Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Informasi Lengkap Franchise Indomaret: Biaya Hingga Syaratnya

Barangku.id - Indomaret semakin mudah dijumpai, dimana Anda dapat membeli berbagai kebutuhan dengan harga terjangkau. Hal ini berkaitan dengan franchise Indomaret yang semakin banyak diminati pelaku usaha. Skema waralaba memang menjadi primadona di dunia bisnis saat ini.

Terlebih, nama Indomaret sudah banyak dikenali sebagai tempat yang banyak dicari. Selain berbelanja kebutuhan, Anda juga dapat menggunakan ATM, mengisi pulsa, membeli voucher, dan banyak lainnya.

Peluang ini tidak disia-siakan begitu saja. Banyak yang mengambil kesempatan ini, dan kenyataannya banyak di antaranya yang berhasil. Hingga kini, Indomaret masih membuka kesempatan lebar bagi yang ingin menjalankannya. Apa Anda tertarik dengan bisnis waralaba Indomaret? Mari simak informasinya selengkapnya di sini:

Apa Itu Franchise

waralaba indomaret
Bisnis waralaba indomaret

Sebelum mengulas tentang franchise Indomaret, mari mengenal tentang bisnis ini. Franchise (waralaba) merupakan skema usaha dalam bentuk hak khusus milik perseorangan ataupun badan usaha. Kepemilikan ini merupakan sistem bisnis yang memasarkan barang ataupun jasa yang keberhasilannya sudah terbukti.

Usaha ini dapat digunakan pihak lain sesuai dengan perjanjian waralaba. Jadi, pihak yang membeli franchise wajib menyetujui dan menaati syarat serta ketentuan yang berlaku. Secara sederhana, franchise adalah kerjasama di bidang usaha yang menggunakan sistem bagi hasil.

Pembagian hasil ini menyesuaikan kesepakatan yang berkaitan dengan hak pemasaran dan hak pengelolaan. Bisnis yang berlandaskan kesepakatan ini juga mencakup operasional hingga promosi. Kerjasama didelegasikan ke pihak kedua.

Dimana pihak kedua memiliki hak untuk menggunakan merek, produk, hingga mengadaptasi sistem operasionalnya untuk menjalankan usaha. Ada dua elemen utama dalam bisnis franchise. Ada pemilik bisnis yang memberi izin usaha (franchisor) serta membeli izin waralaba (franchise).

Syarat Franchise Indomaret

Sebelum memutuskan membeli hak franchise di Indomaret, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui apa saja persyaratan yang harus disiapkan. Dengan begitu, tahap selanjutnya hingga proses akhir persetujuan dapat berjalan dengan lancar. Berikut ini daftar persyaratannya:
  • Pembeli izin waralaba merupakan WNI.

  • Sudah menyiapkan lokasi untuk menjalankan usaha di area yang komersial. Luas idealnya adalah 120-200 m2.

  • Menyediakan kelengkapan izin untuk menjalankan usaha minimarket. Seperti IMB atau PBG, PKP, izin lingkungan, PKP, NIB, dan lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

  • Menyiapkan dana investasi.

  • Berjiwa entrepreneur, mau berfokus terhadap sistem waralaba milik Indomaret.

Keuntungan dan Kerugian Franchise Indomaret

Dalam sebuah usaha, tentu selalu ada untung rugi. Semua memiliki keunggulan serta kelemahan masing-masing, terlepas dari apa jenis usahanya. Begitu juga dengan franchise yang melibatkan perusahaan besar, misalnya Indomaret. Apa saja keuntungan serta kerugiannya?

1. Keuntungan franchise Indomaret

Ada banyak keuntungan yang didapatkan dengan menjalankan franchise perusahaan Indomaret. Dengan menjalin kerjasama di bidang ini, pembeli franchise bisa mendapatkan banyak manfaat seperti berikut:
  • Transfer pengetahuan. Akan ada banyak pengetahuan baru mengenai bisnis minimarket modern. Pembelajaran dilakukan secara langsung dengan menjadi pelaku bisnis itu sendiri.

  • Bergabung dengan brand yang telah dikenal banyak orang. Indomaret termasuk pionir dalam bidang ritel minimarket. Jaringan distribusinya sangat luas di Indonesia, sehingga banyak yang mengenal dan mencarinya.

  • Tidak perlu branding. Sebab, Indomaret telah memiliki otoritas jelas. Pebisnis pemula bisa menggunakan waktunya untuk keperluan lain. Jaringan promosinya juga luas, sebab Indomaret telah memiliki promosi tingkat nasional sebelumnya.

  • Menemukan potensi pasar. Akan ada bantuan untuk melakukan survei lokasi. Sehingga dapat meningkatkan wawasan seputar potensi serta strategis tidaknya sebuah lokasi.

  • Tidak bersifat full time. Dengan dukungan terkait sistem operasional yang sudah terintegrasi, investor tidak harus terlibat secara penuh waktu. Operasional toko masih bisa berjalan tanpa perlu meninggalkan pekerjaan sebelumnya.

  • Banyak peluang berkembang. Investor tidak saja bisa memiliki satu toko, bahkan lebih dari itu dengan intensitas kesibukan yang serupa dan bisa diatur.

