Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3+ Ide Bisnis Untuk Pelajar SMK

Ide bisnis untuk pelajar SMK - Bisa menghasilkan uang sendiri selagi masih sekolah kedengarannya hebat. Selain meringankan pengeluaran orang tua, mendapat uang dengan hasil jerih payah sendiri bisa membuat kita seorang pelajar lebih hemat dalam membelanjakan uang yang kita miliki karena kita tahu usaha dibalik uang tersebut. 

Kali ini, kami akan membahas usaha dan bisnis yang cocok dikerjakan oleh para pelajar dan juga menguntungkan.

Ide Bisnis Untuk Pelajar SMK 

Ide Bisnis Untuk Pelajar SMK
Ide Bisnis Untuk Pelajar SMK 

1. Berjualan ATK

Siapa yang sering kehilangan pulpen di sekolah? Hal tersebut memang membuat jengkel dan uang saku kita jadi habis untuk membelinya lagi. Alat Tulis Kantor masih banyak dicari oleh para pekerja kantoran dan pelajar meski sekarang pekerjaan dan pembelajaran dilakukan secara daring. 

Maka dari itu, berjualan ATK bisa menjadi pilihan kamu untuk mendapat uang jajan tambahan. Kamu bisa membeli ATK secara grosir yang tentu harganya akan lebih murah dan menjualnya secara eceran, yang dimana harganya akan sedikit lebih tinggi dari harga jual grosir. 

Baca juga Rekomendasi Supplier Alat Rumah Tangga di Shopee

Akan lebih baik menyuruh temanmu membeli ATK darimu daripada kamu meminjamkannya lalu hilang, bukan?

2. Berjualan Snack

Bagi pelajar, jajan adalah suatu kebutuhan yang harus dipenuhi. Para pelajar biasanya akan menggunakan uang sakunya untuk membeli jajanan seperti snack. 

Nah, kegiatan jajan ini bisa kamu manfaatkan untuk mendapat untung. Kamu bisa membeli snack dalam jumlah besar yang kemudian kamu kemas lagi dalam ukuran lebih kecil lalu menjajakannya ke teman-temanmu. 

Baca juga Tips Memulai Bisnis Online Untuk Anak Sekolah

Beri harga yang bersahabat agar mereka membeli terus darimu. Tambahan lagi, jangan menerima hutang kalau kamu tidak mau rugi.

3. Menjadi Reseller

Ide bisnis untuk pelajar smk yang selanjutnya adalah menjadi seorang reseller. Jika kamu tidak punya modal namun ingin tetap berjualan, kamu bisa memilih menjadi seorang reseller atau dropshipper. Jika kamu menjadi reseller, kamu tidak perlu repot menyiapkan barang dagangan karena barang yang akan kamu jual adalah barang yang kamu beli dari orang lain.

Kamu bisa memilih supplier produk yang sedang trending, terpercaya, dan memberikan harga yang bersahabat agar penghasilanmu maksimal.

4. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing juga cocok untuk kamu yang bisa mengolah kata-kata dengan baik. Sebab seorang yang menggeluti Affiliate Marketing harus pintar-pintar dalam mempromosikan produk mitra mereka. Carilah mitra yang benar-benar terjamin dan bukan mitra 'bodong'. 

Baca juga Keuntungan dan Kerugian Bisnis Reseller

Bekerja dalam Affiliate Marketing juga hanya mengharuskan kamu untuk mengiklankan produk mitra saja, dan kamu bisa mendapat uang setiap kali ada transaksi dari produk yang kamu iklankan.

5. Sewa dan Jual Alat Sekolah

Yang satu ini bisa dilakukan apabila kamu merasa punya barang perlengkapan sekolah yang kondisinya masih bagus tapi sudah jarang digunakan. Cukup banyak orang yang lebih senang menyewa alat-alat sekolah seperti seragam daripada membelinya. Kamu juga bisa menjual alat-alat sekolah yang sekiranya sudah tidak kamu pakai. Selain mendapat uang, dengan begini kamu juga bisa bersih-bersih rumah.

6. Agen Pulsa dan Kuota

Ide bisnis untuk pelajar yang terakhir adalah dengan menjadi agen pulsa atau kuota. Sistem pembelajaran daring mengharuskan para siswanya untuk terhubung dengan internet guna mengakses kelas. 

Kuota yang habis tentu akan membuat siswa tak bisa lagi menghadiri kelas. Agen pulsa dan kuota pun bisa menjadi peluang kamu untuk berbisnis. Bisnis kamu juga tak hanya terbatas pada isi pulsa atau kuota karena kamu juga bisa berjualan item game, gift card, hingga bayar listrik dan air.

Berbisnis selagi belajar tentunya sangat diperbolehkan, asal tidak mengganggu waktu dan tanggung jawab kita sebagai seorang pelajar. Siapa tahu, dari berbisnis sejak sekolah nantinya kamu bisa menjadi pebisnis yang sukses dan bisa membuka lapangan pekerjaan.