Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat KlikPay BCA dan Cara Menggunakannya

Barangku.id - KlikPay merupakan sebuah layanan pembayaran transaksi belanja online untuk para pengguna klikBCA yang ditawarkan oleh bank tersebut. Mengetahui cara membuat KlikPay BCA adalah suatu hal yang seharusnya diketahui nasabah BCA untuk memperoleh layanan tersebut.

Terciptanya layanan ini tentu akan menambah pilihan metode atau cara pembayaran suatu transaksi yang dapat dilakukan oleh nasabah BCA. Sama seperti fitur lain yang sebelumnya telah disediakan, fitur ini juga memiliki beberapa syarat dan ketentuan.

Persiapan Membuat KlikPay BCA

cara membuat bca klikpay
Ilustrasi cara membuat klikpay BCA

Saat ini BCA juga menyediakan sejumlah layanan pembayaran online yang bisa Anda lakukan lewat platform resminya, salah satunya yaitu klikPay BCA. Untuk bisa membayar dengan layanan KlikPay BCA tentunya Anda harus memahami bagaimana cara registrasi dan cara aktivasinya.

Ada sejumlah hal yang Anda perlu siapkan sebelum membuat KlikPay BCA yaitu alamat email, akun KlikBCA, dan nomor seluler. Penjelasan dari hal-hal yang perlu dipersiapkan tersebut dapat Anda simak dalam pembahasan di bawah ini.

Baca juga: Cara mendaftar M Banking BCA dan cara aktifasinya

1. Alamat email

Dalam berbagai keperluan di dunia digital, Alamat email adalah hal utama yang hampir selalu wajib untuk disiapkan. Email ini akan sangat berperan dalam proses pendaftaran yaitu sebagai penerima sebuah kode unik untuk verifikasi.

Selain itu, alamat surat elektronik milik Anda juga dapat digunakan saat akan login ke aplikasi KlikPay. Pada halaman awal aplikasi akan disediakan kolom untuk mengetik email dan password untuk masuk.

2. Nomor Seluler

Nomor seluler nantinya akan digunakan untuk menerima kode aktivasi serta kode One Time Password (OTP) yaitu kode keamanan sekali pakai.

Nomor telepon yang Anda gunakan harus selalu aktif karena jika tidak, transaksi dapat mengalami kegagalan yang disebabkan oleh gagal kirim kode OTP.

3. Kartu Kredit BCA

Untuk membuat KlikPay BCA hal yang perlu disiapkan selanjutnya yaitu account klik BCA ataupun kartu kredit BCA. Kedua alat tersebut adalah sarana yang dapat Anda pilih saat akan bertransaksi dengan KlikPay BCA nantinya.

Tetapi jika Anda ingin melakukan transaksi pembayaran tersebut dengan sistem angsuran maka yang digunakan adalah kartu kredit BCA. Apabila pembayaran dilakukan tidak dengan diangsur maka Anda dapat memilih salah satu dari dua alat tersebut.

Cara Membuat KlikPay BCA

Setelah Anda memahami dan telah menyiapkan semua yang disyaratkan harus disiapkan untuk melakukan pendaftaran layanan ini, maka berikutnya perlu mengetahui bagaimana caranya membuat KlikPay BCA. Perhatikan pembahasan berikut.
  • Akses website dengan mengetik klikpay.klikbca.com.

  • Selanjutnya klik menu “daftar” yang berada di sebelah pojok kiri atas layar.

  • Kemudian akan muncul “syarat dan ketentuan” cermati tulisan tersebut lalu jika setuju klik opsi "Setuju".

  • Setelah itu, Anda akan diarahkan ke halaman “data pengguna”, isilah data dengan lengkap dan benar.

  • Selanjutnya pilih jenis pembayaran yaitu KlikBCA atau kartu kredit BCA.

  • Ketikkan kode captcha dengan benar lalu klik “Kirim” lalu akan muncul “konfirmasi data pengguna” perhatikan data tersebut jika sudah benar klik “Kirim”.

  • Setelah itu kode aktivasi akan dikirim ke nomor telepon dan juga email Anda.

Cara Aktivasi KlikPay BCA

Cara membuat KlikPay BCA pada langkah di atas belumlah selesai, berikutnya penting bagi Anda untuk melakukan proses aktivasi. Proses yang dilakukan melalui situs layanan ibank.klikbca ini adalah langkah lanjutan agar layanan KlikPay ini bisa digunakan.
  • Setelah Anda berada di situs ibank.klikbca, ketiklah user ID dan juga password yang sudah dibuat sebelumnya lalu klik “login”.

  • Pada pilihan di sebelah kiri klik “administrasi” lalu klik “aktivasi BCA KlikPay” pada daftar menu yang ada.

  • Kemudian akan ada tampilan “administrasi aktivasi BCA KlikPay”, masukkan kode aktivasi yang dapat Anda lihat di kotak masuk sms dan email.

  • Selanjutnya pilihlah nomor rekening bank yang digunakan lalu ketikkan kombinasi dari 8 angka yang ada di keyBCA appli 2.

  • Klik lanjutkan apabila sudah benar lalu isilah nomor rekening pada kolom yang ada.

  • Kemudian ketikkan respon keyBCA appli 1 dan tekan “kirim” setelah diisi.

  • Jika sudah selesai maka akan mendapat notifikasi bahwa aktivasi klikPay BCA telah berhasil.

  • Anda juga mendapat pemberitahuan melalui email.

Cara Menggunakan BCA KlikPay

Setelah Anda selesai dan berhasil membuat dan melakukan aktivasi klikPay, maka selanjutnya Anda harus memahami cara menggunakannya. Sebenarnya penggunaan layanan ini tidak jauh berbeda dengan yang lain namun, agar lebih jelas simak pembahasan berikut.
  • Anda harus berbelanja di merchant yang telah bekerjasama dengan BCA.

  • Lalu pilih barang yang ingin dibeli di merchant tersebut mata metode pembayarannya pilihlah BCA KlikPay kemudian login ke aplikasinya.

  • Masukkan user ID dan password lalu akan tampil daftar rincian pembayaran.

  • Pilihlah jenis pembayaran dengan BCA card atau klikBCA”.

  • Setelah itu tekan “Kirim OTP” dan masukkan kode OTP pada kolom yang disediakan.

  • Jika berhasil Anda akan mendapatkan notifikasi.
Demikian pembahasan tentang cara membuat KlikPay BCA serta bagaimana cara menggunakannya untuk berbelanja di merchant favorit Anda. Kemudahan dalam bertransaksi digital menuntut untuk selalu berhati-hati terhadap segala hal yang dapat menimbulkan kerugian.