Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Inilah Jasa Pengiriman Uang dari Luar Negeri, Andalan Pekerja!

Barangku.id - Jasa pengiriman uang dari luar negeri tentunya sangat dibutuhkan bagi para pekerja yang aktivitas kerjanya jauh dari negaranya. Seperti para pekerja yang menjadi tenaga kerja asing di Malaysia, Tiongkok, Jepang, Arab Saudi, Korea Selatan, dan sebagainya.

Tidak sedikit dari para pekerja tersebut yang meninggalkan keluarganya di Tanah Air. Untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarga yang ditinggalkan, para pekerja pada umumnya akan mengirimkan sebagian gajinya.

Jika Anda termasuk pekerja luar negeri, tentunya Anda akan sering menggunakan jasa transfer antarnegara. Memang banyak jasa layanan pengiriman uang secara internasional yang tersedia. Ketersediaan layanan tersebut pastinya akan memudahkan Anda atau si penerima dana melakukan transaksi.

Baca juga: 8 Brand baju terkenal Indonesia yang sering dikiri dari luar negeri

Hal yang Perlu Diperhatikan pada Saat Menggunakan Jasa Kirim Uang dari Luar Negeri

jasa pengiriman uang antar negara
Jasa kirim uang ke luar negeri

Pada zaman teknologi canggih seperti sekarang, keberadaan jasa pengiriman uang luar negeri tidak lagi menjadi hal yang aneh. Pertumbuhan jasa pengiriman dana tersebut seiring sejalan dengan semakin banyaknya tenaga kerja dalam negeri yang menggantungkan penghasilannya pada pekerjaan di luar negeri.

Walaupun banyak kemudahan yang akan didapat ketika menggunakan jasa transfer antar negara, Anda harus tetap memperhatikan rambu-rambu yang diberlakukan. Hal ini sangat penting diketahui agar proses pengiriman dana berjalan lancar.

Baca juga: Cara import baju dari luar negeri untuk kebutuhan bisnis thrifting

Kelancaran pengiriman diharapkan tidak akan menimbulkan kerugian apa pun pada pihak pengirim maupun pihak penerima dana. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda diperhatikan sebelum melakukan pengiriman uang antar negara:

1. Perhatikan Informasi yang Penting

Ketika berniat melakukan transfer uang secara internasional, cukup banyak informasi penting yang wajib diketahui. Informasi ini tidak hanya diperuntukkan bagi pengirim uang, tetapi juga bagi penerimanya.

Berikut adalah beberapa informasi yang perlu diketahui atau dipersiapkan. Informasi ini sebaiknya diketahui oleh pihak pengirim dan penerima dana:
  • Lengkapi nama/alamat pengirim dan penerima uang.
  • Pastikan jumlah uang yang akan ditransfer sudah sesuai.
  • Cantumkan nama dan alamat bank yang digunakan oleh penerima dana.
  • Sertakan juga nomor rekening dan jenis bank yang digunakan oleh penerima transferan.

2. Ketahui Besar Biaya Transfer

Transfer antar rekening dalam negeri bisa dilakukan secara gratis. Namun, untuk mentransfer uang antarnegara tentu memerlukan biaya tersendiri.

Adapun besarnya biaya tergantung dari pihak layanan jasa yang digunakan. Biaya tersebut biasanya mencakup biaya transaksi yang dikenakan layanan keuangan dan biaya pengiriman di luar mata uang dolar Amerika.

Baca juga: Jasa pengiriman barang ke luar negeri dengan reputasi baik

Pengirim dana pun dapat menentukan apakah biaya transaksi akan dibebankan kepada dirinya sendiri atau ditanggung oleh si penerima. Oleh karena itu, perlu dipastikan siapa yang akan mengeluarkan biaya transfer pada saat melakukan transfer internasional untuk meminimalisir kesalahpahaman.

3. Ketahui Lamanya Proses Transfer

Ketika menggunakan jasa pengiriman uang dari luar negeri, perlu diperhatikan juga lamanya proses transfer. Jangan sampai biaya transfer murah, tetapi waktu pengiriman terlalu lama.

Biasanya estimasi waktu pengiriman uang tergantung pada metode transfer yang digunakan. Transfer melalui bank internasional rata-rata dilakukan dalam waktu satu sampai lima hari kerja.

Jasa Pengiriman Uang dari Luar Negeri ke Indonesia

Melakukan pengiriman uang dengan bantuan jasa pengiriman uang dari luar negeri bukanlah sesuatu hal yang dapat disepelekan. Apalagi, bagi pekerja yang masih asing atau baru pertama kali melakukannya. Pada awalnya, tentu akan muncul kebingungan memilih layanan jasa mana yang akan digunakan.

Jika Anda berada di negara lain dan hendak mengirim uang ke Indonesia, tidak perlu merasa bingung. Pilih agen transfer dana yang memiliki kredibilitas baik, seperti beberapa yang direkomendasikan berikut ini.

1. Western Union

Untuk mengirim uang ke Indonesia dapat digunakan jasa layanan keuangan bernama Western Union. Jasa ini dapat dipergunakan terutama bagi Anda yang bekerja di Amerika dan Inggris. Selain itu, Western Union juga ada di Malaysia, Singapura, dan sekitar dua ratus negara lain.

Agar proses transfer berlangsung lancar, persiapkan semua persyaratan yang diperlukan. Contohnya Visa dan KTP. Pastinya, nominal uang yang akan dikirim juga harus sesuai.

Isi dengan lengkap formulir yang diberikan pihak Western Union. Sebelumnya, bisa ditanyakan kepada petugas apakah bank tujuan di Indonesia bisa menerima uang dari Western Union.

Baca juga: 10+ cara mendapatkan supplier Thrift shop luar negeri paling aman

2. Money Gram

Jasa pengiriman dana ke Indonesia yang menjadi rekomendasi selanjutnya adalah Moneygram. Biaya pengiriman melalui Moneygram dikenal murah, Jangkauannya sudah mencapai lebih dari tujuh puluh negara.

Sama seperti layanan jasa transfer pada umumnya, Anda perlu mempersiapkan KTP dan uang yang akan ditransfer. Termasuk juga biaya administrasi. Tunggu hingga bukti transaksi diberikan oleh petugas. Selanjutnya, berikan kode kepada pihak penerima di Indonesia untuk mengambil uang transferan.

3. Transferwise

Transfer uang menggunakan Transferwise diakui banyak orang lebih murah daripada yang lainnya. Untuk mentransfer uang, diwajibkan membuat akun terlebih dahulu melalui laman resmi Transferwise.

Proses verifikasi tidak lama. Jika sudah fix, pihak Transferwise akan memberikan informasi melalui surel. Keuntungan menggunakan Transferwise, Anda bisa mengaktifkan empat mata uang, yaitu Dollar-Amerika dan Australia, Poundserling-Inggris, dan Euro-Eropa.

Baca juga: Cara membeli baju bekas dari luar negeri

Banyak jasa pengiriman uang dari luar negeri, tetapi tidak semua dapat memberikan layanan yang diharapkan. Terutama dalam hal kemudahan proses, serta kecepatan dan ketepatan waktu kirim.

Agar tidak mengalami kendala pada saat pengiriman uang, sebaiknya lakukan konsultasi langsung dengan pihak penyedia layanan transfer. Setidaknya, pengirim dan penerima akan sama-sama mengetahui berapa biaya yang diperlukan untuk proses pengiriman dana dan siapa yang akan menanggung biaya transaksi tersebut.