Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rekomendasi Ide Bisnis Makanan Online Dengan Modal Kecil, Mulai dari Ratusan Ribu Saja

Ide bisnis makanan online modal kecil sekarang sangat menjanjikan untuk dicoba. Terbukti dengan banyaknya makanan tersedia dalam aplikasi pesan antar online dan marketplace Indonesia. 

Untuk menjalankan bisnis online jualan makanan tidak selalu membutuhkan modal yang besar. Kamu dapat memulai usaha kecil-kecilan bahkan dengan modal yang tidak sampai jutaan rupiah. Jika kamu memiliki aplikasi layanan pesan antar makanan di hp, kamu bisa menjadikannya sebagai referensi.

Pandemi covid-19 turut menjadi faktor pendorong maraknya bisnis makanan online. Hal ini karena orang-orang membatasi mobilitasnya sehingga transaksi belanja secara online meningkat tajam. 

Langkah Memulai Bisnis Makanan Online

Berjualan makanan dan minuman secara online tidak semudah yang dipikirkan. Kamu perlu melakukan hal-hal yang sekiranya dapat membuat usahamu bisa berkelanjutan. Jangan sampai dalam kurun waktu singkat usahamu mesti tutup. 

Bagi kamu yang berniat untuk berbisnis makanan online dengan modal kecil, coba untuk menyimak tipsnya terlebih dahulu.

Ide bisnis makanan online modal kecil
Berikut rekomendasi bisnis makanan online
modal kecil yang laris manis. Disimak ya.

1. Melakukan Riset Pasar

Kesuksesan bisnis online bergantung pada pelanggan. Kamu perlu melakukan riset kepada target pasar yang kamu incar. Karena pengguna aplikasi layanan pesan antar makanan online adalah anak muda, kamu perlu menjual produk makanan atau minuman yang banyak disukai mereka. 

Selain itu, jika kamu ingin berjualan untuk pengiriman antar kota, pilih jasa ekspedisi yang menerima pengantaran produk makanan atau minumanmu. Ini karena tidak semua ekspedisi dapat mengantarkan produk makanan dan minuman.

Riset dalam hal ini juga berlaku pada harga. Usahakan untuk menjual produk dengan harga yang bersaing. Untuk itu, kamu dapat mengecek berapa kira-kira harga pasaran produk di aplikasi jasa pesan antar makanan online dan marketplace yang ada.

Riset terget pasar berpesaran besar dalam menentukan seberapa besar peluang berjualan online yang laris. Sehingga usaha bisnis online Anda akan berjalan lancar dan sukses tentunya. 

2. Tentukan Produk Yang Dijual

Setelah melakukan riset, kamu harus tentukan ide bisnis makanan online modal kecil. Produk makanan dan minuman apa yang menjanjikan untuk dijual. Usahakan ciptakan inovasi makanan dan minuman baru yang belum dijual di tempat lain. Ini berguna untuk mengurangi persaingan yang ada. 

Jika menu makanan dan minumanmu sama dengan penjual lain, tonjolkan keunikan dari produk yang kamu jual. Misalnya, dalam pemilihan bahan kamu bisa pilih dengan kualitas yang super bagus atau ganti dengan bahan lain yang berbeda.

3. Pilih Penyuplai Bahan

Bisnis yang bisa bertahan dalam jangka waktu lama pastinya memiliki penyuplai bahan baku yang bisa diandalkan. Pemasok ini harus bisa dipercaya dapat menyediakan bahan dengan kualitas yang terjaga. 

Pasalnya, hal tersebut dapat menentukan kepuasan pelanggan. Bahan makanan dan minuman akan menentukan rasa dan kualitas dari produk yang dijual. Untuk itu, jangan sembarangan untuk memilih pemasok bahan.

4. Pemasaran Yang Inovatif

Cara calon pelanggan mengetahui bisnis yang kamu rintis adalah dengan promosi. Promosi pada aplikasi dan berbagai marketplace dapat berupa diskon harga, cashback, dan promo beli 2 gratis 1 atau semacamnya. 

Jika kamu menjual makanan dan minuman sekaligus, bisa tawarkan paket atau bundling dengan harga miring saat perilisan kedai. Kamu juga bisa tawarkan produk bundling di momen tertentu, misalkan di tanggal 17 Agustus dan tahun baru.

