Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Memahami Cara Kerja Big Data Analytics dan Pentingnya Terhadap Bisnis

Bagi suatu bisnis, data menjadi sebuah komoditas dengan nilai tak terhingga di era digital seperti sekarang.

Hampir seluruh sektor industri yang terlambat memanfaatkan potensi data, maka mereka akan kalah bersaing di tengah kompetisi yang begitu ketat seperti sekarang.

Oleh karena itu, pemahaman terkait big data analytics sudah semestinya diterapkan semua perusahaan.

Big data analytics atau analitik data besar mampu mempengaruhi pertumbuhan bisnis secara signifikan.

Di antaranya dapat membantu menganalisis, membuat keputusan, hingga menentukan kebijakan yang hendak diambil ke depannya.

Yuk cari tahu secara mendalam terkait apa itu analitik data  besar dan manfaatnya terhadap bisnis.

Cara Kerja Big Data Analytics
Saat ini mengetahui cara kerja big data
analytics sudah menjadi keharusan. Foto; Canva.com

Apa itu Big Data Analytics?

Big data analytics adalah bagian dari ilmu data (data science) yang menganalisi sekumpulan data dengan volume yang sangat besar. Ukuran big data bukan lagi dalam GigaByte, namun sudah ke tahap TeraByte, PetaByte, ZettaByte, atau bahkan lebih tinggi dari itu.

Sumber data yang dihasilkan sendiri bisa dari internal perusahaan itu sendiri, media sosial, perangkat Internet of Things (IoT), website, sensor perangkat, dan banyak lagi. Saking besar dan kompleksnya data, maka proses analisis tidak menggunakan teknologi tradisional seperti pada umumnya.

Jadi, analitik big data merupakan proses menganalisis data berukuran sangat besar guna menemukan suatu informasi seperti halnya tren pasar, pola tersembunyi, preferensi customer, atau informasi lain yang dibutuhkan perusahaan.

Prosesnya sendiri terdiri atas pengumpulan format data (born digital data & born analogue data), penyimpanan, pengelolaan, analisis data, hingga pengambilan wawasan atau informasi yang berharga. 

Nantinya, wawasan atau informasi tersebut dibutuhkan untuk sarana pengambilan keputusan perusahaan baik untuk menentukan kebijakan di saat itu juga maupun kebijakan di masa mendatang. Karena bersumber dari data, maka keputusan pun tidak memihak dan tidak bercampur emosi yang mengakibatkan kesalahan pengambilan keputusan.

Cara Kerja Big Data Analytics

Ada beberapa sistem kerja dari analitik data besar mulai dari awal hingga menghasilkan wawasan. Berikut rinciannya:

1. Identifikasi Masalah atau Tujuan

Pertama, proses dimulai dengan mencari tujuan ataupun masalah dibalik analisis yang hendak dilakukan. Ini penting karena segala rangkaian proses yang hendak dilakukan pastinya harus didasarkan pada tujuan tersebut.

2. Pengumpulan Data

Pengumpulan data dapat dilakukan menggunakan cara manual maupun melalui bantuan sistem canggih. Sumber data yang dapat dikumpulkan yaitu dari sumber data perusahaan, internet, cloud, log server, sensor perangkat, sosial media, email, survey, dan data dari perangkat Internet of Things (IoT).

3. Persiapan Data

Bila data telah terkumpul pada data warehouse maupun data lake, maka selanjutnya akan dilakukan data preparation atau persiapan data. Yaitu dengan mengatur, membagi, mengelompokkan, mengonfigurasi, membersihkan, hingga meningkatkan kualitas data. Ini semua dibutuhkan agar data yang tersedia nantinya benar-benar siap digunakan.

4. Analisis Data

Terakhir yaitu data analysis atau analisis data dengan melakukan serangkaian teknik seperti halnya data mining, machine learning,  analisis statistik, visualisasi data, dan lainnya. Tujuannya yaitu untuk mengambil wawasan atau informasi dengan mengidentifikasi tren, pola, hubungan, atau pattern dari data yang ada.

Manfaat Big Data Analytics bagi Suatu Bisnis

Beragam manfaat dari big data analytics meliputi beberapa hal di bawah ini:

  • Pengambilan kebijakan secara cepat dan akurat
  • Peningkatan pengalaman kenyamanan pelanggan
  • Peningkatan inovasi suatu produk
  • Manajemen risiko

Itulah serangkaian cara kerja big data analytics dan peran pentingnya bagi perusahaan. Apakah bisnis Anda sudah siap mengaplikasikan teknologi satu ini?