Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Raih Keuntungan dengan 11 Usaha Kemitraan Home Industri Ini!

Barangku.id - Home industri merupakan usaha skala rumahan yang masuk ke dalam jenis UMKM. Bila menjalaninya dengan serius, bukan hal yang mustahil untuk meraup keuntungan melimpah dari usaha ini. Lantas, apa saja bentuk usaha kemitraan home industri yang menjanjikan?

Sebagai pengantar, perlu Anda ketahui jika kemitraan home industri ini bisa melibatkan perusahaan umum atau personal. Kemitraan ini bisa menjadi kunci sukses bagi Anda yang ingin melebarkan sayap usaha dengan skala besar. Berikut informasi lanjutannya:

Usaha Kemitraan Home Industri Perusahaan

usaha kemitraan home industri
11 Usaha kemitraan home industri

Seiring berjalannya waktu, banyak perusahaan membuka kesempatan bagi masyarakat untuk memperluas skala usahanya. Bentuk kemitraan ini biasanya berupa persediaan bahan baku. Anda akan mendapatkan dukungan lahan, modal, layanan, sampai distribusi produk.

Baca juga: Tips join usaha tanpa modal agar tidak merugi

Sayangnya, tidak semua perusahaan menyediakan kemitraan home industri. Beberapa perusahaan yang sudah menerapkan sistem ini adalah:

1. ID Food

Pertama, Anda bisa membangun usaha home industri dengan bermitra bersama ID Food. Perusahaan pengolahan pangan ini membuka kemitraan inklusif untuk meningkatkan pendapatan pelaku usaha UMKM.

Fokus utama dari ID Food adalah para pebisnis kecil dan petani supaya mampu menjaga produksi pertanian. Bila dilihat lebih jauh, home industri ini juga penting dalam menciptakan ketahanan pangan berskala nasional di tengah desas-desus krisis.

Baca juga: Modal usaha frozen food dan tips menjalankanya

2. PT Bulog

Badan usaha logistik merupakan BUMN yang menawarkan kemitraan dengan UMKM. Perusahaan ini memasarkan sembako dari perorangan atau produk home industri sesuai standar.

Produk PT Bulog sendiri meliputi gula pasir, minyak goreng, beras, hingga bahan pokok lainnya. Untuk menjalin kemitraan dengan perusahaan ini, Anda harus memenuhi sejumlah ketentuan dan menyiapkan beberapa dokumen.

3. PT Unilever

Nama Unilever tentu sudah sangat terkenal. Perusahaan pangan raksasa ini menjalin kemitraan dengan sejumlah pengusaha UMKM untuk meningkatkan jangkauan pasar. Tentu saja Anda harus mengikuti persyaratan agar dapat bermitra dengan perusahaan ini.

Bentuk kemitraannya sendiri cukup bagus. Pihak Unilever akan memberikan suntikan modal maupun bantuan pemasaran. Jika berminat, Anda bisa langsung menghubungi kontak Unilever yang ada di website resminya.

Baca juga: Cara membuka usaha sendiri di rumah

4. PT Pupuk Indonesia

Selanjutnya, ada PT Pupuk Indonesia. Perusahaan ini membuka kemitraan dengan pelaku UMKM dan home industri lewat metode pendekatan lingkungan, sosial, dan kinerja ekonomi. Bermitra dengan perusahaan ini dapat memaksimalkan keuntungan usaha, sambil membantu menjaga kelestarian lingkungan.

Perusahaan ini memiliki program CSR dengan misi dan tujuan yang sama. Bentuk kemitraannya berupa dukungan terhadap kegiatan yang meningkatkan profit dan memberikan bantuan atas pengembangan serta peningkatan kualitas produk.

5. PT Polytama Propindo

Terakhir, ada perusahaan industri petrokimia. Perusahaan ini menjalankan kemitraan secara besar-besaran untuk mendukung pengusaha, agar lebih kompetitif.

Tak main-main, PT Polytama Propindo memberikan dukungan lewat suntikan modal yang sangat besar. Selain itu, kemitraan juga dilakukan secara berkelanjutan seiring dengan meningkatnya nilai pekerjaan dan meluasnya cakupan pekerjaan.

