Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuka Usaha Jual Beli Pisang Mentah Mulai Dasar

Barangku.id - Pisang adalah salah satu buah yang erat sekali kaitannya dengan kehidupan masyarakat. Banyak makanan berbahan pisang yang ada di pasaran. Oleh sebab itu, membuka usaha jual beli pisang mentah akan sangat menguntungkan.

Hal ini dikarenakan banyaknya peminat pisang untuk berbagai kebutuhan. Namun sebelum membuka usaha semacam ini, maka harus tahu dulu bagaimana cara memulainya. Aspek ini penting agar saat usaha berjalan, semua bisa terarah dengan baik. Berikut beberapa langkahnya:

Baca juga: Rincian modal jualan gorengan dan strategi menjalankannya

Usaha Jual Beli Pisang Mentah
Usaha Jual Beli Pisang Mentah

1. Tentukan Anggaran yang Akan Dipakai

Sebelum memulai usahanya, maka pastikan dulu untuk menentukan anggaran yang akan dipakai. Penentuan anggaran ini juga harus mempertimbangkan banyak aspek. Mulai dari biaya tempat, pisang, hingga peralatan pendukung lainnya.

Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan aspek transportasi yang mungkin dibutuhkan. Semua aspek ini harus diperhitungkan biayanya sejak awal sebelum usaha dijalankan. Untuk mengetahui biaya kisarannya, bisa berkomunikasi dengan pihak-pihak yang memiliki usaha serupa.

Baca juga: Sistem bagi hasil usaha kuliner yang wajib difahami

Dengan melakukan perhitungan anggaran sejak awal, maka akan mudah menentukan batasan-batasan untuk pembelian sesuatu. Selain itu, hal ini juga bisa meminimalisir pembengkakan biaya yang mungkin terjadi. Daripada dana membengkak, lebih baik diperhitungkan dan disiapkan sejak awal.

2. Pilih Lokasi untuk Berjualan

Setelah menentukan anggaran, kemudian bisa menentukan lokasi yang pas untuk berjualan. Opsi yang bisa dipakai ada dua, yaitu di depan rumah atau menyewa di tempat lainnya. 

Apabila memutuskan untuk berjualan di depan rumah, maka akan lebih murah karena tidak butuh biaya sewa. Namun jika dean rumah sepi, maka bisa menyewa di sekitar pasar yang tentunya sering dikunjungi banyak orang. 

Dengan memilih tempat semacam ini, maka akan banyak yang tahu bahwa ada toko pisang yang sedang buka. Jadi, keuntungan akan bertambah karena pembeli juga akan banyak.

Baca juga: Tips buka usaha warung kopi tradisional

3. Tentukan Pisang yang Akan Dijual

Cara membuka usaha jual beli pisang mentah selanjutnya adalah dengan menentukan pisang apa yang akan dijual. Jenis pisang tentunya ada banyak dan beragam. Dengan menentukan jenis apa saja yang akan dijual, maka bisa dicari tahu juga bagaimana proses merawatnya agar bisa tahan lama.

Setiap jenis pisang tentunya berbeda-beda tingkat kematangannya. Ada yang matang cepat, dan ada yang lebih lambat. Semua komponen ini harus diperhatikan agar tahu mana yang pas untuk dijual. Selain itu, pertimbangkan juga kebutuhan pasar agar pisang yang dijual terus laku.

4. Siapkan Peralatan Jual dengan Baik

Kemudian, penting juga untuk menyiapkan peralatan jual dengan baik. Tentunya akan ada banyak peralatan kecil dan mendetail yang dibutuhkan untuk membuka usaha semacam ini. jika nantinya saat berjualan ada peralatan yang kurang, maka hal ini akan menjadi poin kekurangan.

Baca juga: Kiat usaha minyak goreng home industri

Oleh sebab itu, buat perincian menyeluruh sejak awal mengenai apa saja peralatan yang dibutuhkan. Jika masih belum memiliki pandangan, coba untuk melihat dan berkomunikasi dengan penjual produk serupa. Langkah ini tentunya akan memudahkan dalam penentuannya.

5. Riset Mengenai Harga Jual

Terakhir yang perlu diaplikasikan adalah meriset harga jual di pasaran. Pisang mentah tentunya memiliki patokan harga tersendiri. Hal ini tentunya juga disesuaikan dengan beberapa aspek yang ada pada pisang. Untuk menentukannya, pastikan untuk riset terlebih dahulu.

Riset ini bisa dilakukan dengan bertanya pada para penjual pisang yang sama. Jangan sampai berjualan dengan harga yang terlalu tinggi, karena pembeli tidak akan tertarik. Namun, jangan patok harga terlalu rendah karena hal ini bisa mengarah pada keadaan yang merugikan.

Baca juga: Begini cara membuat surat izin usaha rumahan

Daftar cara membuka usaha jual beli pisang mentah di atas tentunya harus diaplikasikan dengan baik. Setiap aspeknya pasti sangat penting untuk diterapkan secara menyeluruh. Oleh sebab itu, pembahasan ini akan faktor manfaat bagi siapa saja yang akan memulai usahanya.