  • Lebih minim resiko. Sebab, sudah dilakukan perencanaan matang sebelumnya. Dimulai dari survei lokasi, pembukaan, kecepatan distribusi, kelengkapan barang, hingga dukungan terhadap manajemen toko. Dengan demikian, investor dapat meminimalisir kemungkinan rugi.

2. Kerugian franchise Indomaret

Selain keuntungan, tentu juga ada sisi lemahnya. Berbisnis franchise Indomaret pun memiliki kerugian, meski bukan sesuatu yang signifikan. Berikut adalah beberapa kelemahan yang terdapat pada jenis usaha ini:
  • Biaya yang cukup besar untuk karyawan. Ketentuan Indomaret juga mencakup upah minimum karyawan. UMR semakin meningkat, demikian pula besarnya biaya yang wajib dikeluarkan untuk membayar gaji para karyawan Indomaret.

  • Persaingan yang bertambah ketat. Semakin banyak orang yang tahu tentang waralaba Indomaret ini karena tertarik dengan peluangnya yang menjanjikan. Hal ini berarti, persaingannya semakin ketat.

  • Tetap terkena pajak walaupun merugi. Pebisnis franchise telah mematuhi pajak penghasilan 1% dari omzetnya. Namun, apabila profit dari gerai tersebut kecil, fixed cost tetap tidak berkurang. Pelaku bisnis masih diwajibkan membayar pajak sesuai ketentuan awal.

  • Barang promo bisa diborong oleh konsumen. Seringkali, konsumen langsung membeli barang-barang promo berjumlah banyak. Padahal, umumnya barang promo dijual rugi.

  • Biaya sewa yang naik. Harga sewa kerap kali bertambah tinggi. Ini akan membutuhkan perhatian khusus, karena harga sewa dapat mempengaruhi penghasilan dari gerai tersebut.

Harga Franchise Indomaret

Syarat sudah terpenuhi, kelebihan serta kekurangan waralaba Indomaret juga telah diketahui. Berikutnya juga perlu memahami berapa biaya untuk membeli waralabanya. Franchisee perlu menyediakan biaya investasi sekitar 494 juta. Angka tersebut masih belum termasuk sewa bangunan. Rincian biayanya seperti berikut:
  • Franchise fee lima tahun besarnya 36 juta.

  • Renovasi serta tambahan daya untuk listrik 221.5 juta, disesuaikan kondisi bangunannya.

  • Promosi hingga persiapan membuka Indomaret besarnya 9.5 juta.

  • Alat-alat elektronik maupun nonelektronik sebesar 227 juta, menyesuaikan tipe toko.
Namun, bila Anda hendak mengambil alih (takeover) Indomaret dari mitra lamanya, biayanya akan lebih kecil. Minimal perlu menyediakan biaya 150 sampai 200 juta. Nominal tersebut sudah termasuk biaya untuk lisensi, dibayarkan ketika masa kontrak (sekitar lima tahun).

Cara Daftar Franchise Indomaret

Apabila telah memenuhi berbagai persyaratan yang berlaku, tahap selanjutnya adalah mengetahui alur untuk mendapatkan waralabanya. Berikut ini adalah beberapa tahap untuk menjalin kerjasama franchise:

1. Presentasi Awal

Agar presentasi berjalan efektif kemudian bisa segera ditindaklanjuti, terwaralaba yang telah memiliki usulan tempat usaha diharuskan membawa dokumen pendukung. Beberapa di antaranya yakni fotokopi sertifikat bangunan, KK, KTP, IMB, SIUP, denah lokasi, dan lain-lain.

Baca persyaratan selengkapnya melalui situs resmi Indomaret atau menghubungi langsung. Dalam presentasi yang pertama ini, ada penjelasan detail seputar mekanisme kerjasama, besaran investasi, keuntungan setiap bulan, hingga sistem operasional tokonya.

2. Presentasi Kedua

Di sini akan dilaporkan hasil dari survei kelayakan serta RAB yang kemudian mengarah ke besaran investasi. Biasanya dilanjutkan dengan menandatangani nota kesepakatan, disebut juga MoU.

Dalam nota ini terdapat butir-butir mengenai pembagian tugas pihak Indomaret serta terwaralaba. Ini meliputi persiapan untuk membuka toko, membeli peralatan, renovasi bangunan, termin pembayaran, hingga training karyawan.

3. Pembukaan Toko

Terakhir setelah seluruh item kesepakatan berhasil direalisasikan, toko sudah siap dibuka menggunakan program promosi dari Indomaret. Sebelum tokonya buka, franchise akan diminta menandatangani surat perjanjian untuk menjalankan waralaba selama lima tahun.

Demikian informasi tentang franchise Indomaret, bisnis yang menjanjikan dengan banyaknya jumlah pelanggan. Sebagai penyedia berbagai kebutuhan, Indomaret akan selalu dicari. Dengan pemilihan lokasi strategis serta kualitas layanan yang terjaga, pelanggan akan senantiasa berdatangan. Bagaimana apakah Anda tertarik?.