Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3+ Rekomendasi Franchise Laundry Sepatu di Indonesia

 Rekomendasi Franchise Laundry Sepatu di Indonesia - Di era modern seperti ini, banyak masyarakat Indonesia yang ingin serba mudah dan cepat.

Salah satunya adalah mengenai laundry sepatu. Sehingga banyak orang yang lebih memilih mencuci sepatu dengan menggunakan laundry sepatu dibanding cuci sepatu sendiri.

Alasan selanjutnya adalah mengenai gaya hidup masyarakat Indonesia yang makin tinggi sehingga menuntut industri franchise laundry sepatu ini harus terus berinovasi.

Rekomendasi Franchise Laundry Sepatu di Indonesia
Rekomendasi Franchise Laundry Sepatu di Indonesia

Kemudian karena membersihkan sepatu ini membutuhkan keterampilan khusus, dan juga cukup sulit untuk membuat sepatunya kembali bersih seperti baru.

Sehingga peluang franchise laundry sepatu ini terbuka begitu luas. Karena permintaan pasar yang tinggi walaupun masih dalam kondisi pandemi sekalipun.

Apa itu Franchise Laundry Sepatu

Pengertian franchise adalah lisensi atau hak jual yang diberikan kepada seseoarang ataupun kepada kelompok untuk memasarkan produk bisa berupa barang ataupun jasa. 

Dalam dunia franchise, biasanya ada istilah franchisor. Pengertian franchisor adalah seseorang atau suatu perusahaan yang memiliki dan juga menjual merek dagang dan juga sistem yang sudah berjalan. Sehingga mendapatkan royalti dari apa yang sudah dikerjakan.

Baca juga Nama Usaha Cuci Sepatu Aesthetic

Peluang Usaha Franchise Laundry Sepatu

Usaha ini tidak hanya mengenai cuci mencuci. Biasanya dalam usaha ini ada beberapa layanan. Seperti layanan untuk perbaikan sepatu, merekatkan kembali midsole atau outsole sepatu yang sudah rusak.

Selama kebutuhan sepatu branded dan gengsi masih sangat tinggi dikalangan masyarakat Indonesia, maka usaha franchise laundry sepatu ini bersifat jangka panjang. Malahan memiliki potensi keuntungan yang sangat besar.

Seperti yang kita ketahui, bahwa banyak orang yang tidak hanya memiliki satu pasang sepatu. Biasanya masyarakat sekarang punya 3 hingga 5 pasang sepatu.

Terlebih lagi, kemarin Indonesia sempet ada tren koleksi sepatu lari dan sepatu sneaker untuk kalangan anak muda dan orang dewasa.

Beberapa merek sepatu branded yang paling dicari adalah Nike, Converse, Ventela, dan yang lainnya. Bahkan mereka rela mengeluarkan uang hingga belasan juta rupiah untuk mendapatkan brand-brand tersebut.

Sepatu branded tersebutlah membutuhkan perawatan yang lebih. Dan dari situlah peluang franchise laundry sepatu berperan.

Cara Memulai Usaha Franchise Laundry Sepatu

Cara Memulai Usaha Franchise Laundry Sepatu
Cara Memulai Usaha Franchise Laundry Sepatu

Memulai usaha laundry sepatu tidak sulit, tapi tidak berarti tidak membutuhkan penyiapan yang masak. Anda pasti tidak mau bukan, beberapa modal yang dikeluarkan tidak memberi hasil yang diharap?

Untuk itu, tidak boleh menyia-nyiakan peluang bagus ini. Sekurang-kurangnya, beberapa hal ini bisa saja pemikiran Anda untuk mengawali usaha jasa laundry sepatu.

Pada intinya, jika temen-temen memang ingin memulai usaha franchise laundry sepatu, ternyata tidak hanya modal. Namun juga keahlian temen-temen serta pengetahuan perihal peralatan shoe and care.

Untuk perawatan warna sepatu branded, kamu engga bisa hanya mengandalkan alat sikat dan juga sabun colek. Karena pastinya, ada sikat dan juga sabun khusus untuk merawat sepatu branded.

Baca juga Alat dan bahan untuk membuka laundry sepatu

Seperti ada sabun deterjen khusus yang diperuntukan untuk bahan kulit suede dan juga bahan kulit. 

Karena beberapa bahan pembersih memiliki akndungan seperti cuka yang berfungsin untuk menghilangkan noda yang ada di sepatu.

Kemudian cairan pembersih dan juga sikat khusus. Biasanya franchise laundry sepatu juga membutuhkan alat mesin pengering. Karena engga semua bahan sepatu yang cocok untuk dikeringkan dibawah sinar matahari secara langsung.

Jika kamu salah cara mengeringkan, maka warna yang ada pada sepatu bisa memudar.

