Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjalankan Usaha Jasa Ketik Yang Menjanjikan

Menjalankan usaha jasa ketik yang menjanjikan - Dengan semakin banyaknya kebutuhan dokumen digital daripada dokumen tertulis pada zaman sekarang, membuat orang-orang banyak yang mencari jasa ketik. Selain karena tak semua orang mempunyai kemampuan dan sarana untuk mengetik, dokumen yang menumpuk juga menjadi faktor yang mendorong orang-orang untuk menggunakan jasa ketik agar beban pekerjaan mereka menjadi lebih ringan.

Bagi kamu yang terbiasa mengetik, membuka usaha jasa ketik bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin mendapat komisi tambahan. Selain jam kerja yang fleksibel, jasa ketik kini juga tak terbatas hanya dilakukan melalui komputer saja, tapi juga bisa melalui smartphone. 

Namun sebelum memulai jasa mengetik, ada beberapa hal yang harus diketahui sebelumnya agar usaha jasa ketik bisa memberikan hasil maksimal.

Tips Memulai Usaha Jasa Ketik

Menjalankan usaha jasa ketik
Menjalankan usaha jasa ketik

 1. Sarana Mengetik

Sebelum memulai usaha jasa mengetik, hal yang harus menjadi pertimbangan saat pertama kali adalah sarana mengetik. Sarana yang dimaksud disini tentunya adalah perangkat yang nantinya akan digunakan untuk proses pengetikan. 

Walaupun kamu bisa menggunakan smartphone untuk mengetik dokumen, menggunakan komputer akan lebih baik karena fitur yang tersedia akan lebih banyak sehingga kamu bisa mengetik lebih luwes.

Baca juga Rekomendasi Supplier Peralatan Kecantikan

Selain perangkat menulis, kamu juga harus mempertimbangkan tambahannya. Tambahannya bisa berupa koneksi internet agar kamu bisa mencari referensi lebih banyak. Kalau kamu ingin investasi lebih, kamu bisa membeli scanner dan printer juga. 

Tapi jika jasamu hanya melayani pengetikan saja, laptop dan koneksi internet sudah cukup kok.

2. Mempertimbangkan Resiko

Kamu harus tetap berhati-hati karena usaha jasa ketik tak lepas dari yang namanya resiko. Banyaknya dokumen yang harus dikerjakan membuat kamu harus bekerja ekstra agar bisa memenuhi kebutuhan konsumen. 

Jika ada konsumenmu yang menginginkan dokumen resmi, tentunya kamu harus menggunakan kata yang formal serta ejaan yang sesuai EYD.

Baca juga Peluang Kerja Online Tanpa Modal Untuk Pelajar

Hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi resiko kesalahan adalah mengecek berulang dokumen yang kamu kerjakan agar bebas dari typo, kata tidak baku, dan masalah lainnya. Kamu bisa menggunakan fitur autocorrect dan juga website pemeriksa ejaan untuk membantu kamu memeriksa dokumen ketikanmu.

3. Media Promosi

Sebuah usaha tentunya tak akan berjalan dan dikenal luas jika tak ada media promosi. Melakukan promosi sekarang sudah semakin mudah berkat adanya media sosial. Kamu tinggal membuat akun khusus promosi jasa ketikmu dan menyesuaikan promosi sesuai dengan target pasarmu.

Jika kamu mempunyai kemampuan dan budget berlebih, kamu juga bisa membuat situs resmi khusus usahamu itu. Kamu berkesempatan mendapat uang tambahan dengan menyisipkan iklan atau melakukan Afiiliate Marketing di website yang kamu buat.

4. Menjaga Engagement dengan Konsumen

Sebuah usaha bisa dihitung sukses dan berjalan lancar apabila usaha tersebut memiliki banyak pelanggan. Maka dari itu, dalam menjalankan usaha jasa ketik ini kamu harus memprioritaskan kepuasan pelanggan terhadap layanan yang kamu berikan sebab keuntungan yang kamu dapat akan bergantung pada mereka. 

Selalu berikan service yang baik agar konsumen datang kembali menggunakan jasamu. Jika kamu menawarkan kepada konsumen bahwa dokumen mereka akan siap dalam periode tertentu, maka kamu juga harus menyelesaikan dokumen tersebut sesuai periode yang sudah disepakati. 

Baca juga Ide Bisnis Untuk Pelajar SMK

Tambahan untuk menarik pelanggan adalah dengan memberikan harga khusus kepada konsumen jika mereka meminta pengerjaan dokumen dalam jumlah tertentu.

Sekian tips-tips yang bisa kami berikan untuk memulai jasa ketik dokumen. Walau nanti akan ada rintangan dalam usahamu, jika kamu mengerjakannya dengan bersungguh-sungguh niscaya usahamu akan sukses dan berbuah manis.