Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Inilah 3 Cara Transfer BNI ke BCA melalui Smartphone, Yuk Disimak!

Barangku.id - Transfer uang antar Bank, seperti dari Bank BNI ke Bank BCA merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Banyaknya pilihan cara transfer BNI ke BCA tentu akan sangat membantu. Apalagi jika tersedia cara transfer menggunakan smartphone.

Ada tiga cara yang bisa dipilih untuk melakukan transfer antar bank melalui bank BNI dengan menggunakan smartphone. Tersedia cara melalui SMS, aplikasi, serta melalui situs di browser.

Lantas bagaimanakah langkah-langkah melakukan transfer uang di antara kedua bank besar tersebut? Simak pembahasan berikut ini ya!
cara transfer bni ke bca
Ilustrasi cara transfer BNI ke BCA

Cara Mengirim Uang dari Rekening BNI ke BCA Memanfaatkan SMS Banking

Jika Anda ingin mentransfer uang melalui SMS Banking, Anda harus jauh lebih berhati-hati. Sebab dalam salah satu langkahnya Anda akan diperintahkan untuk memasukkan PIN.

Berbeda dengan mobile dan internet banking, isi SMS ini rawan dilihat orang lain jika penggunanya teledor. Cara ini akan semakin rawan jika smartphone Anda sering dipinjam orang lain.

Jika memutuskan menggunakan SMS Banking, Anda harus rajin menghapus riwayat transfer Anda segera setelah transaksi selesai dilakukan. Lantas bagaimanakah cara penggunaannya? Yuk simak pembahasannya!
  • Bukalah menu SMS yang ada di smartphone Anda, lalu pilihlah opsi ‘Tulis Pesan’.

  • Anda harus mengetik pesan sesuai format. Ketiklah: TRANSFER (spasi) ANTARBANK (spasi) Kode bank dan nomor rekening yang dituju (spasi) nominal#Kode Referensi#. Kode BCA sendiri adalah 014.

  • Limit transfer per hari untuk SMS Banking sendiri adalah sebesar 10 juta, dengan biaya admin sebesar 6.500.

  • Setelah itu, kirimlah pesan tersebut ke nomor 3346. Nantinya Anda akan menerima SMS balasan yang berisi permintaan untuk mengkonfirmasi transfer dengan cara mengirim balasan berupa PIN.

  • Proses transfer sudah selesai. Jika transaksi sukses, Anda akan menerima pesan berupa laporan transfer.

Cara Mengirim Uang dari Rekening BNI ke BCA dengan Mobile Banking

Untuk menjawab kebutuhan nasabahnya yang menginginkan bertransaksi keuangan di mana saja bermodalkan smartphone, Bank BNI mengeluarkan aplikasi BNI Mobile Banking.

Di aplikasi ini, nasabah bisa melakukan transfer uang, membayar tagihan apapun, mengecek informasi saldo, hingga membuka rekening Taplus dan deposito. Selain itu, melalui BNI Mobile Banking, nasabah juga bisa bertransaksi di luar negeri.

Aplikasi ini juga mengizinkan nasabahnya untuk melakukan transfer uang ke bank berbeda, baik bank negara ataupun milik swasta. Beginilah cara transfer BNI ke BCA dengan mobile banking:
  • Masukkanlah user ID dan MPIN ke aplikasi mobile banking yang sudah Anda miliki sebelumnya,

  • Pilihlah menu transfer saat Anda sudah memasuki halaman utama. Setelah itu, pilihlah opsi ‘Antar Bank’, kemudian pilihlah opsi ‘Input Baru’.

  • Saat masuk ke menu ‘Bank Tujuan’, Anda bisa memilih opsi ‘Bank BCA’. Setelah itu, masukkanlah nomor rekening dari penerima yang anda tuju.

  • Isilah jumlah nominal yang ingin Anda kirimkan. Jika sudah, pengguna bisa mengisi menu berita atau dikosongkan saja. Setelah memastikan semua data benar, kliklah ‘Lanjut’.

  • BNI Mobile Banking sendiri memiliki limit transfer per hari maksimal sebesar 200 juta rupiah.

  • Nantinya di layar akan muncul keterangan mengenai rekening yang akan dituju. Mulai dari nama pemilik, nomor rekening, serta jumlah transfernya.

  • Jika semua data sudah dipastikan benar, masukkanlah password atau MPIN Anda.

  • Tunggulah beberapa saat sampai notifikasi pengiriman berhasil muncul.

Cara Mengirim Uang dari Rekening BNI ke BCA Menggunakan Internet Banking

Meskipun terdengar mirip, sebenarnya internet dan mobile banking merupakan dua hal yang sangat berbeda. Jika mobile banking menggunakan sebuah aplikasi, internet banking bisa dilakukan dengan mengakses situs khusus milik BNI di browser.

Internet Banking BNI memiliki fitur yang kian lengkap. Mulai dari membuka rekening, transfer secara terjadwal, otorisasi transaksi, mutasi 6 bulan terakhir, hingga personalisasi beranda.

Internet Banking BNI juga memungkinkan Anda membuat perencanaan keuangan serta penjadwalan setoran guna memantau cash flow. Ingin melakukan transfer ke bank lain? Begini caranya:
  • Anda bisa membuka browser, lalu ketiklah alamat https://ibank.bni.co.id di kolom pencariannya. Jika sudah masuk ke laman utamanya, masukkanlah User ID dan password milik Anda.

  • Nantinya akan ada perintah untuk mengisi kode captcha. Setelah itu, Anda bisa memilih menu ‘Transaksi’ pada menu utama, kemudian pilihlah ‘Jenis Transaksi’.

  • Setelah itu pilihlah ‘Transfer Online Antar Bank’, sebab Anda akan melakukan transaksi transfer ke bank yang berbeda. Kemudian, pilihlah ‘Tabungan atau Giro’ untuk sumber rekeningnya.

  • Jika sudah, masukkan rekening penerima, nominal transfer, lalu kliklah ‘Lanjutkan’. Nantinya akan muncul detail transaksinya. Untuk bagian keterangan transfer, Anda bisa mengosongkannya.

  • Pilihlah otorisasi transaksi apa yang akan dipilih, bisa dengan e-secure atau m-secure. Jika memilih e-secure, Anda bisa menyalakan token dan memasukkan PIN Token BNI.

  • Tekanlah nomor 2, lalu masukkanlah angka dari BNI Challenge ke token e-secure.

  • Apabila menggunakan m-secure BNI, masuklah ke m-secure, kemudian ketiklah m-PIN, dan klik Generate OTP. Nantinya token akan menampilkan respon.

  • Kliklah menu ‘Proses’. Tunggulah sampai proses transaksi transfer selesai.
Demikianlah pembahasan mengenai tiga cara transfer BNI ke BCA. Anda bisa memilih salah satu di antara ketiga cara tersebut berdasarkan jumlah nominal transaksi yang biasa Anda lakukan. Sebab ketiga cara tersebut memiliki limit transaksi yang berbeda.