Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Mengembangkan Bisnis Kopi Kekinian Agar Semakin Laris

Bisnis Kopi Kekinian - Saat ini sudah banyak berkembang bisnis kopi kekinian yang merajalela. Banyak pengusaha muda yang berlomba-lomba ingin mengembangkan bisnis kopinya. Nah, di bawah ini merupakan beberapa tips mengembangkan bisnis kopi yang sedang ngehits di kalangan anak muda.

1. Menyusun Konsep

Bisnis Kopi Kekinian
Tips agar bisnis kopi kekinian laku besar
Sebelum membangun sebuah bisnis, maka Anda perlu menyusun konsep bisnis terlebih dahulu. Ini adalah hal yang sangat penting supaya Anda bisa mengembangkannya nanti. Selain itu, konsep bisnis kopi yang antimainstream juga dapat menarik para investor.

Baca juga: Ide jualan makanan online kekinian untuk pemula

Buatlah konsep bisnis kopi Anda ingin seperti apa. Perlu diketahui bahwa banyak pebisnis kopi yang mengusung konsep aesthetic, retro, atau konsep jadul namun tetap kekinian. Jadi, buatlah konsep bisnis yang jelas namun tetap menarik dan memberi makna atau filosofi tersendiri.

2. Melakukan Kajian Bisnis

Melakukan kajian bisnis harus dilakukan dalam proses pengembangan usaha kopi. Perhitungkan berapa besar modal yang diperlukan dan juga manfaat yang didapatkan. Selain itu, tentukan waktu yang diperlukan juha hingga bisa mencapai balik modal.

Baca juga: Peluang usaha modal kecil dengan cuan gede

Dengan melakukan kajian bisnis, tentu Anda bisa mendapat gambaran mengenai pengembangan bisnis Anda dari segala aspek. Mulai dari aspek keuangan, keuntungan, perkembangan customer, produk, atau yang lain sebagainya. Jadi, perlu diingat bahwa ini adalah menjadi salah satu tips yang perlu Anda lakukan dalam mengembangkan bisnis kopi kekinian.

3. Mempunyai SOP

Standard operation procedure atau SOP, adalah hal yang dasar untuk dimiliki setiap bisnis atau usaha. Usaha yang memiliki SOP jelas dapat memberikan kemudahan bagi pebisnis untuk dapat mengembangkan bisnis kopinya. Namun, tentunya SOP harus dibuat sebaik mungkin untuk meminimalisir terjadinya kesalahan di kemudian hari.

SOP yang dimaksud dalam bisnis kopi kekinian ini adalah yang berkaitan dengan pemilihan bahan baku, cara penyimpanan, penyajian, dan juga pelayanan terhadap pelanggan. Selain itu, SOP juga berisi tentang peraturan dasar mengenai karyawan dan operasional bisnis.

4. Mendaftarkan Merek

Merek atau brand adalah sebuah identitas bisnis. Jika Anda sudah memiliki produk dengan resep yang terbaik, maka selanjutnya Anda harus mendaftarkan merek produk Anda. Adanya merek juga dapat mempermudah orang lain untuk mengenali produk Anda bahkan membelinya dan menjadi langganan.

Buatlah nama merek yang unik, mudah diingat, dan menggambarkan bisnis Anda. Namun, jangan sampai menjiplak merek orang lain. Bisnis lain juga tidak berhak mengambil nama merek Anda jika Anda sudah memiliki legalitas merek Anda sendiri. Jadi, dengan mendaftarkan merek pada bisnis kopi kekinian, bisa memberikan legalitas pada bisnis Anda.

Baca juga: Usaha yang bagus untuk jangka panjang, rekomendasi untuk para calon pengusaha

5. Manajemen Profesional

Manajemen yang baik pada bisnis kopi kekinian Anda bisa membuat bisnis Anda semakin sukses. Pastikan bahwa bisnis kopi milik Anda dikelola dengan sumber daya manusia yang baik dan profesional serta ahli di bidangnya. Anda juga harus memperhatikan cash flow dari franchise kopi yang sedang dijalani.

Maka dari itu, Anda juga perlu pencatatan keuangan yang sangat dibutuhkan dalam suatu bisnis. Dengan begitu, Anda bisa memantau perkembangan bisnis Anda setiap harinya. Dalam hal ini, Anda bisa merekrut karyawan yang mengerti soal keuangan seperti akuntan yang profesional dan ahli di bidang keuangan.

Demikianlah tentang tips mengembangkan bisnis kopi kekinian untuk Anda. Dengan memperhatikan hal-hal di atas, maka akan sangat mungkin bisnis Anda berkembang semakin baik dan juga memberikan keuntungan.