Manfaatkan sosial media yang kamu punya untuk mengiklankan bisnis. Kamu juga bisa minta tolong kepada teman untuk mempromosikan produk makanan dan minuman melalui fitur snapgram atau story WhatsApp.

Ide Bisnis Makanan Online Modal Kecil

1. Snack Box

Ide bisnis menjual snack box akhir-akhir ini banyak peminatnya. Snack box biasanya diberikan sebagai kado ulang tahun dan wisuda. 

Jika kamu memiliki kreativitas dan suka menghias atau menata jajanan dan minuman, kamu pasti akan dengan senang hati menjalankan bisnis satu ini. Usaha snack box merupakan salah satu ide bisnis makanan online modal kecil.

2. Frozen Food

Usaha frozen food cocok buat kamu yang jago masak. Kamu hanya perlu memikirkan bagaimana masakan yang kamu buat bisa dibekukan agar dapat disimpan dalam waktu lama. Ide makanan yang dapat menjadi referensi antara lain bakso, sosis, pepes ikan, otak-otak, rendang, dendeng, dan lain sebagainya.

Untuk usaha frozen food sendiri dapat dilakukan pengiriman antar kota sehingga jangkauan pelanggan bisa lebih luas.

3. Kue Kering 

Ide bisnis makanan online modal kecil selanjutnya adalah kue kering. Usaha satu cocok buat kamu yang suka mencoba resep-resep kue baru. 

Untuk ide jualan kue kering antara lain nastar, kastengel, sugar cookies, kue macaron mini dan lain sebagainya. Omzet penjualan kue kering akan meningkat tajam di momen tertentu seperti saat hari raya idul fitri dan natal.

4. Bumbu Jadi Siap Masak

Selain bisnis frozen food, kamu yang hobi masak juga bisa mencoba bisnis bumbu jadi siap masak. 

Bumbu ini sudah diracik untuk menu tertentu sehingga pembeli hanya perlu memasukannya dalam bahan masakan yang akan diolah. Menu masakan yang akan dibuat bumbu jadi ini bisa diambil dari masakan yang biasa kamu buat.

Jika orang-orang yang sudah mencicipi masakanmu bilang enak, tidak menutup kemungkinan pelanggan akan suka dengan bumbu jadi yang kamu jual. 

5. Seblak Instan

Siapa yang tidak kenal dengan makanan hits dari Bandung satu ini. Seblak instan menjadi pilihan yang tepat buat para penggemar seblak. Pasalnya, kamu dapat meracik sendiri seblak yang diinginkan tanpa perlu mengantri untuk membeli di kedai.

Ide bisnis makanan online modal kecil ini banyak dijual di aplikasi belanja online dengan harga yang bervariasi sesuai isi yang ditawarkan.  

6. Minuman Kekinian

Ide bisnis makanan online modal kecil berikutnya dapat dilakukan secara franchise. Franchise atau waralaba berarti kamu mendapatkan hak untuk menjual suatu produk ternama dengan membayar sejumlah uang.

Bisnis satu ini bisa dilakukan siapa saja mulai dari pelajar, karyawan, hingga ibu rumah tangga asalkan dapat mengatur waktu.

Kesimpulan

Di zaman modern seperti sekarang ini banyak sekali peluang bisnis makanan modal kecil yang bisa dicoba. Memanfaatkan internet untuk menopang bisnis adalah keputusan yang tepat. Pasal nya dengan menggunakan internet bisnis makanan Anda bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Diperlukan reset yang medalam sebelum menentukan target pasar. Ini penting karna akan berdampak pada keberlangsungan bisnis makanan online yang akan Anda jalani. Setelah melakukan riset yang mendalam tadi, kemudian petakan secara detail dari bisnis makanan apa yang akan diambil, sistemnya bagaimana, pemasaran yang tepat bagaimana, tergetnya siapa, dan lain-lain. 

Menggeluti bisnis makanan online yang digemari akan menjadi mudah dan terasa mengasyikan. Maka baiknya pilihlah jenis bisnis makanan online yang betul-betul Anda suka dan mempu untuk dijalani.

Post a Comment for "Rekomendasi Ide Bisnis Makanan Online Dengan Modal Kecil, Mulai dari Ratusan Ribu Saja"