Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Untuk Memilih Oli Mesin yang Tepat Untuk Motor

Bagi kamu yang memiliki motor, sudah jelas bahwa memiliki saja tidaklah cukup. Ada cara perawatan onderdil motor yang harus diperhatikan. Terutama untuk oli mesin yang ternyata tidak bisa sembarangan dipilih. Kamu harus tahu apa saja tips untuk memilih oli mesin yang tepat pada motor. Mengingat kesalahan dalam memilih oli mesin bisa berakibat fatal dan malah membuat motor tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Tips Untuk Memilih Oli Mesin yang Tepat Untuk Motor

Oli mesin pada motor sendiri memiliki peranan yang sangat penting untuk performanya. Tidak heran bila dalam pemilihan oli mesin juga harus diperhatikan dengan baik. Fungsi utama dari oli pada mesin motor adalah untuk membuat mesin tetap dingin. Mesin motor saat digunakan akan bergesekan satu sama lain dan bila tidak ada oli atau pelumas akan menyebabkan panas. 

Selain itu, oli mesin juga untuk mencegah terjadi bunyi bising yang mengganggu. Dengan fungsinya yang sangat penting ini, tidak heran apabila kamu harus mengganti oli mesin secara berkala. Adapun beberapa tips memilih oli mesin yang tepat untuk motor sebagai berikut ini: 

1. Sesuaikan dengan Karakteristik dan Kebutuhan 

Tips pertama adalah dengan menyesuaikan karakteristik dan juga kebutuhan. Kamu harus tahu bahwa di pasaran, banyak jenis oli mesin motor yang dijual. Dimana setiap oli mesin tersebut memiliki kelebihan masing-masing dan diperuntukan untuk karakteristik motor yang berbeda. Maka daripada itu, penting sekali  untuk kamu memperhatikan apa karakteristik dari motor yang kamu miliki dan pilihlah oli mesin yang sesuai dengan kebutuhan. 

2. Perhatikan Masalah Kekentalannya 

Selanjutnya dalam memilih oli mesin yang tepat untuk motor adalah dari tingkat kekentalannya. Hal ini karena tingkat kekentalan dari oli mesin mempengaruhi daya gesek setiap mesin. Sehingga penting sekali untuk kamu memilih oli mesin yang memiliki kekentalan yang sesuai dengan karakter dari motor. Kamu bisa mengetahui kekentalan dari oli mesin ini dengan mempelajari produk yang ingin dipilih. 

3. Pastikan Kualitasnya

Tips selanjutnya untuk memilih oli mesin yang tepat untuk motor adalah dengan memastikan kualitasnya. Jangan sampai kamu tergiur dengan harga murah tanpa melihat bagaimana kualitasnya. Banyak yang menyarankan untuk memilih oli mesin yang sudah terjamin resmi sehingga jelas kualitasnya. Beli saja di bengkel yang sudah resmi untuk mendapatkan kualitas oli mesin yang terjamin. 

Terlihat dengan jelas bagaimana pemilihan oli mesin yang tepat sangatlah mempengaruhi kinerja dari motor. Maka daripada itu, jangan pernah sembarangan dalam membeli oli mesin untuk kebutuhan motormu. Apabila kamu ingin mengetahui informasi yang berkaitan dengan motor lainnya, maka bisa mengikuti Suryanation. Dimana di Suryanation ada banyak sekali info–info bermanfaat untuk merawat motor yang tepat.