Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Tukar Tambah HP di Shopee yang Mudah dan Aman

Barangku.id - Aplikasi shopee semakin hari semakin mendatangkan banyak pembaruan dalam aplikasinya. Bukan cuma beli HP, pengguna kini bahkan sudah bisa melakukan berbagai transaksi tukar tambah di Shopee. Namun, adakah cara tukar tambah HP di Shopee yang bisa dilakukan?

Oleh karenanya, berikut akan diuraikan mengenai berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menukarkan HP di Shopee.

Bisakah Tukar Tambah HP di Shopee?

Cara Tukar Tambah HP di Shopee
Tukar tambah hp shopee

Saat ini perkembangan smartphone secara teknologi memang sangat berkembang pesat dibandingkan beberapa tahun lalu sebelum pandemi menyerang. Minat masyarakat Indonesia terhadap perkembangan HP juga bisa dibilang tinggi dan tak segan untuk sering berganti HP demi ikut tren yang ada.

Baca juga: 4 Cara Top Up Shopeepay yang mudah dan praktis

Bayangkan saja dalam satu tahun saja sebuah brand HP bisa merilis banyak tipe smartphone terbaru mereka dengan berbagai varian. Harga yang ditawarkan juga sangat bersaing, antara brand yang satu dengan brand lainnya.

Dari hal ini bisa terlihat jika minat masyarakat yang tinggi ini dimanfaatkan oleh brand menjadi ladang jualan yang menguntungkan. Untuk memenuhi hasrat berganti-ganti Hp itupun banyak cara yang bisa dilalui, baik itu dengan melakukan kredit atau melakukan tukar tambah sebagai alternatif.

Disini Shopee coba memanfaatkan hal tersebut dengan merilis fitur tukar tambah HP dalam aplikasinya. Layanan tukar tambah ini dulunya dilakukan di beberapa konter HP saja, sekarang tukar tambah sudah bisa dibawa kedalam aplikasi e-commerce yang tentu pengalaman yang dirasakan akan berbeda.

Fitur tukar tambah shopee ini bisa menukarkan HP baru dengan suatu voucher tukar tambah. Pelayanan yang diberikan oleh fitur tersebut bisa melakukan jasa tukar tambah smartphone lewat pengiriman shopee express. Namun fitur ini masih baru tersedia untuk wilayah DKI dan sekitarnya saja.

Baca juga: Cara jadi reseller shopee yang terbaik dan menguntungkan

Jangan khawatir, shopee sudah memberikan jaminan harga terbaik yang bisa mereka berikan untuk HP lama Anda. Shopee juga menerima semua kondisi dan siap menjemput barang ke rumah Anda. Namun sebelum itu, pastikan lakukan testing dahulu pada smartphone untuk meningkatkan nilainya.

Cara Tukar Tambah HP di Shopee

Meski secara resmi shopee sudah sejak lama meluncurkan fitur ini namun ternyata belum banyak orang yang tahu cara menggunakannya. Fitur yang satu ini memiliki tata cara tukar tambah HP di Shopee tersendiri, yang harus pengguna ikuti agar semua berjalan sesuai prosedur yang ada.

1. Cari Banner Tukar Tambah

Untuk bisa melakukan tukar tambah di aplikasi Shopee, Anda perlu mencari terlebih dahulu keberadaan banner yang bertuliskan tukar tambah. Biasanya banner ini berada di halaman utama shopee atau cari saja sub menu yang berisikan produk elektronik dan handphone.

Baca juga: Cara dapat uang dari shopee affiliate

Cara lainnya adalah bisa juga dengan mencari etalase khusus dari program tukar tambah ini. Cari saja yang namanya shopee tukar tambah sebagai toko resmi. Pilih unit yang ingin dibeli melalui layanan tukar tambah ini.

Ada beberapa smartphone keluaran terbaru di sana dengan harga yang menggiurkan. Pastikan untuk mencari tahu terlebih dahulu HP apa yang ingin dibeli

2. Cek IMEI HP

Saat sudah menemukan banner tukar tambah yang dicari, Anda perlu mengikuti prosedur yang ada. Shopee akan meminta nomor IMEI dari HP yang ingin dijadikan barang yang akan ditukar dengan HP baru.

Buat yang bingung dengan nomor IMEI HP miliknya sendiri jangan khawatir, ikuti langkah berikut:
  • Buka aplikasi telepon.
  • Masuk ke bagian untuk memasukkan nomor.
  • Ketikkan kode dial *#06#.
  • Dalam hitungan detik kode IMEI akan muncul.
Selain cara diatas, IMEI juga bisa ditemukan lewat box pembelian smartphone jika barangnya masih baru dan bukan beli second. Ada juga cara lain menemukan nomor IMEI yakni lewat menu pengaturan di about phone. Disana lengkap semua informasi mengenai smartphone bisa ditemukan.

