Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjalankan Bisnis Kebab Modal Minim

Tips menjalankan bisnis kebab modal minim - Kebab adalah makanan yang berasal dari Timur Tengah yang dipercaya pertama kali muncul di negara Turki. Kebab biasanya terdiri dari daging, sayuran, dan bahan pelengkap lainnya sesuai resep. Daging yang digunakan pun tak selalu daging yang dipanggang, bisa juga daging yang digoreng atau direbus. 

Penyajian kebab pun beragam, di negara asalnya disajikan dengan tusukan seperti sate, di negara lain seperti Finlandia ada juga kebab yang digulung seperti burrito, sedangkan di Indonesia kebab pada umumnya merupakan daging panggang yang dibungkus dengan roti tipis seperti taco

Kebab pun digandrungi oleh berbagai lapisan masyarakat karena selain rasanya yang enak, harganya pun cukup terjangkau.

Kepopuleran kebab di tanah air membuat sebagian orang mencoba peruntungan dengan berjualan kebab. Penyiapannya yang tidak terlalu sulit dan cepat membuat para pengusaha kebab dapat meraup omset hingga jutaan per bulannya. 

Modal yang dibutuhkan pun tidak harus sampai menghabiskan isi tabungan, sehingga banyak orang yang tergiur dengan bisnis makanan yang satu ini. Bagi anda yang ingin mencoba menjalankan bisnis kebab modal minim, ada beberapa tips yang bisa dimanfaatkan.

Cara Menjalankan Bisnis Kebab Modal Minim

tips menjalankan bisnis kebab modal minim
tips menjalankan bisnis kebab modal minim

  1. Menentukan Target Pasar

Yap, yang menjadi perhatian pertama kali adalah target pasar. Mengapa begitu? Sebab dengan mengetahui target pasar kita, kita bisa mencari tahu dan menghitung seberapa banyak modal yang kita butuhkan dan seberapa besar omset yang bisa kita raih. 

Baca juga Jenis Usaha Agen Snack Kiloan Bekasi

Selain itu, kita juga bisa memperkirakan lokasi berjualan yang strategis agar pendapatan bisa maksimal. Anda juga bisa memilih untuk berjualan keliling jika dirasa daerah tempat anda kurang ramai.

  1. Menentukan Menu yang Akan Dijual

Ini juga merupakan salah satu hal yang harus kita perhitungkan. Contohnya daging apa yang akan digunakan, banyaknya pelengkap yang ada dalam kebab, dan menu-menu tambahan lainnya yang akan dijual. Ingat, semakin banyak menu yang disediakan, maka anda juga harus mempersiapkan modal lebih banyak juga.

  1. Membeli Bahan dan Perlengkapan

Jika perhitungan sudah dilakukan, selanjutnya kita bisa mulai berbelanja bahan dan perlengkapan yang kita butuhkan seperti gerobak atau stand untuk menaruh panggangan dan penggorengan, hingga bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kebab. Modal yang dikeluarkan untuk membeli bahan dan perlengkapan berkisar dari 5 juta sampai 10 juta, jadi harap disesuaikan dengan anggaran, ya.

Baca juga Usaha Makanan Paling Laris Saat Ini

  1. Mulai Berjualan

Jika perhitungan sudah dilakukan dan perlengkapan sudah disiapkan, maka saatnya berjualan. Usahakan untuk selalu tetap berada pada target pasar dan mempertahankan kualitas. Jangan lupa untuk mempromosikan usaha ke orang sekitar dan sosial media agar usaha semakin dikenal dan mendatangkan banyak pembeli.

Berjualan dengan Kebab Franchise

Jika anda merupakan orang yang tidak ingin ribet dan ingin langsung berjualan tanpa melakukan perhitungan dan mengeluarkan banyak modal, anda bisa memilih untuk bergabung dengan franchise kebab yang sudah dikenal banyak orang. 

Baca juga Usaha Makanan Kekinian Modal Kecil

Saat ini sudah cukup banyak franchise yang menggunakan kebab sebagai produk utama mereka. Modal yang dibutuhkan untuk bergabung bisa lebih murah dibanding memulai usaha kebab sendiri sebab berbagai kebutuhan anda untuk berjualan seperti gerobak atau stand, banyaknya menu, dan juga target pasar sudah ditentukan oleh sang pemilik franchise sehingga anda tinggal memasarkan produk mereka saja.

Sekian tips yang bisa diberikan untuk anda yang ingin menjalankan bisnis kebab modal minim. Baik anda merintis usaha sendiri atau bergabung dengan franchise, keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga anda tinggal memilih opsi mana yang lebih cocok bagi anda.