Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ketahui Cara Membuat Iklan di Media Sosial Menarik Serta Kelebihan Memasangnya

Barangku.id - Bagi yang menjalankan bisnis tentu akan mencari target pasar. Salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan jumlah pembelian produk adalah dengan memasang iklan di media sosial. Hal ini agar dapat menjangkau konsumen dan mendapatkan keuntungan yang banyak.

Saat ini internet menduduki peringkat tertinggi dalam melakukan pemasaran via digital dan teknologi. Semua kalangan dari berbagai dunia telah menggunakan media sosial sebagai sumber informasi yang sangat efektif.

Semakin banyak yang menggunakan car aini tentu saingan juga akan bertambah banyak. Berikut akan dijelaskan cara untuk memasang iklan menarik serta kelebihan memasang iklan via online:

Kenali Cara Memasang Iklan Agar Terlihat Menarik

Iklan di Media Sosial
Iklan di media sosial yang menarik

Apabila ingin mencari tempat sebagai sarana pemasaran maka tentukan terlebih dahulu jenis media sosial yang banyak digunakan oleh target audiens. Lalu sesuaikan barang yang dijual dengan target pasarnya agar tepat sasaran.

Baca juga: Budidaya jamur tiram dan peluang bisnisnya

Setelah mendapatkan platform yang tepat selanjutnya pilih konsep dan format desain iklan yang akn digunakan. Apakah berbentuk video, IGTV, foto, stories, Reels atau format iklan di media sosial lainnya.

Jika ingin iklan dijangkau oleh lebih banyak pengguna, maka gunakan video durasi stories lebih dari satu platform. Tampilkan langsung pada bagian intinya saja, agar viewers tidak bosan.

Lakukan branding secara konsisten, agar identitas produk hadir secara visual dan mereknya juga dapat dilihat walaupun melalui media sosial. Di akhir iklan berikan contact person, agar jika pelanggan tertarik bisa langsung menghubungi nomor yang diberikan.

Walaupun produk belum diperlukan sekarang, namun jika melakukan pemasaran melalui media sosial pelanggan dapat mengingat dan mencari kembali produk tersebut. Pemasang iklan juga harus konsisten dalam mengupload produk, agar terjadi interaksi dengan views.

Baca juga: Peluang bisnis rongsokan online dan tips memulainya

Untuk memudahkan disarankan membuat kalender konten agar postingan dapat mencuri perhatian pelanggan. Ketika ingin mengupload iklan gunakan caption yang menarik dengan bahasa yang mudah dipahami dan diingat.

Pasang tagar yang sedang trending disesuaikan dengan produk. Bila memiliki budget yang lebih silahkan gandeng influencer untuk menjadi endorse produk. Jangan takut mengeluarkan modal sebab, ini merupakan langkah awal untuk mendapatkan keuntungan besar.

Kelebihan Iklan Online

Hampir semua perusahaan telah menerapkan strategi pemasangan iklan di media sosial. Mengapa demikian? Sebab ada banyak kelebihan yang akan didapatkan. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut:

1. Biaya Realistis

Kelebihan pertama yaitu harganya yang realistis atau affordable. Jika dipikir secara logika pemasangan iklan secara online dapat meminimalisir pengeluaran. Sebab jika memasang iklan melalui surat kabar atau brosur, tentu harus membayar biaya cetak dan pemasangannya.

Pertimbangan tersebut membuat banyak perusahaan beralih ke iklan online. Jika ingin membayar platform yang memiliki pengikut banyak maka cukup dengan membayar puluhan ribu saja.

2. Tidak Terbatas Dengan Tempat dan Waktu

Apabila ingin melakukan pemasaran produk, pihak produsen tidak harus bertemu dengan konsumen. Sebab media sosial dapat dijangkau seluruh masyarakat dan pelanggan bisa melakukan check out walaupun sedang berjauhan dengan pembeli.

Tidak seperti pemasangan iklan melalui brosur, perlu menghabiskan waktu yang banyak untuk bisa membagikannya. Jika iklan dipasang melalui platform, maka pelanggan bisa melihat produk selama 24 jam bahkan lebih.

3. Mudah Menentukan Target Pasar

Berikutnya yaitu pengguna media sosial dapat melihat dan melakukan identifikasi terhadap produk yang banyak diminati. Hal ini, bertujuan agar produsen dapat menentukan strategi kedepannya.

Saat ini media sosial yang memiliki pengguna terbanyak adalah Instagram, Facebook dan Twitter. Sesuaikan pengguna platform tersebut dengan target pasar yang diinginkan.

Apabila yang diinginkan kebanyakan dari kalangan ibu-ibu maka gunakan Facebook. Namun jika target pasarnya dari kalangan remaja, maka pasang iklan di Instagram dan Twitter.

Baca juga: Cara membuat bisnis model Canva berdasarkan elemen dan medianya

4. Mengetahui Aktivitas Konsumen

Selain mempermudah proses komunikasi jarak jauh, media sosial juga dapat digunakan untuk memantau aktivitas sasaran. Lihat jenis iklan yang memiliki banyak viewers atau like.

Setelah itu bandingkan dengan konsep iklan yang digunakan. Apabila ada hal yang kurang maka perbaiki dan update metode pemasaran yang digunakan, agar lebih efektif.

5. Interaktif

Jika terdapat pengguna yang mengomentari postingan produk yang dipasang di media sosial maka sebisa mungkin lakukan interaksi di fitur tersebut. Tujuannya agar produsen bisa memberikan informasi lengkap mengenai produk yang belum diketahui konsumen.

Memberikan respon positif ke konsumen dapat menjadi poin plus tersendiri. Pemasangan iklan secara online memberikan kesempatan bagi produsen untuk menjalin komunikasi dan membangun relasi dengan konsumen.

Baca juga: Cara menjadi admin sosial media yang sukses dan handal

Itulah informasi mengenai cara membuat iklan menarik serta kelebihan memasang iklan di media sosial. Sistem pemasaran yang diterapkan sebelum adanya internet yaitu dengan menggunakan surat kabar, majalah, brosur dan lain sebagainya.

Namun saat ini kebanyakan pihak juga mengkombinasikan kedua sistem pemasaran tersebut. Selain menghemat biaya, pemasangan iklan secara online juga dapat dilihat secara berulang kali tanpa terbatas dengan waktu dan tempat.