Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Benarkah Sio Forklift adalah Hal yang Penting? Bagaimana Syaratnya?

Barangku.id - Forklift adalah alat berat untuk mengangkat dan memindahkan barang oleh banyak perusahaan. Penggunaan forklift sangat efektif dan menghemat banyak waktu, namun penggunaannya tidak bisa sembarangan. SIO forklift adalah salah satu hal yang wajib dipenuhi supaya forklift ini kayak dioperasikan.

Setiap perusahaan setidaknya wajib memiliki surat izin alat untuk pemakaian forklift ini. Bukan cuma alatnya yang memerlukan surat izin, tapi operator juga wajib memiliki surat izin dengan nama SIO. Bagi anda yang penasaran dengan SIO ini, semuanya akan dibahas lewat penjelasan di bawah ini:

Apa itu SIO Forklift?

Sio Forklift adalah
Pengoperasian Sio Forklift

Seperti yang sebelumnya dijelaskan jika SIO ini merupakan elemen penting agar sebuah perusahaan dapat mengoperasikan alat bernama forklift. Umumnya SIO ini adalah singkatan dari Surat izin Operator yang maknanya adalah izin untuk operator bisa menggunakan Forklift.

Jadi jika ingin membedakan antara SIA dengan SIO bisa dibedakan oleh subjeknya. Buat SIA ini diperuntukkan oleh perusahaan yang ingin menggunakan alat forklift tersebut. Sedangkan SIO forklift adalah surat izin yang diberikan kepada perorangan untuk mengoperasikan alat-alat termasuk forklift juga.

Baca juga: Cara memulai usaha dari Nol dengan mudah

Dari penjelasan ini seharusnya sudah sedikit tergambar tentang apa yang dimaksud pada SIO Forklift. Keduanya bisa dibedakan pada siapa yang menerimanya karena masih banyak orang yang cukup kesulitan untuk membedakannya.

Untuk bisa mendapatkan SIO, seseorang harus bisa mengoperasikan alat-alat dengan baik dan benar agar tidak membahayakan. Sertifikasi SIO ini bisa dimiliki asalkan sudah mengikuti pelatihan dan pembelajaran serta memenuhi persyaratan.

Syarat Mendapatkan SIO Forklift

Buat Anda yang berminat untuk memiliki sertifikat izin operasi ini tentu harus memenuhi syarat yang sudah ditentukan. Kepemilikan SIO ini tidak bisa sembarangan diberikan kepada semua operator karena memang dinilai berdasarkan kelayakan.

Tentu posisi sebagai tenaga operator untuk forklift ini bukanlah pekerjaan yang mudah dan memerlukan kehati-hatian. Sehingga untuk mendapatkan SIO ini syaratnya tidaklah mudah seperti yang dijelaskan berikut ini:
  • Melampirkan surat pengantar dari perusahaan terkait yang ditujukan untuk direktur pengawasan K3 lengkap dengan kop surat.
  • Punya sertifikat dari hasil pelatihan operator forklift yang resmi dan sudah di scan.
  • Memiliki surat atau tanda kewarganegaraan yang asli dan sudah di scan.
  • Sertai semua syarat tadi dengan kartu identitas yang bisa dalam bentuk SIM, Paspor, dan juga KTP. Namun usahakan menggunakan KTP saja karena SIO ini lebih diutamakan pembuatannya bagi Rakyat Indonesia.
  • Sertakan pas foto dengan ukuran 3x4 dalam bentuk fisik dan juga file JPG.
  • Berikan juga laporan bernama P2K dalam kurang lebih 3 bulan terakhir.

Cara Mendapatkan SIO Forklift

Setelah mengetahui beragam persyaratan yang diperlukan untuk bisa mendapatkan SIO forklift, selanjutnya ketahui juga cara membuatnya. Untuk bisa mendapatkan SIO ini, anda perlu menguruskannya kepada Kementrian atau Dinas Ketenagakerjaan.

Hal ini karena surat izin tersebut dikeluarkan oleh dinas tersebut. Barulah jika sudah memiliki surat izin tersebut sudah sah disebut sebagai operator forklift yang resmi dan valid. Adapun tahapan yang perlu diikuti sebelum mendapatkan SIO:

1. Mengumpulkan Persyaratan

Sebelum bisa mengajukan pembuatan SIO, ada baiknya untuk mengumpulkan semua persyaratannya terlebih dahulu. Hal ini penting karena jika ada salah satu persyaratan yang tidak bisa diikuti maka tidak perlu untuk lanjut ke tahap berikutnya.

Baca juga: Tips dan cara membuka usaha sendiri di rumah

Namun jika semua persyaratan bisa dipenuhi itu akan bagus karena memenuhi kriteria untuk mendapatkan SIO ini. Jadi ada baiknya ketahui dahulu persyaratan yang ada agar bisa dipersiapkan dengan baik.

2. Mengikuti Pelatihan

Setelah memenuhi semua persyaratan yang ada, langkah selanjutnya adalah dengan mengikuti dan menjalankan pelatihan. Ini tidak bisa dengan cepat dilakukan dan butuh waktu karena biasanya akan diberikan pelatihan baik itu dari lembaga atau bahkan disnaker langsung.

Setelah selesai nantinya peserta akan mendapatkan sertifikat hasil pelatihan. Nah sertifikat ini yang nantinya bisa digunakan untuk melanjutkan dalam upaya mendapat SIO.

3. Mengikuti Uji Kompetensi

Setelah pelatihan dilangsungkan maka untuk mendapatkan SIO ini peserta harus lulus uji kompetensi terlebih dahulu. Tujuannya agar peserta yang mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikat ini benar-benar teruji kemampuannya.

Baca juga: Raih keuntungan dengan 11 usaha kemitraan home industri

Jadi saat setelah mendapatkan SIO forklift tersebut, anda memang benar-benar mampu dalam menjalankan forklift. Ini juga bisa meminimalisir banyaknya penggunaan sertifikat palsu padahal operator belum belajar atau mengikuti pelatihan sama sekali.

4. Mengajukan SIO

Terakhir setelah semua tahapan diikuti nantinya pengajuan SIO dapat dilakukan secara online ke Depnaker. Tujuannya agar pengajuan bisa dilakukan dengan mudah tanpa perlu banyak membuang waktu.

Proses untuk mendapatkan SIO dari depnaker ini kurang lebih memakan waktu 3 minggu paling lama. Jika sudah selesai sertifikatnya langsung akan dikirim kepada yang bersangkutan.

Jadi bisa disimpulkan SIO forklift adalah sebuat surat izin yang diperlukan operator untuk bisa mengoperasikan alat bernama forklift. Jika ini tidak dilengkapi dengan surat izin dan dilakukan sembarangan dikhawatirkan bisa membahayakan dan bahkan merugikan perusahaan.