Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menawarkan Endorse ke Selebgram untuk Meningkatkan Penjualan

Cara Menawarkan Endorse ke Selebgram  - Jasa endorse selebgram menjadi salah satu tips promosi jualan yang cukup efektif untuk meningkatkan penjualan produk. Oleh sebab itu, banyak bisnis kecil yang menggunakan jasa selebgram untuk mempromosikan produk jualannya. Nah, di bawah ini merupakan cara menawarkan endorse ke selebgram untuk meningkatkan penjualan produk.

1. Tentukan Selebgram

Cara Menawarkan Endorse ke Selebgram
Yuk tingkatkan penjualan dengan cara
menawarkan endorse ke selebgram berikut
Pertama, Anda harus menentukan siapa selebgram yang ingin digunakan untuk membantu mempromosikan produk Anda. Dalam memilih selebgram, Anda harus menentukan selebgram yang tepat atau sesuai dengan produk Anda. Misal produk yang Anda jual adalah makanan ringan dengan rasa pedas, maka Anda bisa memilih selebgram yang suka dengan makanan-makanan pedas.

Baca juga: Cara menawarkan produk ke konsumen agar tertarik

Selain itu, Anda juga bisa menentukan berdasarkan target usia atau gender yang sesuai dengan target pasar Anda. Oleh sebab itu, lagi-lagi Anda harus mengetahui siapa target pasar Anda supaya lebih mudah dalam proses pemilihan selebgram dan juga proses promosi dan penawaran produk yang Anda jual.

2. Menghubungi Selebgram

Jika Anda sudah menentukan siapa selebgram yang ingin diendorse, maka cara menawarkan endorse ke selebgram selanjutnya adalah menghubunginya. Biasanya pada bio akun sosial media selebgram tersebut ada informasi kontak bisnis yang dapat dihubungi. Langsung saja catat nomor telepon, email, atau yang lainnya untuk menghubunginya untuk keperluan endorse.

Kebanyakan selebgram memiliki tim yang mengatur bisnis dan juga urusan endorse. Nantinya Anda akan diarahkan mengenai prosesnya mulai dari pengiriman produk, pembayaran, dan lain sebagainya. Sebaiknya, sebelum Anda menghubungi selebgram tersebut, Anda mencari tahu kisaran harga endorse dari selebgram tersebut.

Baca juga: Hal yang wajib diperhatikan agar toko modern tetap eksis dan bertahan lama

3. Tanyakan Engagement Rate

Engagement adalah jumlah tinggi rendahnya pengaruh selebgram tersebut terhadap penggemarnya. Sebab, dari sini dapat diketahui kualitas dari selebgram tersebut. Selain itu, perlu diketahui bahwa banyak selebgram yang membeli followers agar bisa meningkatkan followers-nya, padahal followers tersebut bukanlah followers aktif.

Tidak hanya engagement rate, tetapi jangan lupa juga tanyakan rate card-nya. Hal ini harus ditanyakan karena berhubungan dengan budget. Jika selebgram yang dipilih rate card-nya tidak sesuai dengan budget Anda, maka jangan dipaksakan. Jadi, sebaiknya tanyakan hal ini terlebih dahulu sebelum melakukan proses selanjutnya.

4. Bandingkan dengan Selebgram Lain

Salah satu cara menawarkan endorse ke selebgram adalah Anda harus membandingkan terlebih dahulu dengan selebgram lain. Dalam hal ini, yaitu engagement rate dan card rate. Bandingkan beberapa selebgram dari dua hal ini dan pilih yang budget-nya sesuai dengan Anda,

Tetapi, walaupun begitu, Anda tetap harus mempertimbangkan karakter selebgram yang seperti apa yang pas untuk produk Anda. Jangan sampai tidak jadi memilih satu selebgram terbaik, namun tetap sesuaikan semuanya agar mendapatkan yang pas.

5. Siapkan Brief

Cara menawarkan endorse ke selebgram yang terakhir yaitu menyiapkan brief. Jika Anda sudah melakukan kesepakatan yang telah disetujui kedua belah pihak, silakan Anda bisa langsung mengirim brief produk yang akan diendorse. Brief ini sangat penting supaya selebgram mengetahui info dan semua tentang produk Anda.

Baca juga: Cara membuat stiker untuk jualan

Selain itu, brief juga akan memberikan penuntun atau petunjuk untuk selebgram harus berbuat apa terhadap produknya. Jadi, buatlah brief sebaik dan seinformatif mungkin supaya selebgram bisa memahami tentang produk Anda.

Demikian cara menawarkan endorse ke selebgram untuk meningkatkan penjualan. Melakukan endorse dengan selebgram bisa dibilang cukup ampuh meningkatkan penjualan karena selebgram tidak hanya memiliki followers yang banyak, tetapi juga koneksi atau relasi yang lebih luas.