Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Babysitter Adalah? Simak Definisi, Peran, Serta Tanggung Jawabnya!

Barangku.id - Saat ini, banyak orang tua yang mempercayakan buah hatinya kepada pengasuh atau yang sering disebut sebagai babysitter. Seperti yang diketahui bahwa babysitter adalah seorang pengasuh anak.

Seorang pengasuh ini merupakan seseorang yang harus memiliki pengalaman dalam bidangnya agar pola asuh yang diberikan tepat. Semakin sibuknya orang tua di luar rumah, maka akan semakin dibutuhkan kehadiran seorang babysitter agar anak tidak kesepian di rumahnya.

Lalu sebenarnya, apa peran dan juga tanggung jawab dari babysitter ini? Lantas apa saja kelebihan serta kekurangan menggunakan jasa babysitter ini apa saja? Untuk mengetahuinya, berikut beberapa uraian yang dapat Anda simak:

Pengertian Babysitter

Babysitter Adalah
Ilustrasi Babysitter

Orang tua yang menggunakan jasa babysitter ini pastinya disebabkan oleh beberapa faktor dimana paling umum adalah faktor karir. Sebagai contoh orang tua yang sibuk kerja di luar yang membuatnya jarang di rumah, jadi membutuhkan babysitter.

Baca juga: Peluang bisnis bagi ibu rumah tangga

Arti babysitter adalah sebuah panduan memenangkan bayi atau mengasuh bayi yang dilakukan oleh seseorang, dan seringkali dilakukan oleh wanita. Penempatan kata ini saat ini sudah merujuk pada kalimat pengasuh bayi yang disebut dengan suster bayi.

Banyak hal atau tugas yang harus dilakukan oleh seorang babysitter ini seperti menemani bayi, memberinya makan, dan tugas-tugas lain. Sehingga harus orang dengan keahlian merawat anak dengan baik yang bisa dijadikan sebagai babysitter untuk anak.

Pada dasarnya, anak yang masih berusia 0-2 tahun akan mengalami berbagai macam perkembangan yang harus dipahami betul oleh pengasuhnya. Hal ini dikarenakan, masa pertumbuhan anak yang masih belum tahu apa-apa dan harus dipahaminya sejak dini.

Peran dan Tanggung Jawab Babysitter

Peran dan tanggung jawab babysitter ternyata tidak hanya sekedar mengasuh anak saja, melainkan lebih dari itu. Babysitter adalah seorang pengasuh bayi yang perannya cukup melelahkan dan harus selalu memperhatikan kondisi bayi agar tidak salah mengasuhnya.

Lalu apa saja peran dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh seorang babysitter sebagai pengasuh bayi? Simak rinciannya berikut ini agar, Anda memahami posisi yang diemban sebagai seorang babysitter:
  • Mengurus segala bentuk keperluan anak mulai dari makan, mandi, menidurkan anak, hingga menggantikan popok si anak.

  • Membantu dalam mengatur tumbuh kembang anak baik secara jasmani maupun rohaninya.

  • Menjadi figur atau contoh yang baik bagi anak dalam proses pertumbuhannya seperti cara beretika, berpakaian, dan juga bertutur kata.

  • Membantu orang tua anak dalam memberikan pendampingan terhadap si anak atau bayi terlebih ketika orang tua tidak di rumah.

  • Memberikan pengawasan secara penuh terhadap bagaimana perkembangan anak di setiap harinya sehingga bisa bertumbuh menjadi anak yang baik.

  • Melakukan kerjasama dengan orang tua anak untuk memenuhi kebutuhan finansial serta ekonomi anak.

  • Mengajari anak bagaimana caranya belajar dengan baik seperti belajar berbakti terhadap orang tua.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Babysitter

Sebelum memberikan pengasuhan anak kepada babysitter, Anda perlu memahami terlebih dahulu apa kekurangan dan kelebihan dari jasa babysitter ini. Jadi Anda sebagai orang tua, harus memikirkan lebih dalam lagi sebelum menggunakan baby sitter untuk mengasuh anak.

Baca juga: Usaha tidak ada matinya untuk ibu rumah tangga

1. Kelebihan Menggunakan Babysitter

Untuk meminimalisir keraguan dari menggunakan jasa babysitter, akan dipaparkan beberapa kelebihannya. Beberapa kelebihan babysitter diantaranya:
  • Bisa membantu mengurangi stress. Seperti yang diketahui bahwa mengasuh anak membutuhkan mental yang stabil agar tidak mudah mengalami stress sehingga babysitter akan sangat berjasa.

  • Anak tidak kekurangan perhatian. Hal ini sangat cocok bagi orang tua yang sibuk bekerja, sehingga jarang memperhatikan anak.

  • Waktu yang dimiliki lebih fleksibel. Menggunakan jasa babysitter adalah solusi terbaik apabila Anda sebagai orang tua memiliki waktu yang padat sehingga kurang optimal mengasuh anak.

  • Babysitter sudah dibekali pelatihan khusus. Dalam hal ini, tidak sembarang wanita bisa menjadi babysitter, hanya yang sudah terlatih saja yang bisa dijadikan sebagai pengasuh anak.

  • Memberikan lapangan kerja kepada orang lain. Salah satu tujuan mulia ini menjadi hal yang harus dipahami oleh orang tua agar bisa membagi keuangannya dengan menggaji babysitter.

  • Pengawasan anak lebih detail. Dikarenakan sibuknya Anda di dunia luar, sehingga pengawasan anak akan menjadi lebih maksimal sebab ada babysitter yang mengasuhnya.

2. Kekurangan Menggunakan Babysitter

Tidak terlepas dari kelebihan di atas, perlu juga diketahui bagaimana kekurangan menggunakan jasa babysitter ini. Beberapa kekurangan dari babysitter adalah sebagai berikut:
  • Privasi kurang terjaga. Pastinya babysitter akan tinggal serumah dan mengetahui kegiatan keseharian di dalam rumah tersebut sehingga kurang terjaganya privasi yang ada.

  • Terjadinya jarak antara orang tua dengan anak. Dikarenakan anak lebih sering bersama dengan babysitternya, akan membuat anak kurang dekat dengan orang tuanya sehingga keduanya mengalami sekat kedekatan.

  • Adanya pola asuh yang tak sejalan. Seringkali orang tua ingin memberikan cara mendidik anak yang bertentangan dengan pemahaman pola asuh babysitter sehingga menyebabkan pertentangan cara mendidiknya.

  • Rentan terjadi konflik pribadi. Hal seperti ini sering terjadi dalam rumah tangga yang menggunakan jasa babysitter sebagai pengasuh anaknya sehingga harus memilih yang sejalan.
Babysitter adalah seorang pengasuh bayi yang saat ini sudah banyak dipekerjakan oleh para orang tua di seluruh dunia. Untuk memberikan pengasuhan anaknya kepada babysitter, harus mencari orang yang benar-benar dapat dipercaya dan bertanggung jawab.