Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Menjalankan Bisnis Rice Bowl Rumahan

Bisnis ric bowl rumahan - Bisnis bidang kuliner bisa dibilang sebagai bisnis yang tak akan lekang oleh waktu. Selain karena manusia membutuhkan asupan makanan setiap harinya, eksperimen-eksperimen yang dilakukan oleh seseorang di dapur bisa saja membuat satu trend baru di kalangan pecinta kuliner. Salah satu hasil dari eksperimen tersebut adalah dengan lahirnya rice bowl.

Rice bowl merupakan hidangan yang memiliki rupa seperti namanya, yaitu nasi yang dihidangkan di mangkuk. Namun tentunya tak hanya beranggotakan nasi, rice bowl ini juga dilengkapi dengan lauk yang bermacam-macam, seperti potongan daging, sayur, dan sebagainya. 

Nasi yang dipakai di rice bowl juga tak hanya nasi putih, tapi juga bisa memakai nasi uduk atau nasi kuning. Bisnis rice bowl ini masih terbilang relevan hingga kini karena peminatnya juga masih tinggi. Apabila anda tertarik menjalankan bisnis ini, mari simak tips-tips menjalankan bisnis rice bowl rumahan.

Alasan Menjalankan Bisnis Rice Bowl Rumahan

Mungkin dari beberapa pembaca artikel ini bertanya-tanya. Kenapa harus menjalankan bisnis ini? Apakah akan ada pasar nya?

Alasan yang pertama tentunya untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan tersebut. Lalu yang kedua adalah untuk memenuhi permintaan pasar. Karena bisnis rice bowl ini merupakan salah satu bisnis makanan yang saat ini sedang banyak di bicarakan. Sehingga banyak orang yang penasaran dengan makanan yang satu ini.

Sehingga dari situ kita mengetahui, bahwa bisnis makanan ini bisa dijadikan sebuah peluang bisnis yang menguntungkan. Terlebih lagi masih sedikit orang yang menjalankan bisnis ini. Sehingga masih sangat sedikit pesaing kamu.

Baca juga Cara Jualan di Amazon

Lalu apakah ada pasar penjualannya?

Tentunya ada.Karena pendapat saya pribadi bahwa masyarakat kita ini salah satu masyarakat yang memiliki rasa pensasaran yang sangat tinggi. Tidak terkecuali mengenai makanan.

Nah mungkin karena makanan rice bowl rumahan ini terbilang makanan yang murah dan trend. Pasti banyak masyakarat Indonesia yang akan membeli makanan tersebut.

Bisnis Rice Bowl Rumahan

Tips Menjalankan Bisnis Rice Bowl Rumahan
Tips Menjalankan Bisnis Rice Bowl Rumahan

Tips menjalankan bisnis rice bowl rumahan, tentunya anda harus memastikan bahwa tempat kerja anda memenuhi standar minimal suatu usaha. Tak perlu sampai mengantongi izin pemerintah, tapi cukup dengan memastikan bahwa rumah anda nyaman, bersih, serta memiliki ruang yang cukup untuk anda memproduksi makanan tanpa mengganggu atau diganggu kegiatan rumah lain.

1. Tentukan Tema

Walaupun anda tak perlu pusing lagi memikirkan ide bisnis karena anda sudah memilih untuk membuka bisnis rice bowl, setidaknya anda harus mempunyai tema untuk bisnis rice bowl anda. Tema bisnis akan membantu anda untuk fokus membuat menu yang sesuai dengan apa yang ditawarkan. 

Dengan begitu anda juga akan lebih mudah untuk memilih bahan baku dan menghitung modal yang diperlukan. Tentukanlah menu yang anda akan tawarkan secara spesifik agar berbeda dari usaha yang serupa, seperti memilih isian atau pelengkap apa yang anda berikan di rice bowl anda.

Di tahap ini, anda juga bisa menentukan apakah usaha rice bowl anda ini mempunyai konsep dine in atau hanya sekedar take away. Persiapkan tema dan konsep secara matang agar usaha anda tidak "mandek" di tengah jalan.

2. Tentukan Anggaran

Jika tema bisnis sudah terpikirkan, maka anda bisa mulai menghitung budget yang dibutuhkan. Mulai persiapkan dengan betul-betul peralatan dan bahan yang anda butuhkan untuk usaha anda. Ada baiknya anda memprioritaskan budget anda kepada alat-alat dapur dan bahan baku masakan terlebih dahulu.

Menentukan anggaran juga membantu anda untuk memperkirakan harga satu porsi rice bowl anda. Jangan patok harga yang terlalu tinggi atau terlalu rendah, tapi selaraskan dengan kualitas yang diberikan. Konsumen tentu akan lebih memilih sesuatu yang memiliki harga yang masuk akal.

Baca juga Kiat Sukses Usaha Dagang Agar Tetap Bertahan

3. Memilih Lokasi

Pemilihan lokasi yang tepat memang merupakan salah satu inti dari membangun usaha. Terlepas dari konsep take away atau dine in, memiliki lokasi yang strategis akan sangat mendukung usaha anda. Jika anda hanya menjalankan bisnis rice bowl untuk take away, maka anda harus memastikan bahwa rumah anda mudah untuk dicapai oleh konsumen ataupun pegawai delivery. Jika anda memilih konsep dine in, maka anda juga harus mempertimbangkan luas lahan agar mampu menampung konsumen.

4. Melakukan Promosi

Sebagai bisnis kuliner yang masih berkembang, anda harus pintar-pintar dalam melakukan promosi usaha rice bowl ini. Buatlah branding seperti nama dan logo yang menarik perhatian konsumen. Kegiatan promosi untuk bisnis rice bowl biasanya berkutat pada promosi online sehingga anda harus cermat dalam menggunakan media sosial. 

Baca juga Ide Bisnis Sampingan Untuk Wanita

Namun, promosi offline juga tak boleh diremehkan. Sebarkan brosur atau selebaran tentang usaha anda sebaiknya hingga jarak beberapa kilometer dari tempat anda. Biasanya orang tertarik untuk memesan makanan secara online yang lokasinya dekat dari tempat mereka untuk menghemat waktu dan ongkos antar.

Penutup

Melihat tren kuliner yang kian berkembang, bisnis makanan seperti rice bowl ini bisa anda pertimbangkan. Mempunyai konsep yang unik dan menarik tentu akan meningkatkan nilai jual dari usaha rice bowl anda. 

Mungkin itu saja artikel yang bisa penulis barangku sajikan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca website barangku.id ini. Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk menjalankan bisnis ini?