Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Inilah Cara Verifikasi Ulang BCA Mobile yang Terblokir Tanpa Ribet

Barangku.id - Keberadaan aplikasi BCA mobile bisa memudahkan dalam berbagai transaksi perbankan, tetapi ada kalanya tidak lagi bisa mengakses karena kondisi tertentu. Sementara itu, segala kegiatan mobile banking jadi terganggu karena tidak tahu cara verifikasi ulang BCA mobile tanpa ke kantor cabang.

Namun, tidak perlu merasa cemas karena sebenarnya sudah ada cara mudah yang disediakan oleh BCA untuk mengatasi hal semacam ini. Sebelumnya, ketahui alasan dan solusi pemblokiran BCA mobile dengan cara verifikasi ulang agar bisa mengakses seperti sebelumnya, simak penjelasan berikut:

Penyebab Perlu Verifikasi Ulang

verifikasi ulang bca mobile
Ilustrasi cara verifikasi ulang M banking BCA

Sebenarnya alasan yang membuat aplikasi mobile banking BCA sampai membutuhkan verifikasi ulang adalah terjadinya pemblokiran akses ke layanan m-BCA. Sesuai ketentuan bahwa pemblokiran ini bisa terjadi bila Anda telah memasukkan kode akses m-BCA yang salah sebanyak 3 kali berturut-turut.

Baca juga: Cara transfer BCA ke BCA

Hal itu merupakan standar pengamanan perbankan yang umum diterapkan agar tidak ada pihak lain yang melakukan tindakan merugikan nasabah. Meski akses ke fitur m-BCA terblokir, Anda masih bisa melakukan transaksi keuangan di ATM ataupun menggunakan layanan internet banking BCA.

Cara Verifikasi Ulang BCA Mobile

Mungkin sebagian orang masih mengira bahwa untuk penanganan pemblokiran harus dilakukan dengan datang ke kantor, tetapi BCA menawarkan cara lain. Adapun cara verifikasi ulang BCA mobile secara mudah, yaitu dengan mengakses mobile banking, Halo BCA, dan call center. Berikut caranya:

1. Melalui Aplikasi Mobile Banking BCA

Sebelum mencoba cara ini, pastikan bahwa pulsa mencukupi dan nomor ponsel yang digunakan adalah yang sudah didaftarkan mobile banking BCA. Tambahan informasi, ada kemungkinan bahwa dalam proses verifikasi ulang m-BCA diperlukan syarat lain berupa mengunggah swafoto dan KTP nasabah.

Untuk nasabah yang ingin melakukan reset atau verifikasi ulang dari aplikasi mobile banking, yakni dengan mencoba langkah mudah berikut ini:
  • Tekan fitur m-BCA atau pilih menu (i).

  • Pilih tombol Verifikasi Ulang.

  • Silakan baca syarat dan ketentuan, lalu tekan Accept.

  • Masukkan nomor kartu ATM dan diarahkan mengirim SMS verifikasi.

  • Buat kode akses yang baru, lalu OK.

2. Melalui Halo BCA

Bila Anda masih merasa bingung dengan verifikasi ulang melalui mobile banking, ada cara lainnya dengan menghubungi customer service Halo BCA. Halo BCA adalah salah satu aplikasi resmi untuk dapat menghubungkan nasabah melalui layanan customer service dengan pelayanan selama 24 jam.

Baca juga: Cara transfer BNI ke BCA

Ada empat pilihan layanan komunikasi yang ditawarkan dalam aplikasi ini, yaitu pelayanan melalui fitur call, chat, email, dan Twitter. Pastikan siapkan syarat yang mungkin diperlukan untuk kelancaran verifikasi, seperti KTP, kartu ATM, dan buku tabungan, lalu ikuti langkah berikut:
  • Unduh dan instal aplikasi Halo BCA.

  • Klik ikon Halo BCA untuk menjalankan aplikasi.

  • Pilih salah satu opsi komunikasi.

  • Sampaikan kendala yang Anda alami.

  • Selanjutnya, silakan ikuti arahan yang disampaikan oleh customer service.

3. Melalui Layanan Telepon

Cara ini bisa dilakukan dengan menghubungi langsung nomor telepon call center resmi BCA di 1500888 tanpa menggunakan kode area tertentu.
  • Pilih aplikasi telepon di HP.

  • Tekan nomor 1500888, lalu tekan ikon telepon.

  • Tunggu beberapa saat sampai tersambung.

  • Setelah diterima customer service silakan sampaikan keluhan.

  • Ikuti arahan yang disampaikan oleh customer service.

Tips Membuat Kode Akses yang Baru

Pada proses verifikasi ulang, dilakukan reset terhadap kode akses yang lama dan Anda diminta untuk membuat kode akses yang baru. Pastikan untuk membuat kombinasi 6 digit kode akses yang mudah diingat dan jangan mencatatnya di ponsel bila ingin lebih aman.

Dalam menentukan kode akses yang baru, disarankan untuk menghindari penggunaan kode yang berkaitan dengan hal yang mudah ditebak dari nasabah. Misalnya, angka yang berhubungan dengan tanggal lahir diri sendiri dan anggota keluarga terdekat hingga angka dari nomor ponsel atau rekening.

Baca juga: Cara mengatasi lupa username BRImo

Penyebab Gagal Verifikasi Ulang BCA Mobile

Bila Anda masih mengalami kegagalan dari kedua cara yang telah dijelaskan di atas, coba cek mungkin ada masalah yang sepele. Tinggal ulangi cara yang sama, tetapi sebelumnya cek dulu beberapa hal penyebab terjadinya kegagalan proses verifikasi BCA mobile, di antaranya:
  • Ketersediaan Pulsa dan Internet. Untuk melakukan verifikasi melalui aplikasi yang berbasis layanan mobile, tentu diperlukan adanya koneksi internet yang stabil supaya tidak terjadi error. Selain itu juga adanya tahap verifikasi yang mengarahkan Anda mengirim konfirmasi via SMS, jadi perlu memastikan bahwa pulsa masih cukup.
  • Nomor Ponsel yang Digunakan. Saat ini sudah tidak aneh bila seseorang memiliki dua nomor kontak apalagi difasilitasi dengan adanya perangkat smartphone dual SIM. Bisa saja Anda tidak sengaja salah mengirim SMS verifikasi melalui nomor SIM lain (bukan nomor SIM yang didaftarkan mobile banking).
Jadi, itulah penjelasan singkat tentang penyebab pemblokiran, cara verifikasi ulang BCA mobile, hingga penyebab kegagalan verifikasi karena hal tertentu. Cara yang ditawarkan cukup mudah dan tanpa butuh waktu lama Anda bisa kembali melakukan aktivitas perbankan dari mobile banking BCA.