Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6 Kelemahan Dari Usaha Fried Chicken! Banyak Para Pengusaha Gagal Karena Ini

Barangku.id - Fried chicken adalah menu makanan yang populer sampai dengan sekarang. Menu makanan olahan ayam ini mempunyai banyak peminat, khususnya kalangan masyarakat Indonesia. Namun siapa sangka dibalik peluang usaha fried chicken juga terdapat kelemahan usaha fried chicken yang mesti diketahui.

Pada saat memilih usaha fried chicken akan diberikan banyak pilihan dan harganya sangat bervariasi sesuai dengan target pasar. Meski usaha fried chicken sudah mempunyai pasar yang besar, akan tetapi banyak para pengusaha yang mengalami gulung tikar karena tidak bisa bersaing.

Ada satu hal yang harus diperhatikan di saat memilih usaha makanan fried chicken, yaitu supaya proses produksi tetap bisa bertahan. Supaya lebih jelas, maka di kesempatan kali ini akan dibahas mengenai kelemahan usaha fried chicken dan simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Kelemahan dari Usaha Fried Chicken

peluang usaha fried chicken
Kekurangan dari Usaha Fried Chicken 

Apa saja kelemahan usaha fried chicken? Sebagai berikut beberapa kelemahan yang dapat dijadikan sebagai wawasan bagi Anda dan khususnya pengusaha.

Baca juga: Cara bisnis ayam geprek yang perlu diketahui

1. Mempunyai Banyak Pesaing

Jenis usaha yang satu ini memang sangat ngeri-ngeri sedap. Bahkan, banyak dari kalangan masyarakat yang gemar memilih usaha fried chicken.

Namun, seiring banyaknya para pelaku usaha fried chicken ini mengakibatkan muncul beberapa kelemahan. Salah satu alasannya, karena Anda dituntut agar bisa membuat fried chicken yang berkualitas dan harus berada di atas pesaing atau kompetitor.

Bagi para penikmat fried chicken ini juga akan memilih dimana tempat yang mempunyai rasa enak dan nagih. Maka dari itu, hal ini bisa menjadi salah satu kelemahan usaha fried chicken.

2. Membutuhkan Modal yang Besar

Kelemahan usaha fried chicken kedua, yaitu membutuhkan modal yang sangat besar. Supaya bisa memproduksi ayam goreng krispi atau sering disebut dengan fried chicken, maka membutuhkan peralatan yang memadai.

Baca juga: Peluang usaha bubur ayam dan perkiraan modal yang dibutuhkan

Banyak dari para pengusaha fried chicken yang ingin hemat dan menggunakan beberapa alat seadanya. Akan tetapi, pada kenyataan bukan menjadi hemat dan ujungnya fried chicken ini tidak laku.

Maka dari itu, bagi Anda yang ingin terjun di dalam usaha fried chicken sangat disarankan memilih alat-alat berkualitas. Dengan hal tersebut, nantinya bisa memproduksi fried chicken layak dijual dan bisa bersaing dengan pasaran yang tersedia.

3. Boros Minyak

Di dalam menjalankan bisnis fried chicken, untuk masalah penggunaan minyaknya harus diperhatikan. Karena memang banyak sekali mesin penggorengan fried chicken yang sudah ada di pasaran dan tidak dilengkapi dengan penyaring minyak goreng.

Apalagi di saat minyak goreng mulai langka dan harganya nahak. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan peralatan usaha yang bisa menghemat minyak goreng agar tidak terjadi pemborosan di usaha fried chicken.

Ketika tidak segera diatasi, maka bisa membuat biaya operasional usaha fried chicken ini semakin membengkak. Bahkan, bisa menjadi bahaya untuk usaha yang sedang Anda jalankan.

4. Harus Dapat Membuat Fried Chicken Layak Jual

Banyaknya jumlah pesaing di dalam usaha makanan ayam ini, akan mengharuskan para pelaku memproduksi berkualitas agar tetap lezat dan siap bersaing. Hal tersebut harus dilakukan, karena memang penjual fried chicken ini sudah merebak dimana-mana. Maka dari itu, untuk cara terbaik mengatasi kelemahan usaha fried chicken satu ini adalah harus benar-benar sudah matang dan layak jual.

5. Bahan Baku yang Cenderung Mudah Basi

Apabila ingin mempunyai usaha fried chicken dengan intensitas penjualan masih rendah, maka bisa berdampak terhadap kerugian dan khususnya di dalam bahan baku yang mudah basi. Pada umumnya, untuk ayam frozen yang sudah didinginkan ini hanya mampu bertahan sekitar 5-7 hari saja.

Jadi, ketika berada di dalam jangka waktu tersebut dan ayam belum juga diolah bisa menjadi basi. Meskipun tidak sepenuhnya basi, hal ini tentu saja bisa memberikan pengaruh terhadap cita rasa dari ayam yang tersaji matang.


Langkah yang bisa diambil oleh para pengusaha fried chicken adalah membeli ayam di dalam jumlah sedikit. Tujuannya, yaitu untuk menghindari potensi ayam basi maupun berubah cita rasanya akibat terlalu lama di lemari pendingin.

6. Menunya Membosankan

Kelemahan usaha fried chicken terakhir adalah menu yang terkesan hanya itu-itu saja. Jadi, para konsumen akan cenderung tidak tertarik untuk membeli secara rutin karena pilihan menu makanan yang terkesan membosankan.

Salah satu brand makanan ayam goreng cepat saji di Indonesia ini mengalami kesulitan, ketika harus memperbarui menu. Maka dari itu, hasilnya justru menimbulkan kerugian karena kurang laku.

Akan tetapi, hasilnya justru menimbulkan kerugian karena kurang laku. Selain itu, untuk pilihan yang membosankan ini juga bisa menimbulkan menurunnya omset penjualan.


Kenapa demikian? Karena untuk para konsumen akan mendapatkan kesan, di saat produk yang ditawarkan ini tidak menarik atau hanya itu-itu saja.

Nah, itulah dia penjelasan kelemahan usaha fried chicken yang harus Anda perhatikan. Semoga bisa membantu dan menambah informasi.