Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Begini Cara Mendaftar Jadi Agen JNE dengan Mudah

Barangku.id - JNE telah menjadi bagian penting bagi masyarakat di Indonesia. Bila dilihat melalui perkembangan perusahaannya, JNE juga termasuk yg sering membuka kesempatan bagi yang ingin menjadi agen. Tak heran bila pada akhirnya informasi terkait cara mendaftar jadi agen JNE sering dicari.

Tentunya keuntungan dari jasa JNE yang ditawarkan, menjadi alasan yang membuat banyak orang berminat menjadi bagian agen dari perusahaan satu ini. Lalu, bagaimana cara mendaftar pada perusahaan JNE untuk bergabung sebagai agen? Mari simak ulasannya berikut:

Mengenal JNE

Cara Mendaftar Jadi Agen JNE
Cara mendaftar menjadi agen jne
Foto: JNE

Kemudahaan dalam mengirimkan barang memang telah menjadi hal yang dapat didapatkan masyarakat modern. Adanya perusahaan pengiriman barang serta logistik, menjadi solusi cepat juga mudah bagi masyarakat.

Tidak hanya memudahkan masyarakat mendapatkan kemudahan dalam mengirimkan barang. JNE pun juga menjadi satu diantara perusahaan yang banyak memberikan peluang usaha bagi masyarakat luas. Melalui JNE ini, nantinya masyarakat dapat mencari tahu cara mendaftar jadi agen JNE.

Tentunya kesempatan saat ini, menjadi satu hal yang cukup menarik supaya bisa mendapatkan penambahan pendapatan dari jasa agen JNE yang ditawarkan pada masyarakat. Namun, tentunya untuk dapat menjadi agen JNE pastilah harus terlebih dahulu memenuhi persyaratan yang ada.

Melalui persyaratan yang telah ditetapkan inilah, kemudian masyarakat dapat menjadi bagian dari JNE. Tentunya dengan pemenuhan persyaratan ini, nantinya pelaku usaha bisa ikut serta melayani masyarakat untuk memberikan jasa pengiriman.

Pada dasarnya, cara menjadi agen JNE biaya yang dibutuhkan pun juga tidak terlalu besar. Hal inilah kemudian yang membuat bisnis satu ini cukup digemari sebagian masyarakat. Apalagi dengan cara pendaftaran yang cukup mudah.

Cara Menjadi Agen JNE Berapa Biayanya?

Sama seperti menjadi agen perusahaan pada umumnya. Cara mendaftar jadi agen JNE pun tentunya juga mematok biaya untuk setiap orang yang mau bergabung. Biaya yang ditentukan ini pun nantinya akan berkisar sesuai dengan nilai yang telah ditetapkan.

Pada dasarnya untuk menjadi bagian dari JNE sendiri nantinya pelaku usaha diharuskan untuk melakukan dua kategori pembiayaan. Lalu apa saja sebenarnya kategori tersebut? Simak ulasannya berikut:

1. Biaya Administrasi

Biaya pertama yang perlu dipenuhi oleh pelaku usaha adalah biaya administrasi. Nantinya, biaya ini adalah biaya penanganan untuk pendaftaran agen yang dilakukan oleh pelaku usaha.

Umumnya biaya yang ditetapkan untuk biaya administrasi ini adalah 2 juta rupiah. Nilai ini pun menjadi salah satu syarat yang dilakukan oleh pelaku usaha sebagai cara menjadi agen JNE perorangan.

2. Jaminan Keagenan

Jaminan keagenan JNE menjadi biaya berikutnya yang perlu dipenuhi oleh pelaku usaha yang ingin mendaftar menjadi agen JNE. Pada dasarnya uang jaminan ini merupakan salah satu syarat cara mendaftar jadi agen JNE.

Uang jaminan keagenan ini umumnya akan berjumlah 5 juta. Namun, pada perjanjian kontrak nantinya uang jaminan ini akan kembali saat masa kontrak kerjasama keagenan telah berakhir.

Menilik Syarat Menjadi Agen JNE

Memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan tentunya menjadi bagian dari cara mendaftar jadi agen JNE yang juga perlu untuk dipenuhi. Pemenuhan persyaratan inilah nantinya yang akan membuat pelaku usaha bisa bergabung sebagai agen dari JNE.