Usaha Kemitraan Home Industri Personal

Bila tidak ingin bergabung bersama perusahaan, Anda bisa membuka kemitraan home industri sendiri secara personal. Tentu keuntungan yang didapatkan akan lebih banyak. Contoh home industri berprospek baik adalah sebagai berikut:

1. Usaha Es Krim

Berlatar belakang Indonesia adalah negara tropis, bisnis es krim terbilang sangat menjanjikan. Es krim menjadi menu favorit masyarakat, mulai dari golongan anak-anak sampai dewasa.

Memanfaatkan peluang tersebut, Anda bisa memproduksi es krim dengan bahan sederhana. Kemudian, hasilnya bisa Anda pasarkan di warung sekitar rumah. Pemanfaatan media sosial juga penting, agar jangkauan pembelinya semakin luas.

2. Usaha Souvenir

Maraknya acara pernikahan, ulang tahun, atau hajatan membuat bisnis souvenir cukup menjanjikan. Anda bisa lebih menggali ide dan berkreasi dengan memanfaatkan bahan-bahan bekas.

Misalnya saja, botol plastik, aksesoris, atau kain sisa didaur ulang menjadi souvenir menarik. Produk home industri ini memiliki nilai unik tersendiri. Modalnya juga cukup kecil, sehingga cocok untuk Anda yang baru mau membangun bisnis.

3. Usaha Katering

Setiap harinya, manusia pasti butuh makan. Beralaskan itu, tak heran jika usaha katering prospeknya semakin baik dari hari ke hari. Usaha katering banyak digeluti karena modalnya kecil dan mudah mencari pasaran.

Banyaknya usaha katering kini membuat Anda harus lebih berinovasi. Anda bisa mencoba menu masakan yang sehat tapi lezat atau cocok untuk program diet. Untuk bisnis ini, mitra utamanya bisa mulai dari ibu-ibu di sekitar tempat tinggal.

Baca juga: Peluang usaha di tahun 2023 modal kecil omset jutaan

4. Usaha Mebel dan Furniture

Usaha selanjutnya adalah mebel dan furniture. Bentuk usaha ini bisa meminimalisir angka pengangguran karena menyerap banyak tenaga kerja. Selama Anda mampu menemukan material kayu yang bagus, maka prospek bisnis menunjukan angka positif.

Bila ingin memulai usaha ini, Anda bisa melihat wilayah sekitar. Dengan bahan baku yang melimpah, tenaga kerja profesional, dan pemasaran yang ampuh, tentu Anda akan mampu memperluas skala usahanya.

5. Usaha Lilin Aromaterapi

Mencari usaha home industri yang kekinian? Maka, coba buat kemitraan lilin aromaterapi. Anda bisa mencari sejumlah orang untuk berlatih membuat lilin aromaterapi.

Baca juga: Modal usaha sablon beserta strategi

Proses pembuatan lilin terbilang mudah dan banyak tutorialnya di jejaring media sosial. Harga jualnya juga lumayan tinggi, tapi modalnya kecil. Apalagi, jika pemasarannya lewat platform digital, tentu keuntungannya akan lebih banyak lagi.

6. Usaha Jahit

Terakhir, Anda bisa coba usaha jahit pakaian. Usaha home industri ini sangat mudah pengaplikasiannya dan prospeknya cukup tinggi.

Anda hanya membutuhkan modal mesin jahit, benang, dan tenaga kerja. Bila memang belum menemukan tenaga kerja profesional, Anda bisa memaksimalkan potensi warga di tempat tinggal dengan mengadakan pelatihan.

Kemudian, produk bisa dijual secara offline maupun online. Untuk memaksimalkan keuntungan, terimalah pesanan berdasarkan permintaan pelanggan.

Baca juga: Tips usaha jahit rumahan agar sukses

Baik usaha kemitraan home industri dengan perusahaan maupun personal, keduanya sama-sama menghasilkan keuntungan. Terpenting, dalam bisnis Anda perlu konsistensi dan fokus agar dapat berkembang. Selama mampu memaksimalkan potensi yang ada, bisnis akan berjalan lancar.