Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Nama Kopi Unik yang Cocok Masuk Daftar Menu Coffe Shop

Sadarkah kamu bahwa nama kopi unik bisa menarik daya tarik pembeli untuk mencicipinya. Saat ini sudah banyak coffe shop atau café yang menyediakan menu kopi variatif.

Jangan sampai menu kopi terbaik yang kamu jual tidak laku karena salah memberikan nama. Pilih nama kopi yang sesuai dengan ciri khas dari kopi itu sendiri. Berikut pilihan nama kopi unik dan artinya terbaik yang bisa kamu pakai:

Nama kopi unik
Pilihan nama kopi unik beserta artinya yang bisa kamu pilih

1. Kopi Talua Manja Sehat

Pertama kamu bisa menggunakan nama menu kopi talua manja. Sebenarnya, kopi jenis talua sendiri sudah sangat terkenal bagi pecinta kopi. Berasal dari Minang, talua memiliki arti telur.

Perpaduan antara kopi hitam dan telur mentah sangat dianjurkan untuk kesehatan. Supaya rasa kopi makin nikmat, maka bisa ditambah dengan kental manis dan bahan lain.

Baca juga: Tips mengembangkan bisnis kopi kekinian agar semakin laris

Jika dilihat dari bentuknya, kopi talua memiliki busa layaknya tiramisu atau capucino. Tekstur kopi talua kental dan akan terasa sedikit gurih di lidah yang berasal dari kocokan telur mentah.

2. Kawa Daun Seduh

Rekomendasi nama kopi yang unik kedua adalah kawa daun seduh. Jenis kopi kawa daun sangat terkenal di kawasan Sumatera Barat dan dijual di café-café. Ada keunikan khusus dari kopi kawa daun dari teknik penyajiannya.

Mayoritas kopi berasal dari biji kopi pilihan dan sudah melewati proses berjam-jam. Berbeda dengan kawa daun karena diambil dari daun kopi layaknya teh.

Penyajiannya diseduh dan disajikan dalam gelas tempurung yang tidak biasa pada pembuatan kopi. Penambahan kayu manis pada kopi kawa daun seduh memungkinkan seseorang makin tertarik mencicipi. 

3. Takar Mandailing

Tidak ada salahnya jika kamu membuat menu nama kopi yang langsung menyasar daerahnya. Kopi takar adalah kopi yang berasal dari Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Jika sebelumnya disajikan dalam gelas tempurung, kopi takar disajikan cangkir batok kelapa. Lalu, penambahan kayu manis juga dipakai untuk memperkuat aroma siapa saja yang menciumnya.

Tambahkan gula aren sebagai pemanis khas kopi takar, Mandailing. Sekarang sudah banyak orang yang lebih memilih menggunakan gula aren untuk minuman karena terbukti nikmat.

4. Kopi Khop Gelas Terbalik

Saat membaca menu nama kopi unik yang satu ini pasti kamu akan penasaran. Baik sebagai penjual atau pembeli, kopi gelas terbalik rasanya sangat mustahil disajikan.

Baca juga: Rekomendasi Mesin Espresso untuk Coffee Shop yang Bisa Dicoba

Jangan salah, di Aceh ada kopi khas bernama kopi khop yang penyajiannya ditutup piring kecil. Nantinya piring tersebut dibalik dengan cepat sampai kopi tidak tumpah ama sekali.

Cara menikmati kopi terbalik ini harus menggunakan sedotan. Jenis kopi yang disajikan mayoritas adalah kopi robusta tapi bisa juga yang lain. Pelajari teknik khusus penyajian kopi khop agar penyajiannya sempurna.

5. Kopi Manggar Anak Rantau

Nama kopi unik yang disarankan selanjutnya adalah kopi manggar anak rantau. Masih menjadi ciri khas dari suatu daerah, kopi manggar berasal dari Belitung.

Bahkan kamu akan sia-sia jika datang ke Belitung tanpa mencicipi kopi yang satu ini. Berbeda dari yang lain, penyajian kopi manggar sangat unik yakni dengan bubuk yang diletakkan di saringan.

Saringannya terbuat dari katun kemudian diseduh sampai mendidih dan siap disajikan. Selama ini kopi manggar mengandalkan kental manis sebagai pemanis. Namun kamu bisa mengganti dengan pemanis lainnya.

