Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ini Skill Dan Tugas Admin Sales Yang wajib Diketahui

Barangku.id - Dalam perusahaan besar pastinya ada yang namanya sales admin namun bukan sales yang bekerja menjual dan menawarkan produk saja. Tugas admin sales atau administrator itu berbeda dengan sales pada umumnya yang hanya fokus menjual barang dengan target.

Agar mempermudah membedakan sales umum dengan sales admin atau biasa disebut sales administrator. Selanjutnya agar lebih mengenal apa itu apa itu penjualan, apa saja kepemimpinannya dan keterampilan apa yang harus dimiliki? Anda perlu menyimak pembahasan di bawah ini.

Pengertian Sales Admin dan Tugasnya

Tugas Admin Sales
Tugas Admin Sales

Perlu diketahui banyak orang bahwa bahwa sales admin merupakan orang yang mengurus semua keperluan administrasi perusahaan terkait penjualan. Seperti halnya mengurus semua data pelanggan, data barang, dan juga membantu penjual untuk menjual produk.

Setelah mengetahui penjelasan mengenai pengertian sales admin saatnya Anda perlu mengetahui tugas dan berwenang seorang sales admin. Berikut ini tugas yang harus dilakukan ketika Anda menjadi sales admin:

1.Membantu Kegiatan Berjualan dan Menyediakan Produk

Jika Anda menjadi admin penjualan pertama kali tugas yang perlu dilakukan yaitu menjual dan menawarkan produk ke customer. Penawaran dapat Anda lakukan di toko online maupun offline dan selain itu admin sales mengecek kelengkapan produk.

Baca juga: 8 Kerja sampingan online untuk karyawan

Selanjutnya sebagai admin sales bertugas memberikan informasi umum terkait produk yang dijual. Selain itu juga menerima pesanan dari via email, telepon, WhatsApp, SMS, DM dan juga melalui aplikasi.

2. Mengelola Data Pelanggan

Selanjutnya tugas admin penjualan mengelola data pelanggan yang sudah didapat sebelumnya melalui informasi yang dikumpulkan. Seluruh informasi dikumpulkan menjadi satu dan data diolah untuk dilakukan evaluasi, yang akan digunakan sebagai strategi pemasaran oleh sales admin.

Selain itu tugas admin sales mengurus data pelanggan yang sedang melakukan pemesanan hingga deal. Perlu diketahui bahwa tugas admin penjualan sangat penting bagi perusahaan karena memiliki hubungan baik dengan pelanggan.

3. Membuat Laporan Penjualan

Setelah sales admin melakukan tugas menjual barang dan mengurus data pelanggan dan barang selanjutnya membuat laporan penjualan. Data penjualan meliputi data jumlah produk, produk terjual, total dan target penjualan yang sudah dicapai.

Baca juga: Mengenal aturan cuti dalam perusahaan

Catatan seluruh data produk biasanya dijadikan pembukuan rekap yang diolah secara rapi. Laporan rekap ini berbentuk jangka waktu harian, minggu dan bulanan yang akan diserahkan kepada kepala departemen perusahaan atau bagian staf lain yang membutuhkan.

4. Melayani Seluruh Salesperson dan Tim

Selanjutnya tugas admin sales bukan hanya mengurus data pelanggan dan merekapnya saja melainkan juga melayani seluruh tim sales. Seluruh keperluan yang akan digunakan tim sales, akan disiapkan oleh admin sales sebelum terjun ke lapangan.

Demikian penjelasan singkat untuk Anda mengenai tugas admin penjualan. Tugasnya lebih banyak dibanding dengan salesperson, karena admin sales bertanggung jawab atas semua keperluan customer dan juga tim sales.

Skill Apa yang Harus Dimiliki Untuk Menjadi Seorang Sales Admin?

Wah, tepat sekali pembahasan ini disuguhkan untuk Anda yang masih bingung ingin daftar sales admin namun belum tahu skill apa yang harus dipenuhi. Setelah mengetahui pekerjaannya perlu sekali membahas skill yang harus dimiliki sales admin, diantaranya:

1. Multitasking

Untuk Anda yang ingin menjadi sales admin skill handal yang harus dimiliki yaitu multitasking. Mengapa demikian? Karena sales admin harus bisa mengerjakan beberapa hal secara bersamaan dan dikerjakan secara tepat dan cepat.

Untuk skill ini wajib Anda miliki untuk membantu tugas admin sales jika tidak nanti akan kewalahan dalam pengerjaan tugas. Selain keterampilan admin penjualan lainnya yang terdiri dari tinggi, bekerja sama, memahami data kualitatif dan kuantitatif untuk penjualan.

2. Layanan Pelanggan

Selanjutnya skill sales admin yaitu melayani kebutuhan pelanggan dan calon pelanggan dengan menjawab semua pertanyaan pelanggan dengan memberikan pelayanan sebaik mungkin. Jika hal tersebut dilakukan agar bertujuan mempererat hubungan antara pelanggan dan perusahaan.

Dengan pelayanan yang baik pelanggan tanpa sadar akan tertarik dengan produk yang dijual. Skill Customer Service digunakan ketika admin penjualan memproses pesanan pelanggan sehingga pada saat seperti itu pasti akan ada celah untuk berkomunikasi.

3. Menguasai Pengelolaan Data

Skill selanjutnya yang harus dimiliki yaitu menguasai jenis data kualitatif dan kuantitatif agar mempercepat mengelola data pelanggan. Dengan kemampuan mengelola data yang tepat dan cepat akan mengatur waktu selain itu juga penjualan perusahaan akan tetap stabil.

Baca juga: Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar

Penguasaan mengelola data juga bermanfaat untuk mengelola semua data pelanggan dan penjualan sehingga secara tidak langsung juga melaporkan data keuangan. Selanjutnya akan laporan tersebut akan diserahkan ke masing-masing staf yang menangani lebih lanjut.

4. Memiliki Komunikasi dan Ketelitian yang Baik

Skill untuk menjalankan tugas admin sales berikutnya harus memiliki komunikasi yang baik karena itu skill dasar Admin. Selain bekerja cepat menjadi sales admin harus memiliki ketelitian dalam menangani pelanggan dan mengelola data.

Karena jika menjadi sales admin melakukan kecerobohan dalam menangani pelanggan akan menurunkan kualitas perusahaan. Oleh karena itu untuk menjadi admin penjualan, harus memiliki ketelitian yang tinggi untuk tetap meningkatkan kinerja perusahaan.

5. Menguasai Media Sosial

Untuk selanjutnya skill ini sekarang menjadi nilai plus bagi sales admin. Menguasai dunia digital seperti halnya mengoperasikan media sosial karena sekarang daya tarik penjualan via online memiliki keuntungan lebih besar.

Dengan begitu banyak perusahaan yang mencari sales admin yang juga sudah mahir menjalankan media sosial. Terlebih sudah jago dalam dunia editing gambar maupun video agar produk lebih menarik dan mampu bersaing dengan perusahaan lain.

Baca juga: Kerja sampingan di rumah yang mendatangkan cuan

Itulah penjelasan untuk Anda mengenai penjelasan skill yang harus dimiliki oleh sales admin. Bagi yang ingin mendaftar menjadi sales admin bisa mengembangkan skill yang sudah dijelaskan diatas.

Demikian penjelasan untuk Anda yang ingin mengetahui tugas admin sales dan juga skill yang perlu dimiliki dan dikembangkan. Bagi perusahaan online skill menguasai media sosial wajib dikuasai karena perusahaan berjalan dibidang tersebut agar menarik pelanggan.