Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3+ Ide Bisnis Pelajar Modal 10k Yang Menguntungkan

Tak jarang kita dibanjiri dengan beragam kebutuhan sebagai seorang pelajar. Sebut saja: peralatan sekolah, kuota internet, hingga tagihan kas kelas. Belum lagi wishlist barang-barang di luar perlengkapan sekolah yang tak kunjung terpenuhi.

Namun, tahukah kamu, bahwa ada satu cara untuk mendapatkan semua yang kamu butuhkan sebagai pelajar? Ya, cara tersebut adalah memulai bisnis.

Lho, memangnya bisa, seorang pelajar memulai bisnis? Tentu saja bisa! Memulai bisnis gak selalu membutuhkan modal besar. Faktanya, uang jajan yang kamu sisihkan pun bisa menjadi modal.

Dalam artikel ini, kami akan membedah ide bisnis pelajar modal 10k. Penasaran? Yuk, simak pembahasannya!

Ide Bisnis Pelajar Modal 10k

Ide Bisnis Pelajar Modal 10k
Ide Bisnis Pelajar Modal 10k

Penulis artikel

Kalau kamu punya kemampuan menulis, koneksi internet stabil, dan juga laptop, kamu bisa mempertimbangkan ide bisnis pelajar yang pertama ini; penulis artikel.

Kamu bisa menyaring klien dengan membuat iklan di platform freelancer seperti Fast Work, Sribulancer, bahkan Fiverr. Di sana, kamu dapat menentukan sendiri tarif artikelmu.

Baca juga Usaha Mainan Anak Yang Lagi Trend

Menjadi penulis artikel memang terkesan mudah. Tapi, kamu perlu mengutamakan originalitas supaya kualitas tulisanmu tetap terjaga. Buatlah artikelmu menonjol dibanding ribuan artikel bertopik sama yang ada di internet. Semakin baik rekam jejakmu sebagai penulis artikel, semakin tinggi pula tarif yang bisa kamu tetapkan.

Pengajar les privat

Bisnis pelajar modal 10k berikutnya adalah menjadi pengajar les privat. Bisnis ini cocok dikerjakan jika kamu berprestasi secara akademik dan mampu menjaga nilai-nilaimu tetap baik.

Berlatih mengajar les privat dapat dilakukan sesederhana menawarkan bantuan kepada adik dan teman-temanmu. Tanyakan mereka materi mana yang membuat mereka kesulitan. Lalu, luangkan sedikit waktu untuk me-review materi tersebut sebelum mengajarkannya kembali.

Kini, peluang sebagai pengajar les privat juga banyak tersedia di internet. Salah satu website yang bisa kamu gunakan adalah Superprof. Di sana, kamu bisa memasang iklan mengenai subjek yang kamu ajar. Tak hanya bidang akademik, kamu juga bisa mengajarkan keterampilan seperti memasak dan menjahit.

Joki tugas

Joki tugas merupakan salah satu peluang bisnis pelajar modal 10k lainnya yang bisa kamu kejar. Peluang ini tidak akan matinya karena tidak setiap orang mampu mengatur waktu mereka dengan baik.

Sebagai penjoki tugas, kamu bertanggung jawab untuk mengerjakan tugas atau ulangan klienmu dalam tenggat waktu yang telah ditentukan. Tarifnya pun bisa didiskusikan terlebih dahulu; semakin rumit tugasnya, maka semakin tinggi pula tarifnya. Pastikan kamu menentukan tarif yang ramah pelajar tapi tetap menguntungkan, ya!

Baca juga Ide Bisnis Foto Box 

Kamu bisa menyaring klienmu dengan menawarkan jasa tersebut kepada teman sekelas. Selain itu, kamu juga bisa membuat iklan di internet dan menawarkannya kepada orang-orang asing di media sosial.

Dropshipper

Bisnis pelajar modal 10k berikutnya adalah menjadi dropshipper. Apa itu dropshipper?

Dropshipper adalah perantara pemasok atau penjual barang dengan pembeli. Berbeda dengan reseller, dropshipper tidak menyimpan sendiri barang yang mereka jual.

Jadi, tugas utama dropshipper adalah mempromosikan barang dari pemasok dengan harga yang lebih tinggi. Saat mendapatkan pembeli, dropshipper akan melakukan konfirmasi ke pemasok dan pemasok baranglah yang mengirimkan pesanan tersebut atas nama dropshipper.

Baca juga Ide Jualan Kue Kekinian

Untuk menjadi dropshipper, ada beberapa pemasok yang menentukan biaya pendaftaran, namun ada pula yang membebaskan biaya pendaftaran sama sekali. Bisnis dropship tentunya cocok dilakukan pelajar mengingat kamu tidak perlu menyetok barang secara langsung. Risiko kerugiannya pun juga minim.

Namun, kamu tetap perlu mengutamakan kualitas barang yang kamu jual. Pastikan kamu hanya menjual barang dari pemasok yang terpercaya kredibilitasnya.

Nah, begitulah 4 ide bisnis pelajar modal 10k yang patut kamu coba. Beberapa ide di atas bahkan bisa kamu kerjakan tanpa modal sepeserpun.

Selamat mencoba!