Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memulai Bisnis Roti 1000an Untuk Pemula

Pernah dengar roti 1000an? Ya, seperti namanya, bisnis roti 1000an adalah roti yang dijual dengan kisaran harga Rp1.000. Wah, kok bisa, makanan bermodal tinggi tersebut dijual dengan harga Rp1.000? Memangnya untung?

Jawabannya: tentu untung! Dijual dengan harga Rp1.000, pembuat roti 1000an tidak perlu selalu menggunakan bahan-bahan berkualitas sama seperti roti biasa. Meskipun begitu, mereka tetap berkomitmen menjaga kualitas roti 1000an. Dengan harga murah, porsi pas, dan rasa yang tetap enak, peminat roti 1000an tidak akan habisnya.

Hal ini menjadikan roti 1000an sebagai ide bisnis kuliner yang cocok bagi baker pemula. Dalam artikel ini, kamu akan menemukan kiat-kiat memulai bisnis roti seribuan yang akan bermanfaat jika kamu berniat untuk berkecimpung di usaha kuliner rumahan ini.

Penasaran? Yuk, simak pembahasannya!

Cara Memulai Bisnis Roti 1000an

Cara Memulai Bisnis Roti 1000an
Cara Memulai Bisnis Roti 1000an

Analisis peluang usaha roti rumahan

Menganalisis peluang usaha jadi langkah awal yang penting dilakukan. Meski kemungkinan, kamu akan memulai bisnis roti 1000an dalam skala kecil, analisis peluang usaha tetap dibutuhkan sebagai panduan.

Baca juga Tips Cara Bisnis Thrift Shop Via Alibaba

Perhatikan poin-poin berikut ini untuk menilai baik-tidaknya prospek usaha roti rumahan di daerahmu.

  • Berapa banyak peminat roti seribuan di sekitarmu?
  • Berapa banyak usaha saingan yang ada di sekitarmu?
  • Bagikan tester dan minta umpan balik dari calon pangsa pasarmu
  • Tentukan kriteria yang akan membuat usahamu stand out; kualitasnya? Harganya? Varian rasanya?

Tentukan budget dan varian rasa

Memulai bisnis roti 1000an seharusnya tidak membutuhkan budget yang terlalu besar. Pasalnya, untuk bisa menghasilkan keuntungan, sebagian besar pengusaha roti 1000an menggunakan bahan-bahan kualitas dua.

Misalnya, kamu bisa memperbanyak ragi sebagai pengganti telur untuk membuat roti tetap mengembang. Isiannya pun tidak perlu menggunakan isian asli atau isian yang terlalu banyak.

Baca juga Usaha yang Bagus Untuk Jangka Panjang

Yang perlu diingat, meski menggunakan bahan-bahan kualitas dua, kamu perlu menjaga kualitas daganganmu. Di sinilah kreativitasmu bakal diuji; bagaimana cara menghasilkan roti berkualitas tinggi dengan bahan kualitas dua?

Selain itu, kamu juga perlu menentukan varian rasa. Banyaknya varian rasa akan berpengaruh pada besar-kecilnya budget yang kamu butuhkan. Ada baiknya kamu menyediakan rasa basic seperti cokelat dan keju, rasa modern seperti pizza dan sosis, serta varian rasa lainnya sesuai hasil survei pasar.

Tentukan tempat berjualan

Hal yang tak kalah penting dalam merencanakan bisnis roti seribuan adalah menentukan tempat berjualan. Kamu bisa memulainya di rumah karena bisnis ini cocok dilakukan di wilayah pemukiman.

Baca juga Strategi Membangun Bisnis Jangka Panjang

Saat usahamu berkembang, pertimbangkan untuk pindah ke lokasi yang lebih besar dan strategis. Pasalnya, kamu akan membutuhkan lebih banyak peralatan untuk memproduksi roti 1000an dalam jumlah besar.

Siapkan peralatan

Untuk membuat roti 1000an, kamu akan membutuhkan peralatan baking seperti mixer, mixer proofer, dough divider, dan oven. Dough divider diperlukan jika kamu ingin hasil yang lebih maksimal, tapi kamu bisa selalu membagi rata adonan secara manual.

Promosi

Apa artinya roti yang enak tanpa promosi? Untuk menarik lebih banyak pelanggan, pastikan kamu menentukan strategi promosi yang sesuai dengan pangsa pasarmu.

Langkah paling mudah adalah dengan membagikan iklan berupa poster daganganmu ke grup warga sekitar. Kamu juga bisa membagikannya ke saudara dan teman serta meminta mereka untuk membantu menyebarluaskannya lagi.

Selain itu, kamu juga bisa memasang iklan di media sosial dengan menyertakan nomor HP-mu. Sediakan diskon opening untuk mengenalkan roti 1000anmu ke masyarakat luas.

Nah, begitulah kiat-kiat memulai bisnis roti 1000an yang cocok untuk pemula. Jadi, kapan kamu akan mencoba?