Kebanyakan smartphone sekarang sudah mengadopsi sistem dual SIM, sehingga pengguna bisa menemukan ada dua nomor IMEI untuk satu smartphone. Pada kasus ini, Anda perlu memasukkan satu saja nomor IMEI dari smartphone Anda.

3. Cek Kondisi HP

Setelah memasukkan kode IMEI dari handphone Anda ke aplikasi shopee maka Anda akan diarahkan menuju halaman testing smartphone. Hal ini diperlukan supaya Anda bisa mendapatkan nilai tukar tambah dari smartphone yang akan diikutkan dalam program ini.

Aplikasi testing yang digunakan ini disediakan khusus oleh shopee lewat laman landing page. Jadi nanti akan ada notifikasi yang muncul kemudian mengarahkan Anda menuju halaman testing smartphone.

Tujuan dari adanya testing ini tentu saja selain mendapatkan nilai tukar yang sesuai, Shopee juga bisa tahu bagaimana kondisi dari smartphone yang akan ditukar. Bagus atau tidaknya kondisi dari smartphone akan sangat menentukan seberapa nilai tukarnya.

Setelah nilai tukarnya keluar, nanti nilai tersebut akan dijadikan sebagai voucher yang bisa digunakan saat melakukan checkout HP yang diinginkan. Sesuai atau tidaknya harga yang diberikan nanti tergantung Anda sebagai pemilik apakah ingin melepasnya atau tidak.

4. Checkout HP Baru Pakai Voucher

Setelah serangkaian testing smartphone dilakukan, maka harga tukar akan muncul sebagai voucher yang bisa digunakan untuk checkout HP. Voucher ini, berupa potongan harga yang senilai dengan nilai tukar HP yang sebelumnya dilakukan testing.

Saat melakukan checkout jangan lupa untuk menggunakan voucher ini agar harga dari HP baru yang diinginkan bisa terpotong. Potongan harga yang diberikan ini sesuai dengan kondisi yang dimiliki HP Anda dan shopee memberikan harga, sesuai dengan penilaian tersebut.

Baca juga: Rekomendasi supllier alat rumah tangga di Shopee

Jadi pengguna tinggal membayar harga sisanya dan biaya ongkir saja, dari potongan yang sudah diberikan. Pikirkan kembali apakah harga yang diberikan oleh Shopee ini sudah sesuai dengan apa yang Anda inginkan atau tidak.

Jika setuju dan dirasa harganya sudah sesuai silahkan lakukan checkout seperti pembelian barang pada umumnya. Jangan lupa menambahkan voucher gratis ongkir agar harganya semakin murah dan juga masukkan alamat yang benar. Untuk prosesnya sendiri akan memakan waktu selama 1 hari kerja.

5. Reset HP Lama

Jangan lupa setelah menyelesaikan semua transaksi, reset kondisi HP ke seperti saat baru dibeli lewat fitur reset pabrik. Nantinya, semua data yang ada dalam smartphone akan dihilangkan dan terasa seperti HP baru.

Baca juga: Cara memulai bisnis online bagi pemula di Shopee

Tidak lupa juga untuk melepas semua aksesoris yang menempel di smartphone seperti casing dan juga beragam jenis tempelan kecuali screen protector. Jika masih terdapat kartu SIM dan micro SD didalamnya, juga bisa dilepas saja.

Sebaiknya pengguna melakukan hal ini dengan teliti agar tidak ada sesuatu yang tertinggal seperti data penting atau semacamnya. Perlu diketahui bahwa, Shopee tidak akan menerima permintaan pengembalian barang setelah serah terima dilakukan.

6. Serah Terima HP Lewat Kurir

Setelah semua rangkaian proses penting diatas dilalui maka kurir akan mengantarkan pesanan HP ke tempat Anda. Pastikan Anda juga sudah siap dengan barang yang akan diserahkan pada kurir.Namun sebelum barang milik Anda diambil, kurir juga akan melakukan pemeriksaan IMEI HP.

Baca juga: Cara daftar shopee affiliate tanpa minimal follower

Tujuannya adalah agar memastikan jika HP yang ditukarkan sama dengan yang didaftarkan pada saat melakukan pengetesan. Selain itu Anda juga akan dimintai beberapa informasi seperti Identitas serta alamat tempat tinggal. Tidak lupa juga Anda akan melakukan tAnda tangan diatas surat pernyataan.

Itulah berbagai cara tukar tambah HP di Shopee yang bisa dilakukan. Caranya memang mudah bukan? Jadi jangan ragu untuk mencoba fitur yang satu ini jika ingin membeli HP baru tanpa perlu mengeluarkan uang lebih banyak.