Memulai usaha laundry sepatu tidak sulit, tapi tidak berarti tidak membutuhkan penyiapan yang masak. Anda pasti tidak mau bukan, beberapa modal yang dikeluarkan tidak memberi hasil yang diharap?

Untuk itu, tidak boleh menyia-nyiakan peluang bagus ini. Sekurang-kurangnya, beberapa hal ini bisa saja pemikiran Anda untuk mengawali usaha jasa laundry sepatu.

1. Mempunyai Perbekalan Pengetahuan Menjaga Sepatu

Jika kamu memang berniat untuk menjalankan usaha franchise laundry sepatu. Biasanya, pemilik usaha laundry sepatu dilandasi oleh profile sebagai seorang kolektor sepatu. Dengan demikian, wacana berkenaan bagaimanakah cara menjaga sepatu juga lebih dimengerti secara baik. Pasti, sebagai seorang yang pahami bagaimanakah cara lakukan pemeliharaan pada barang kegemarannya, jasa yang diberi dalam usaha yang dijajakan juga tidak asal-asalan.

Hal ini memungkinkan didalami. Jika Anda belum terlampau eksper, tidak boleh sangsi untuk cari info bahkan juga ikuti pelatihan shoe cleaning yang hendak benar-benar berguna. 

Jika ingin mengusung pegawai juga, yakinkan jika ia memiliki pengetahuan yang bagus pada sepatu, dimulai dari tipe dan personalitasnya sampai tindakan yang pas untuk tiap tipe sepatu yang diatasi.

2. Pilih Bahan dan Alat yang Sesuai

Tips selanjutnya jika kamu memang ingin menjalankan usaha franchise laundry sepatu. Pembersih yang dipakai pasti bukan detergent asal-asalan. Kembali lagi, penyeleksian ini benar-benar dilandasi oleh tiap tipe sepatu yang hendak ditangani. Salah sedikit saja, resiko kerusakan atau kecacatan sepatu tidak terhindar.

Pun begitu dengan beberapa alat pencuci dan mesin pengering yang diperlukan. Harus dipahami, tidak seluruhnya tipe sepatu dapat dibikin bersih memakai mesin automatis. 

Beberapa sepatu memerlukan perawatan dengan manual untuk selalu jaga keadaan terbaik. Bahkan juga cukup banyak juga proses laundry untuk sebuah sepatu memerlukan waktu sampai perhitungan minggu.

3. Memakai Taktik Marketing yang Pas dan Efektif

Memakai Taktik Marketing yang Pas dan Efektif
Memakai Taktik Marketing yang Pas dan Efektif

Dalam sebuah usaha, marketing sebagai komponen yang berperanan penting untuk capai sasaran komersil yang diharap. Ini berlaku untuk semua tipe usaha baik yang bertaraf besar atau kecil.

Secara umum, watak sasaran customer usaha ini sebagai beberapa orang yang cukup terbaru dengan info.

Berdasarkan keadaan ini, Anda bisa juga lebih detil tentukan taktik marketing yang lebih efisien. Selainnya memakai sosial media, Anda bisa juga menebar edaran ke daerah yang mempunyai potensi. 

Seperti teritori universitas, tempat kamar kos karyawan umur dewasa muda, dan lain-lain. Jika memungkinkannya, Anda dapat juga manfaatkan service SMS broadcast dengan filter sama sesuai fragmen yang diharapkan.

4. Mendatangkan Nilai Lebih dalam Servis

Jika Anda bukan pemain inti dalam usaha laundry sepatu di daerah yang diperkirakan, karena itu penting untuk menambah nilai lebih dari servis yang diberi. Pasti untuk merealisasikannya, Anda agar lebih dahulu lakukan analitis.

Nilai lebih yang dijajakan tidak harus berbentuk harga yang tambah murah dibanding pesaing. Sedapat mungkin, janganlah sampai karena hanya memburu harga terjangkau Anda lalu kurangi kualitas yang semestinya. Sebagai ganti rugi, Anda dapat memberi service antar-jemput sepatu, diskon untuk konsumen setia baru dan setia, dan sebagainya.

Potensi Keuntungan Usaha Laundry Sepatu Indonesia

Di tanah air, salah satunya pebisnis sukses yang telah menekuni lama di bagian laundry sepatu ialah dr.Tirta Mandira Hudhi, pemilik sekalian pengurus usaha Shoes and Care (SAC) yang domisili di Yogyakarta.

Dokter yang sering tampil di tv ini tawarkan beberapa paket perawatan sepatu seperti; cleaning, special treatment, deep cleaning untuk sepatu wanita, unyellowing package, reglue dan repair, repaint, leather care, sampai perawatan untuk topi/snapback (topi).

Untuk harga, paket jasa laundry sepatu punya dr.Tirta dijajakan dimulai dari Rp 30 ribu sampai Rp 150 ribu.

Bila dalam satu hari Shoes and Care dapat datangkan 20 pasang sepatu saja, karena itu kekuatan keuntungan usahanya dapat capai Rp tiga juta satu hari.

