Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar, Dijamin Dilirik HRD

Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar merupakan hal utama yang perlu diketahui oleh para job seeker yang akan melamar kerja. Hal ini karena surat lamaran kerja yang baik akan berpengaruh baik juga pada hasil yang diterima nantinya. 

Maksudnya adalah ketika surat dibuat sebaik mungkin dan sesuai dengan standar yang seharusnya, tidak menutup kemungkinan itu akan menjadi nilai plus untuk kamu. Dengan begitu, kamu sudah selangkah lebih maju untuk berpeluang dipanggil melakukan wawancara kerja.

Surat lamaran atau application letter merupakan salah satu berkas yang menjadi syarat untuk melamar pekerjaan. Para job seeker biasanya harus mengajukan surat lamaran disertai dengan CV (Curriculum Vitae) atau riwayat hidup.

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar
Mau tau contoh surat lamaran kerja yang baik
dan benar? Baca ulasan berikut ini ya.

Kita tahu bahwa untuk bisa diterima di perusahaan impian bukanlah hal yang mudah, ini pastinya memerlukan kesabaran dan perjuangan yang cukup ekstra. Nah karena itu, kita akan memberikan beberapa contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar dengan tujuan supaya kamu bisa dilirik oleh HRD di perusahaan impianmu.

Selain contoh suratnya, kita juga akan membahas sekilas mengenai unsur dari surat lamaran pekerjaan. Oke, untuk mengetahui contoh-contoh tersebut, silakan simak artikel berikut ini ya.

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

Seperti yang dikatakan sebelumnya, pada artikel kali ini kita akan membantu kamu melamar kerja di perusahaan impian melalui contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar. Sebelum kita berikan contoh-contoh tersebut, sebaiknya kita bahas dulu mengenai unsur apa saja yang ada di dalam surat lamaran kerja yang baik dan benar. 

Umumnya, surat lamaran kerja yang baik dan benar harus memiliki unsur-unsur seperti tanggal surat, lampiran surat, alamat surat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, tanda tangan, serta identitas (nama) pengirim surat. Untuk mengetahui lebih detail, silakan pelajari beberapa contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar berikut ini.

1. Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate

Bandung, 12 Mei 2021

Hal: Lamaran Pekerjaan


Yth

HRD PT Alfa Polimer Indonesia

Jl. Industri Cimareme II No. 5, Cimerang, 

Padalarang, Kab. Bandung Barat


Dengan Hormat, 

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang saya peroleh dari unggahan PT Alfa Polimer Indonesia di Instagram pada tanggal 2 Mei 2021 dengan posisi Quality Control, bersama surat ini saya bermaksud mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin pada posisi tersebut. Berikut data pribadi saya:

Nama : Rita Nur Aprilia

Tempat, tanggal lahir : Bandung, 26 April 1996

Alamat : Jalan Ngamprah Landeuh No. 11, Kec. Ngamprah, Kab.Bandung Barat

Pendidikan terakhir : S1 Teknik Kimia

Telepon : 0895 2221 2092

Email : ritaapril112@gmail.com

Saya adalah seseorang yang aktif di berbagai organisasi, memahami bagaimana cara mengoperasikan peralatan laboratorium, mengetahui berbagai bahan-bahan kimia beserta sifatnya. Saya juga dapat bekerja secara professional baik secara mandiri maupun bekerja secara tim.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut beberapa dokumen saya lampirkan:

1. Daftar riwayat hidup

2. Fotocopy KTP

3. Fotocopy Ijazah S1

4. Pas foto terbaru ukuran 3×4

5. Fotocopy SKCK

6. Fotocopy Transkrip nilai

Demikian surat permohonan pekerjaan ini. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,


Rita Nur Aprilia

Nah itu dia contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar untuk fresh graduate. Para fresh graduate biasanya belum memiliki pengalaman bekerja, maka dari itu kamu bisa menuliskan berbagai pengalaman yang pernah dilakukan selama sekolah/kuliah atau menuliskan berbagai keahlian yang kamu miliki.

Surat di atas sudah sesuai dengan standar surat yang seharusnya karena sudah mencakup semua unsur surat lamaran pekerjaan.

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk yang Punya Pengalaman

Apabila kamu adalah orang yang sudah berpengalaman atau sudah pernah kerja sebelumnya, contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar berikut cocok untuk menjadi referensi. Kamu bisa menuliskan pengalaman kerjamu seperti pencapaian kerja yang di peroleh dari pekerjaan sebelumnya. Baiklah, ini dia contohnya.


Cimahi, 7 Januari 2021

Perihal: Lamaran Pekerjaan


Yth

Manager PT Sinar Jaya 

Jl. Leuwigajah No. 22 Kota Cimahi


Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi dari surat kabar News Harian Mentari pada tanggal 2 Januari 2021, saya ingin mengajukan permohonan lamaran kerja sebagai Arsipparis di PT Sinar Jaya. Berikut data pribadi saya:

Nama : Surya Aji Pratama

Tempat, tanggal lahir : Cimahi, 10 November 1989

Jenis kelamin : Pria

Pendidikan terakhir : SMK

Alamat : Jl. Cibogo Rt 09 Rw 12 Desa Leuwigajah Kec Cimahi Selatan

No HP : 0838 2654 9087

Saya memiliki keterampilan yang dibutuhkan oleh seorang arsiparis, yaitu mengoperasikan Microsoft Office, mengelola arsip, juga mengelola organisasi kearsipan. Saya juga memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang fasih serta bisa bekerja secara professional.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, berikut data diri saya lampirkan:

1. Foto ukuran 3×4

2. Fotocopy Ijazah

3. Fotocopy SKCK

4. Fotocopy surat pengalaman kerja

5. Daftar riwayat hidup

6. Fotocopy KTP

Demikian surat lamaran ini saya ajukan kepada Bapak/Ibu pemimpin perusahaan dengan harapan bisa diterima bekerja di lingkungan perusahaan Bapak/Ibu. Sekian, atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,


Surya Aji Pratama

Sebetulnya, contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar secara umum sama saja. Baik atau tidaknya sebuah surat lamaran bisa dilihat dari unsur-unsur yang ada di dalamnya.

Nah buat Anda yang ingin mengetahui lebih banyak lagi contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar bisa baca di sini. Semakin banyak referensi contoh surat lamaran yang Anda baca, tentu akan mempermudah Anda dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Post a Comment for "Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar, Dijamin Dilirik HRD"