Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

8 Jenis Mesin Jahit Untuk Berbagi Fungsi Yang harus Diketahui

Barangku.id - Bagi yang masih dalam tahap belajar menjahit, maka tentu harus paham dengan beberapa jenis mesin jahit yang ada. Karena setiap jenis dari mesin jahit ini pun memiliki fungsinya tersendiri sehingga, harus tahu jenis-jenisnya.

Bagi yang belum tahu sama sekali dengan jenis-jenis dari mesin jahit, maka kali ini pun akan diulas mengenai beberapa jenis dari mesin jahit. Di bawah nanti juga akan disebutkan mengenai fungsinya. Jadi langsung simak saja ulasannya:

jenis jenis mesin jahit
Aneka jenis mesin jahit

1. Mesin Jahit Manual Atau Klasik

Jenis pertama dan bahkan yang mungkin sudah sangat seru ditemukan adalah mesin jahit manual yang juga sering dianggap barang klasik. Mesin jahit ini merupakan produk yang pertama dibuat. Desain yang digunakan sendiri hampir mirip seperti peluru.

Baca juga: Tips membuka usaha sendiri di rumah  

Jenis ini pun tidak bisa digunakan untuk hal-hal yang tinggi. Sebab hanya bisa digunakan untuk menjahit model rantai dan dengan ukuran jarak yang kecil. Namun untuk saat ini mesin jahit sudah melakukan banyak perkembangan berarti.

2. Mesin Jahit High Speed

Jika di pabrik, maka tentunya tidak akan menggunakan jenis manual seperti yang telah diuraikan di atas. Sebab di Pabrik atau garmen lebih membutuhkan teknologi yang lebih tinggi. Jadilah mesin jahit high speed.

Jadi jenis high speed ini sudah memiliki kecepatan yang tinggi. Sehingga sering digunakan di garmen atau perusahaan konveksi sekalipun. Karena dengan begini, maka produksi dalam perusahaan tersebut bisa lebih maksimal. Jahitannya pun lebih rapi.

Hal ini wajar terjadi karena dinamo yang digunakan pun sudah sebesar 250 Watt. Bahkan untuk mesin ini sudah dilengkapi dengan alat yang bisa memotong benang sendiri. Namun untuk menggunakannya harus memiliki keahlian khusus.

Baca juga: Tips dan alasan membuka usaha laundry rumahan

3. Mesin Jahit Obras

Lalu untuk jenis mesin jahit yang ketiga ada mesin jahit Obras. Jadi untuk mesin ini adalah untuk menjahit pada tepian kain setelah dipotong. Jahitan ini bertujuan agar benang pada kain tersebut tidak terurai.

Biasanya jika ada kain lebihan yang tidak diperlukan, sudah ada pisau untuk memotongnya dalam mesin tersebut. Sehingga hasil yang didapatkan pun lebih rapi. Mesin obras pun ada beberapa tipe yang dapat digunakan.

4. Mesin Jahit Lubang Kancing

Kemudian ada lagi jenis lain yang juga sangat diperlukan dalam perusahaan konveksi, yakni mesin jahit untuk lubang kancing. Karena untuk membuat lubang kancing sendiri alatnya tidak sama dengan mesin obras. Tentunya hasil yang didapatkan sangat rapi.

Dengan mesin ini, maka akan mempermudah para penjahit untuk membuat lubang kancing pada tempat yang tepat atau bentuk yang sama rata. Sehingga lubang yang dihasilkan pun bisa sama. Bahan bisa sekaligus memasangkan kancing bajunya.

5. Mesin Jahit Neci

Kemudian pada jenis mesin jahit kelima adalah Neci. Bagi yang belum tahu, neci ini hampir mirip seperti mesin jahit obras seperti yang sudah diuraikan di atas. Namun hasil dari mesin neci ini lebih rapi ketimbang mesin obras.

Untuk penggunaan mesin neci ini sendiri, adalah untuk menjahit tepian pada kerudung. Sehingga helaian benang pada kain tersebut tidak terurai dan terkunci. Meski fungsinya sendiri tentu bukan hanya untuk merapikan kerudung saja.

6. Mesin Jahit Automatic

Jika masih kurang penjelasan dari mesin jahit high speed dan juga versi manual, maka masih ada lagi jenis automatic. Dimana pada jenis ini, untuk mengoperasi sudah menggunakan sistem digital. Jadi di dalamnya, sudah dilengkapi dengan sistematika komputer.

Sistem komputer yang digunakan di dalamnya pun juga sudah berkapasitas dan berkecepatan tinggi. Pada mesin jahit ini pun juga sudah disediakan berupa layar mobil. Dari layar monitor ini Anda bisa melakukan penyetelan.

Bahkan hanya tinggal klik menu konfigurasi, maka nanti akan langsung muncul beberapa jenis jahitan. Karena itu, mesin jahit ini bisa dikatakan sebagai versi multifungsi. Bahkan mesin kini pun juga sudah dilengkapi dengan pemotong benang otomatis.

7. Mesin Jahit Jarum Dua Rantai

Lalu masih ada lagi jenis yang ketujuh, tak lain adalah mesin jahit dengan jarum dua rantai. Di mana untuk fungsinya sendiri adalah untuk membuat jahitan dua rantai dalam dua baris sekaligus. Sehingga hasil yang akan didapat lebih sejajar.

Baca juga: Tips usaha jahit rumahan agar sukses

Mesin jahit seperti ini akan sangat cocok digunakan bagi yang ingin hasil jahitan lebih dekoratif. Untuk penggunaan dari mesin ini pun untuk beberapa macam produk, seperti Misalnya pembuatan bedcover. Kulit juga biasa dijahit dengan ini.

Bagi yang sering melihat jahitan pada celana dalam, pari melihat ada dua baris jahitan rantai yang terlihat. Karena memang untuk menjahit celana dalam menggunakan jenis mesin ini. Juga untuk beberapa jenis jahitan lain yang dekoratif.

8. Mesin Jahit Bordir

Kemudian untuk jenis mesin jahit terakhir yang akan diulas kali ini adalah untuk bordir. Mesin bordir sendiri adalah untuk membuat karya layaknya seperti hasil sulaman. Hanya saja untuk hasilnya bisa lebih rajin.

Jadi mesin bordir ini biasa digunakan untuk membuat pola di atas selembar kain dengan membentuk seperti sulaman. Untuk mesin bordir sendiri biasanya terhubung dengan komputer sehingga bisa mendapatkan kualitas yang bagus. Juga lebih mudah dan cepat.

Baca juga: Cara meningkatkan perjual online agar mampu bersain dan bertahan  

Dengan mesin bordir, maka akan memudahkan setiap penjahit yang ingin membuat hiasan rumit entah berupa bunga atau sekedar tulisan. Bahkan yang juga sering digunakan untuk menghias pinggiran kain kebaya. Hasil yang didapatkan pun sangat rapi.

Demikian adalah 8 jenis mesin jahit yang bisa dipelajari dan Dipahami. Perlu diingat, bahwa delapan jenis yang telah disebutkan bukan hanya sebatas itu saja jenis dari mesin jahit. Karena masih ada lagi jenis-jenis lain yang juga ada dan digunakan.