumahan dengan modal kecil berupa jasa pembuatan konten sangat luas, tidak terpaku ke media sosial saja, Anda bisa membuat konten untuk website, poster, iklan hingga vlog.

4. Usaha Makanan Atau Minuman Kekinian

Apakah Anda termasuk orang yang jago memasak? Coba salurkan kemampuan tersebut agar menjadi cuan yang menguntungkan. Salah satunya usaha rumahan dengan menjual makanan dan minuman kekinian, misalnya fudgy brownies, brownies coklat meleleh, lunch box ala korea, boba cheese hingga kopi kekinian.

Modal yang perlu disediakan berupa bahan makanan dan minuman, Anda tinggal mengolahnya di Rumah dengan cita rasa yang khas.

Baca juga: Peluang usaha rumahan yang paling menjanjikan saat ini

5. Usaha Souvenir

Hingga saat ini memang resepsi pernikahan belum bisa dilakukan secara normal karena masih dibatasi dengan protokol kesehatan. Namun usaha souvenir merupakan peluang usaha rumahan di masa pandemi yang tetap menguntungkan.

Banyak pasangan yang akan menikah mempersiapkan souvenir sebagai cinderamata dan kenang-kenangan bagi tamu undangan yang hadir. Selain menyediakan souvenir, berikan ide-ide souvenir unik sesuai pesanan agar pasangan tersebut memiliki kesan yang indah dalam hidupnya.

Apapun jenis peluang usaha rumahan yang akan Anda eksekusi nantinya, jangan patah semangat ketika menghadapi berbagai rintangan. Usaha rumahan memiliki prospek yang cerah bagi siapapun yang ingin melakukannya. Jadi, apa masih ragu untuk memaksimalkan usaha rumahan yang sedang Anda jalani?