Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Cara Membuat Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kerja yang Sesuai

Selama Anda bekerja, pastinya ada beberapa saat dimana Anda mengalami halangan untuk datang ke kantor. Berbagai macam halangan dapat terjadi mulai dari sakit hingga kepentingan keluarga atau menikah. Salah satu izin yang paling sering terjadi adalah sakit. Dengan begitu, Anda perlu cara membuat surat izin sakit tidak masuk kerja.

Walaupun ada berbagai macam halangan yang sudah sangat mendesak, tetap saja, Anda harus membuat surat izin jauh lebih dulu. Dengan begitu, pihak perusahaan dapat mengetahui alasan jelas dari ketidakhadiran Anda. Bahkan, hal ini juga menunjukkan profesionalitas Anda sebagai karyawan.

Yuk, simak, cara membuat suratnya dalam artikel ini!

5 Cara Membuat Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kerja

Cara Membuat Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kerja
Cara membuat surat izin tidak masuk
kerja karena sakit. Photo by Ben Mullins on
Unsplash
Tentu saja, saat sekolah dulu, Anda mungkin dapat meminta izin secara lisan. Bahkan, sekolah saja sudah banyak yang tidak menerima metode tersebut lagi. Apalagi dengan perusahaan yang jauh lebih formal.

Karena itu, Anda dapat membuat surat sebagai bukti izin yang jelas. Cukup gunakan beberapa langkah sederhana dengan memperhatikan hal ini dalam penulisan.

1. Isi Tanggal Izin Kerja

Dalam membuat surat, penting halnya untuk memasukkan tanggal izin kerja. Dapat dikatakan bahwa tanggal adalah hal yang paling penting dalam membuat surat. Masukkan tanggal mengambil izin dengan baik pada surat.

Baca juga: Etika membuat surat izin tidak kerja yang perlu diketahui  

Dengan begitu, pihak atasan akan memberikan tugas Anda kepada orang lain selama izin. Selain itu, dapat dibicarakan kembali untuk tugas Anda nantinya.

2. Identitas

Masukkan identitas diri Anda ke dalam surat. Anda harus memasukkan identitas diri dengan benar dari memperhatikan jabatan. Kemudian masukkan divisi secara lengkap hingga nomor induk kepegawaian.

Jadi, pihak HRD dapat dengan mudah membuat data izin Anda. Tanpa data yang jelas ini, bisa saja izin Anda dianggap tidak ada dan menjadi alpa.

3. Alasan Izin

Selain itu, masukkan data lainnya berkaitan dengan alasan izin kerja. Seperti yang sudah dibaca sebelumnya, ada berbagai macam alasan dari ketidakhadiran seseorang.

Karena Anda memang sedang sakit, tuliskan dengan jelas kondisi yang dialami. Izin hanya akan diberikan ketika surat tampak logis. Ceritakan keadaan dengan baik dan secara logis juga dalam bentuk yang resmi.

4. Lama Waktu

Hal ini tidak terlalu diperhatikan dalam cara membuat surat izin sakit tidak masuk kerja karena tidak ada tanggal pasti untuk kesembuhan. Namun, Anda tetap dapat menuliskan sekiranya waktu izin yang diperlukan.

Biasanya, akan memakan waktu hingga 3 hari untuk kembali fit jika hanya sakit biasa. Anda dapat memasukkan lebih dulu dan perpanjang nantinya jika belum sembuh.

Baca juga: Ciri surat izin kerja yang baik

5. Terima Kasih

Menyampaikan terima kasih adalah hal penting untuk dilakukan. Sebagai karyawan, Anda harus dapat menghargai pihak atasan. Ingat untuk menyampaikan rasa terima kasih dalam surat.

Jadi, akan tercipta hubungan kerja yang jauh lebih baik dalam perusahaan. Anda juga membuat pihak atasan merasa lebih senang karena dihargai.

Dengan memperhatikan berbagai macam hal ini dan menuliskannya, Anda sudah menyelesaikannya cara membuat surat izin tidak masuk kerja yang tepat. Tidak harus membuang banyak waktu untuk menulis surat. Namun, pastikan mengambil izin karena kondisi sebenar-benarnya. Jangan sampai mengambil izin palsu karena resikonya sangat besar.