Menarik, kan? Tidaklah aneh banyak investor yang ingin berpartner dengan franchise laundry sepatu karena kesempatan upayanya lumayan menjanjikan.

Tertarik jadi partner usaha ? Yok baca referensi franchise laundry sepatu Indonesia berikut!

4 Rekomendasi Franchise Laundry Sepatu Indonesia

1. Dr. Shoes

Rekomendasi franchise laundry sepatu yang pertama ada Dr. Shoes. Dr Shoes memprioritaskan kepuasan customer dan berani menukar ongkos pembaruan jika customer tidak sreg dengan hasilnya. Dr.Shoes yang datang dari Yogyakarta ini tawarkan dua paket kerja sama. Pertama, paket mini sebesar Rp 35 juta.

Sarananya meliputi pemakaian merk usaha sepanjang 3 tahun, perlengkapan kerja, bahan pencuci, branding, dan training.

Ke-2 , paket reguler dengan nilai Rp 70 juta dengan periode kerja sama lima tahun. Sarananya sama dengan paket mini, ditambahkan booth dan peralatannya. Franchisee cukup mempersiapkan tempat memiliki ukuran 3×3 m² dan dua pegawai.

Dr Shoes tawarkan service bersihkan sepatu, tas pembaruan, dan pengecatan ulangi dengan biaya mulai Rp 20.000 sampai Rp 120.000.

Kerja sama Dr Shoes menetapkan ongkos management sekurangnya 10% dari omset sama waktu balik kurang dari 1 tahun. Dengan catatan, gerai dapat layani 10-14 pasang sepatu sehari-harinya.

2. The Quick Clean

The Quick Clean ialah franchise jasa bersihkan tas dan sepatu yang dari kota Solo. Saat ini usaha ini telah banyak datang di beberapa kota besar seperti Semarang, Surabaya, Yogyakarta, sampai Bekasi.

The Quick Clean mengangkat moto "bersihkan tas dan sepatu konsumen setia 25-30 menit saja" untuk memperoleh hati warga yang ingin jalan keluar cepat dan praktis.

Paket kerja sama mereka dibanderol dimulai dari RP 75 juta sampai Rp 80 juta. Sarana yang dijajakan juga meliputi beberapa alat perawatan sepatu, booth, TV LCD, dan pengiringan stabil.

3. Shoebible

Usaha franchise laundry sepatu
Usaha franchise laundry sepatu

Usaha franchise laundry sepatu ini berawal pada tahun 2014 dan berada di Pasar Santa, Jakarta Selatan.

Ada dua paket yang ditawari untuk calon partner, yakni; Paket Reguler sejumlah Rp 15 juta -Rp 20 juta dan Paket Exclusive sejumlah Rp 45 juta-Rp 60 juta.

Partner usaha akan memperoleh sarana mesin pencuci, mesin pengering, bahan baku washer, Shoebag, dan cleaning kit seperti sikat dan microfiber.

Bila kamu tertarik terjun jadi franchisee laundry sepatu ini, kamu diberi training dari Shoebible langsung dan alat promo dan kartu nama.

Untuk paket reguler, Shoebible memberi mekanisme kerja-sama agen . Maka kamu tak perlu buka gerai, cukup jadi turun off desk atau titipan jasa bersihkan sepatu dari pusat.

Menariknya kembali, usaha franchise laundry sepatu Shoebible tidak diambil royalty fee. Cuman ada mekanisme untuk hasil dengan jatah 70% untuk partner dan 30% untuk pusat.

4. Mysolecase

Ingin menekuni usaha franchise laundry sepatu dengan bujet kurang?

Mysolecase bisa saja opsi oke dengan paket investasi Rp 10-15 juta saja!

Paket usaha mereka telah meliputi sarana seperti media promo, branding kit, seragam pegawai dan cleaning kit sepatu.

Mekanisme kerja sama ini berlaku untuk periode kerja setahun. Bila partner memilih untuk memperpanjangnya, kamu cukup bayar ongkos franchise fee sejumlah 70% dari investasi awalnya.

Partner usaha harus beli sabun bersihkan sepatu merk Mysolecase dengan minimum order 10 botol atau sekitaran Rp 1 juta.

Usaha waralaba jasa laundry Mysolecase tawarkan service cleaning, repair dan recolour sepatu dengan range harga dimulai dari Rp 25 ribu sampai Rp 100 ribu.

Itu ia 4 referensi usaha franchise laundry sepatu Indonesia yang dapat kamu tentukan.

Penutup

Itu dia beberapa tips dan rekomendasi franchise laundry sepatu. Dan juga tips menjalankan bisnis cuci sepatu ini. Terima kasih sudah berkunjung di website barangku dan sudah membaca artikel ini. 

Post a Comment for "3+ Rekomendasi Franchise Laundry Sepatu di Indonesia"