Nantinya syarat yang ditentukan ini pun, akan terdiri dari beberapa poin penting. Lalu, apa saja syarat yang perlu dipenuhi supaya bisa menjadi agen dari JNE? Mari simak ulasan berikut untuk informasi lebih lengkapnya:

1. Syarat Umum Administrasi JNE

Syarat utama yang perlu dilengkapi tentunya adalah persyaratan umum. Nantinya syarat ini akan menjadi persyaratan wajib yang harus dipenuhi oleh semua pihak yang mendaftar jadi agen JNE. Untuk mengetahui apa saja syaratnya maka, mari simak ulasan berikut:
  • Melampirkan salinan rekening selama 3 bulan terakhir.
  • Memberikan salinan KTP pemohon.
  • Melampirkan formulir pendaftaran.
  • Melengkapi informasi terkait lokasi usaha yang akan digunakan termasuk juga sewa.
  • Melampirkan bukti pembayaran PBB.
  • Membayar biaya administrasi.
  • Memberikan foto denah lokasi dari tempat usaha yang akan digunakan.

2. Syarat Khusus Administrasi JNE

Bagi pelaku usaha yang ingin mendaftar sebagai agen perorangan JNE tentunya juga harus memenuhi persyaratan khusus yang telah ditetapkan. Sama halnya dengan syarat umum, persyaratan khusus ini pun juga akan mencakup beberapa poin.

Lalu, apa saja syarat khusus tersebut? Berikut beberapa syarat khusus yang harus dipenuhi, diantaranya:
  • Melampirkan salinan kartu keluarga sebanyak 1 lembar.
  • Memberikan bukti lampiran salinan NPWP dari pemohon.

3. Syarat untuk Melakukan Pelayanan Agen JNE

Syarat berikutnya yang perlu diketahui oleh pelaku usaha nantinya adalah persyaratan terkait pelayanan atau penjualan yang akan dilakukan.Lalu apa saja syarat yang perlu dipenuhi? Berikut ulasannya:
  • Nantinya akan ada masa percobaan dengan penilaian selama 3 bulan masa berjalan.
  • Pelaku usaha menjalankan SOP usaha dengan baik dan benar.
  • Memenuhi akumulasi dari target penjualan sesuai dengan grade yang diambil.

4. Syarat Lokasi Agen JNE

Pada dasarnya membuka usaha sebagai agen JNE pun haruslah mempertimbangkan lokasi yang akan digunakan. Hal ini karena nantinya JNE akan memiliki kriteria tertentu. Berikut ini adalah 4 poin kriteria yang perlu diketahui:
  • Memiliki jarak kantor JNE satu dan lainnya minimal adalah 1 kilometer.
  • Banguanan yang diguankan merupakan ruangan yang memiliki lantai keramik dan ber ac.
  • Memiliki letak lokasi yang dapat diakses oleh kendaraan roda empat dan juga menyediakan tempat parkir memadai.
  • Fasilitas listrik minimal adalah 1.300 W.

Langkah untuk Mendaftar jadi Agen JNE

Apalagi setiap persyaratan telah dilengkapi maka, pendaftaran pun bisa segera dilakukan sesuai dengan bentuk badan usaha yang dimiliki. Pada dasarnya badan usaha ini nantinya bisa dibedakan dalam beberapa kategori yaitu perorangan, badan usaha berbadan hukum bahkan juga koperasi.

Hal ini nantinya juga akan menjadi pembeda pada penambahan kelengkapan persyaratan yang perlu diajukan. Namun, untuk cara pendaftarannya sendiri pada dasarnya memiliki proses yang sama. Lalu bagaimana caranya? Berikut langkah yang dapat dilakukan, antara lain:
  • Silahkan datang ke kantor JNE paling dekat dan bawa persyaratan yang telah ditetapkan.
  • Serahkan semua persyaratan yang telah dilengkapi kepada petugas JNE.
  • Silakan tunggu beberapa saat hingga dokumen dicek oleh petugas.
  • Nantinya petugas dari JNE akan terlebih dahulu melakukan survey lokasi yang telah diajukan.
  • Apabila semua persyaratan dan lokasi telah dinyatakan sesuai maka, nantinya usaha pun bisa segera dijalankan.
  • Silahkan bayar biaya administrasi dan juga penanganan lainnya untuk dapat melakukan pendaftaran jadi agen JNE.
  • Nantinya pelaku usaha pun juga perlu memperhitungkan dari target penjualan yang akan dilakukan.
Itulah tadi sekilas tentang cara mendaftar jadi agen JNE yang bisa segera dilakukan oleh siapa saja. Tentunya dengan adanya pemenuhan persyaratan yang telah ditetapkan sesuai dengan prosedur. Barulah nantinya biaya administrasi bisa dilakukan untuk dapat segera membuka usaha agen.