6. Kopi Mentari

Berikutnya jika kamu ingin membuat nama kopi selain khas daerah bisa memakai kopi mentari. Makna mentari ini adalah, kopi adalah hidangan terbaik untuk menyambut pagi.

Mentari pagi akan menyambut kamu dengan hangat berikut secangkir kopi. Tapi, jika mentari panas terik menyengat, kopi juga bisa dinikmati dan disajikan dalam bentuk es.

Nama kopi unik seperti kopi mentari seakan memberi semangat kepada siapa saja yang menikmatinya. Ada harapan terselubung supaya tiap kali mentari muncul dan kopi akan jadi salah satu saksinya.

7. Es Krim Kopi atau Kopi Es Krim

Sebenarnya dua nama unik menu kopi di atas penyajiannya akan dalam bentuk berbeda. Khusus untuk es krim kopi maka bentuknya berupa es krim rasa kopi saja.

Namun jika ditulis dengan nama kopi unik kopi es krim maka akan beda cerita. Nantinya, kopi yang kamu buat harus punya sensasi rasa es krim di lidah. Tambahkan aroma es krim dan sajikan dalam kondisi dingin.

Pemilik kedai kopi dengan menu kopi es krim jelas akan tertantang dalam segi penyajiannya. Sangat jarang ada menu kopi es krim meski ide tersebut sering muncul sebagai menu baru.

8. Kopi Terapi

Bagaimana jika kamu menyajikan kedai kopi yang hanya menyajikan kopi sehat saja?. Buat menu-menu kopinya dengan menu yang berkaitan dengan kesehatan seperti kopi terapi.

Jenis kopi terapi sendiri wajib punya unsur kesehatan dan minimalisir gula. Banyak kopi yang bisa dijadikan terapi bagi pecintanya seperti kopi yang ditambah dengan telur.

Bisa juga kopi terapi disajikan dengan mengandalkan aroma daun mint. Sensasi kesegaran daun mint ketika dihirup dan juga ketika dinikmati oleh lidah pasti akan sangat terasa.

Baca juga: Tips membuka usaha warung kopi sachet modal murah untung melimpah

9. Kopi Madu Alami

Selain mencari ide nama unik kopi, kamu juga wajib mengembangkan usaha yang lain. Contohnya saja jika kamu punya usaha madu, maka buat menu kopi madu alami yang sehat.

Selama ini kopi hitam menyehatkan untuk tubuh tapi sayang penyajiannya selalu pakai gula. Jika gula diganti dengan madu alami, maka nantinya kopi akan lebih sehat.

Memang untuk penyajian kopi menggunakan madu masih jarang. Justru yang lebih banyak menggunakan madu adalah teh bukan kopi. Tapi tidak ada salahnya mencoba inovasi kopi madu alami untuk dijual.

10. Kopi Ala Emak

Anak rantau sering kali rindu dengan makanan atau bahkan kopi buatan ibunya. Jangan ragu untuk membuat inovasi menu bernama kopi ala emak atau kopi ala uni, uda dan lainnya.

Maksud nama panggilan khas di belakang adalah untuk mengingatkan akan kampung halaman. Emak atau ibu adalah orang yang sering menyiapkan kebutuhan anak termasuk kopinya.

Selain nama kopi ala emak itu unik, ada unsur nostalgia disana. Silahkan buat ciri khas kopi jadul yang sudah mulai tersisih dalam dunia kopi. Disarankan untuk mematok harga rendah untuk menu kopi ala emak.

Baca juga: Ingin buka usaha warung kopi tradisional? Ikuti tips ini

11. Kopi Kampung Ori

Sekarang para orang tua sulit mencari menu kopi hitam nikmat di coffe shop. Dominasi menu disana adalah menu kopi ala barat yang tidak cocok di lidah orang tua.

Ketika kamu membuat nama kopi unik berupa kopi kampung ori maka jelas akan lebih otentik. Ciri khas kopi kampung hitam kental tanpa gula harus kamu tonjolkan. Pilih biji kopi terbaik supaya rasanya juga oriental.

Itulah dia nama kopi unik yang cocok untuk dijadikan referensi nama menu. Nama-nama kopi unik di atas juga bisa kamu jadikan sebagai nama warung kopi unik loh. Nah selanjutnya pastikan semua nama kopi di atas sudah kamu temukan resep khususnya. Dengan begitu, resep kopi kamu tidak mudah ditiru.