Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Inilah 5 Tugas Cleaning Service Beserta Jenis-jenisnya

Barangku.id - Dalam sebuah perusahaan atau bidang industri tentunya memiliki banyak bagian atau departemen yang berperan penting. Salah satunya cleaning service, artikel ini akan memberitahu apa saja tugas cleaning service dalam sebuah perusahaan atau industri.

Cleaning service umumnya memiliki beberapa tugas dan bertanggung jawab dalam kebersihan dan beberapa hal yang menyangkut dengan manajemen bangunan. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan cleaning service dan beberapa tugasnya sebagai berikut:

Pengertian Cleaning Service

tugas cleaning service
Uraian tugas cleaning service

Cleaning service adalah pekerjaan atau tugas yang berhubungan dengan kebersihan pada sarana publik maupun gedung pemerintahan atau perusahaan. Sebagai kategori untuk pemberian jasa, kewajiban utama pekerjaan ini adalah merawat prasarana dalam bangunan.

Cleaning service ini pada dasarnya memiliki arti sebagai petugas kebersihan, pekerjaan tersebut juga dibagi dengan berbagai kategori. Yang mana, kategori tersebut disesuaikan dengan keinginan atau kebutuhan pemilik gedung.

Baca juga: Kerja di rumah mendatangkan cuan

Contohnya Anda menjadi petugas dalam perawatan gedung atau membantu tugas karyawan. Umumnya setiap gedung perindustrian atau perkantoran, pemerintah dll akan membutuhkan jasa cleaning service guna untuk menjaga keindahan dan kebersihan lingkungan.

Tugas Cleaning Service

Tugas atau pekerjaan utama dari cleaning service yaitu memelihara atau menanggung seluruh fasilitas dalam suatu gedung supaya lingkungan tersebut terjaga dengan optimal. Simak penjelasan lebih jelas tentang tugas atau tanggung jawab pekerjaan ini.

1. Menjaga Kebersihan Gedung Bagian Dalam

Seperti yang telah diketahui cleaning service ini mempunyai tugas untuk menjaga kebersihan gedung. Dikarenakan setiap bagian yang terdapat didalam bangunan adalah aspek penting yang harus selalu dijaga dan dirawat.

Pekerjaan cleaning service yang di bagian dalam gedung ini meliputi setiap ruangan, meja, kaca atau fasilitas lainnya. Untuk cara kerjanya ini dilakukan dengan berbagai kegiatan seperti menyapu mengepel baik secara manual atau melalui vacuum cleaner.

2. Membersihkan Bangunan Bagian Luar

Tanggung jawab selanjutnya dari dari seseorang yang bekerja sebagai cleaning service yaitu membersihkan dan merawat gedung bagian luar. Pekerjaan tersebut meliputi kolam renang, lapangan olahraga, lahan parkir, taman dan lain-lain.

Selain itu cleaning service juga memiliki tugas membersihkan interior seperti lantai, pintu, hingga setiap tiang atap juga harus dibersihkan. Hal ini sangatlah penting karena gedung bagian luar dapat menentukan impresi setiap pengunjung.

3. Memelihara Aspek Dekoratif Gedung

Menjaga setiap aspek dekoratif dalam setiap gedung juga merupakan pekerjaan yang harus dilakoni Anda sebagai jasa cleaning service. Pekerjaan ini meliputi membersihkan dan merawat setiap gedung seperti pernak-pernik interior, lantai dan tanaman hias.

Untuk alat yang digunakan membersihkan lantai dalam sebuah gedung dan sudah umum digunakan oleh pekerjaan ini adalah vacuum cleaner. Dikarenakan gedung tersebut memiliki luas area yang cukup luas sehingga sangat memakan waktu jika dilakukan manual.

Baca juga: 8 Kerja sampingan online untuk karyawan

Oleh sebab itu, setiap kantor pekerjaan atau perusahaan yang mempekerjakan cleaning service seharusnya telah menyediakan alat kebersihan sangat inovatif. Supaya setiap pekerjaan petugas kebersihan dapat dilakukan secara cepat dan secara efektif.

Tugas lain dari cleaning service selain yang disebutkan diatas yaitu merawat seluruh aspek dan interior gedung seperti vas dan sofa. Kemudian petugas kebersihan ini juga diharuskan untuk merawat taman seperti pemupukan, mengganti tanah dalam tanaman.

4. Membersihkan Area Toilet

Pekerjaan cleaning service yang selanjutnya adalah merawat dan menjaga kebersihan toilet. Setiap perusahaan umumnya menekankan sebuah tanggung jawab pekerjaan ini kepada cleaning service dikarenakan area tersebut sering kotor dan tempat bakteri.

Seperti yang kita ketahui di berbagai pusat perbelanjaan terdapat petugas kebersihan yang bekerja baik di bagian dalam kamar mandi atau luar. Hal tersebut dilakukan bertujuan, setiap pengunjung yang datang merasa nyaman karena fasilitas toilet higienis.

5. Merawat Perlengkapan Gedung

Tugas untuk merawat setiap pelengkap gedung merupakan sebuah tugas pekerjaan g sering dilupakan. Pekerjaan ini juga sering disebut dengan sebutan layanan mobilitas, seperti elevator, lift selain juga ada tangga darurat.

Kebersihan pada area tersebut selain memastikan kenyamanan kepada pengunjung tugas ini juga sangat penting jika terjadi suatu kejadian yang darurat. Yang dimaksud dengan kejadian darurat adalah insiden yang bisa membahayakan kesehatan kepada karyawan dalam gedung.

Baca juga: Cara melamar kerja di Indomaret Online dan Offline

Untuk itu cleaning service, sebaiknya jangan lupa untuk merawat kebersihan dengan rutin kepada tiga akses tersebut. Petugas cleaning service juga harus segera melaporkan, jika membutuhkan perbaikan atau perawatan perlengkapan gedung.

Jenis-jenis Cleaning Service

Cleaning service adalah pekerjaan yang mempunyai tugas dan ruang lingkup kerja yang luas dan bervariasi. Maka dari itu pekerjaan ini dibagi dengan berbagai kategori, untuk lebih jelasnya simak informasi berikut ini:

● General Cleaning. Layanan jasa cleaning service kategori ini diberikan pada waktu atau acara tertentu saja. Seperti dalam acara rapat besar, sebuah pernikahan kemudian juga digunakan oleh sebuah perusahaan jika akan melakukan penyambutan tamu.

● Commercial Cleaning. Jenis jasa layanan ini digunakan pada pusat perkantoran, hotel, perbelanjaan, dan sekolahan. Untuk jenis layanan ini menjadi incaran untuk semua kalangan lebih khususnya lagi pada perusahaan-perusahaan besar.

Baca juga:  7 Rekomendasi kerja online langsung dibayar ke rekening

● Home Cleaning. Jasa home cleaning merupakan jasa yang paling banyak dicari di kota-kota besar. Dengan alasan pemilik rumah sering kerepotan dan kesulitan dalam menjaga kebersihan rumahnya lantaran sibuk dengan pekerjaan.

● Specialized Cleaning. Jasa kebersihan ini disesuaikan dengan permintaan kebutuhan dari konsumen. Jasa ini berbeda dengan jenis jasa cleaning service yang lain, selain itu juga menjadi jasa kebersihan material spesifik seperti sofa keramik dll.

Itulah penjelasan mengenai apa saja tugas cleaning service dan beberapa jenis dari pekerjaannya. Perawatan dan kebersihan adalah sebuah aspek yang sangat penting dalam pemeliharaan dalam aset perusahaan dan perindustrian, jasa cleaning service pasti sangat dibutuhkan.