Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ketahui Penjelasan Pajak Bunga Deposito dan Tarifnya

Barangku.id - Pencarian terkait pajak bunga deposito jadi semakin menjamur bersamaan dengan meningginya angka nasabah yang terdaftar dan mengikuti layanan deposito. Pasalnya di era seperti sekarang ini, simpanan uang memang tidak hanya dengan mengandalkan tabungan Bank saja.

Deposito sendiri merupakan sebuah simpanan berupa uang dalam sebuah rekening yang tidak dapat diambil dalam beberapa jangka waktu tertentu. Segala pengaturan terkait deposito akan diuraikan di bawah ini termasuk pajak bunga yang memang sudah sesuai dengan ketentuan.

Apa Itu Pajak Bunga Pada Deposito

pph bunga deposito
Ilustrasi tarif bunga deposito

Adanya pungutan pajak bunga deposito merupakan pajak yang dikenakan kepada para nasabah yang tergabung dalam layanan ini pada sebuah Bank. Meskipun memang keuntungan dari hasil deposito memang tergolong lumayan, tapi Anda juga tidak dapat lupa akan tarikan pajaknya.

Biasanya pajak bunga pada layanan sistem deposito ini juga terkadang disebut sebagai bunga dari pajak penghasilan yang diterima. Penghasilan yang dimaksud bukanlah penghasilan bulanan dari nasabah, melainkan penghasilan tambahan atau persenan dari jumlah tabungan.

Pajak bunga dari deposito ini juga akan diberikan secara transparan oleh pihak Bank sehingga nasabah bisa mengetahui kemana kurangnya saldo tersebut.

Membayar pajak deposito ini sendiri merupakan kewajiban dari para nasabahnya agar terus patuh akan peraturan pemerintah terkait besaran penghasilan.

Baca juga: Cara verifikasi ulang BCA Mobile

Berapa Tarif Pajak Bunga Pada Deposito

Besaran tarif pajak yang dipungut kepada nasabah oleh pihak terkait juga berbeda-beda karena pada dasarnya tarif ini dibagi menjadi tiga. Tarif ini melalui peraturan dan ketentuan yang berlaku umumnya dibedakan berdasarkan tenor deposito yang dipilih nasabah di awal pendaftaran.

Perbedaan dari tarif pajak ini akan diuraikan dengan penjelasan singkat pada informasi yang diberikan di bawah ini:

1. Pajak Deposito DHE dalam Dolar

Jenis deposito devisa hasil ekspor ini mengacu pada mata uang dolar Amerika Serikat yang juga persen nya berasal dari tenor. 10 persen untuk deposito DHE tenor satu bulan, 7 persen untuk tenor 3 bulan, sebanyak 3 persen tenor 6 bulan.

Selanjutnya jangka waktu di atas itu mulai dari 6 bulan dan hitungan tahun seterusnya akan dikenakan pajak sebesar 0 persen. Hal ini nantinya bisa disesuaikan tergantung kebutuhan Anda.

2. Pajak Deposito DHE dalam Rupiah

Tarif tarikan berasal dari perhitungan pajak bunga deposito lainnya yaitu kini dijelaskan dalam bentuk mata uang Indonesia atau rupiah.

Berbeda dari sebelumnya, perbedaan berdasarkan jangka waktu atau tenor ini hanya dibagi dalam tiga bagian waktu saja. 8 persen untuk deposito DHE tenor satu bulan, 5 persen untuk tenor 3 bulan, dan selebihnya berlaku bebas dari pajak.

3. Pajak Deposito dari Tabungan

Jenis tarif pajak yang satu ini berlaku hanya untuk jenis deposito berbasis bisnis usaha tetap karena akan menerus tenor lama. Bunganya memang tergolong besar namun begitu juga dengan penghasilan dari persenan tabungan yang juga mendapatkan jumlah nominal besar.

Sebanyak 20 persen akan dipungut dan dibebankan kepada nasabah sebagai ketentuan yang berlaku dan dipotong dari hasil deposito. Pemberlakuan pajak bunga deposito jenis ini biasa disebut sebagai biaya wajib pajak bagi para pemilik usaha di segala bidang.

Cara Menghitung Pajak dan Bunga dari Deposito

Perhitungan ini akan dibagi tergantung apa yang akan Anda cari, apakah jumlah tarif pajaknya atau bunga dari keuntungannya. Sebesar apapun pajak yang dibebankan kepada nasabah namun Anda tidak perlu khawatir karena pendapatannya juga sudah pasti lebih besar.

Berikut penjelasan yang akan diuraikan terkait bagaimana cara menghitung pajak dan bunga dari deposito itu sendiri:

1. Perhitungan Keuntungan Pendapatan Deposito

Untuk menghitung keuntungan juga tidak serta merta hanya dengan hitungan asal atau langsung percaya dalam isi brosur begitu saja. Rumus perhitungan keuntungan dapat dilakukan dengan mengalikan suku bunga dari deposito dengan jumlah tenor penyimpanan.

Umumnya bahkan secara logika saja, maka dapat diketahui semakin lama deposito disimpan juga akan berpengaruh dengan besarnya keuntungan. Tentu ada baiknya menginvestasikan uang Anda di layanan deposito satu ini, kan?

2. Perhitungan Pajak Bunga Deposito

Dari tarif yang sebelumnya telah ditetapkan dan ditentukan juga dengan perhitungan keuntungan yang telah diketahui maka perhitungan ini dapat dilakukan. Perlu diingat jika pajak bunga dikalikan bukan dari besaran yang ditabung melainkan besaran dari keuntungan yang diperoleh.

Baca juga: Cara membuat klikpay BCA dan cara menggunakannya  

Perhitungan dari pajak ini dapat dilakukan dengan mengalikan persenan tarif yang ditentukan dengan keuntungan deposito lalu akan diketahui hasilnya. Anda juga diharapkan terlebih dahulu mengetahui deposito yang digunakan berada dalam jenis yang mana agar tidak salah hitung.

Demikian uraian terkait pengertian dan tarif dari pajak bunga deposito termasuk juga cara menghitungnya sebagai informasi singkat. Ikuti layanan deposito yang umumnya kini disediakan oleh Bank kesayangan untuk mendapatkan keuntungan sambil menabung secara aman.