Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara memulai Usaha Cuci Motor

Cara memulai usaha cuci motor - Kondisi pengguna sepeda motor di Indonesia yang semakin meningkat membuka peluang usaha yang potensial, yaitu usaha cuci motor. Banyak para pengguna sepeda motor yang menggunakan jasa cuci motor karena tidak ingin mencuci motor mereka sendiri dengan berbagai alasan. 

Bisa jadi karena sibuk, lelah, tidak bisa, ataupun sekedar malas. Biaya jasa cuci motor yang murah pun juga menjadi nilai tambahan bagi usaha ini sehingga konsumen tidak berpikir panjang untuk menggunakan jasa cuci motor. Beginilah tips dan cara memulai usaha cuci motor bagi anda yang berminat.

Memulai Usaha Cuci Motor

Memulai Usaha Cuci Motor
Memulai Usaha Cuci Motor
  1. Pelajari Cara Mencuci Motor

Sebelum kamu terjun ke bisnis usaha cuci motor, maka kamu harus mempelajari cara mencuci motor terlebih dahulu. Mencuci motor tidaklah semudah yang dipikirkan. Diperlukan pengetahuan yang mendalam tentang seluk-beluk motor agar hasilnya bisa bersih maksimal. Anda harus berhati-hati dan teliti dalam mencuci motor terutama di bagian sela-sela dan mesin. Jika anda teledor dan sembarangan bisa-bisa mesin tersebut menjadi rusak dan motor tidak bisa digunakan lagi.

Baca juga Cara Memulai Usaha Cuci Karpet Yang Menguntungkan

Mempelajari cara mencuci motor bisa anda mulai dengan memperhatikan para pekerja di usaha cuci motor. Anda juga bisa sambil bertanya dengan mereka perihal masalah ini. Jika dirasa cara mencuci dan hasilnya bagus, anda bisa mengikuti cara kerja mereka. Saat ini di internet pun juga sudah banyak tips dan cara untuk mencuci motor, sehingga bisa dijadikan alternatif jika anda tidak sempat melihat praktek lapangan secara langsung.

  1. Persiapkan Alat

Pencucian motor sebaiknya dilakukan dengan bantuan peralatan yang memadai agar lebih praktis, bersih dan cepat, yaitu dengan mesin cuci motor seperti kompresor dan mesin steam. Akses air bersih di lokasi usaha juga harus lancar. Ada juga perlengkapan lainnya yang harus disiapkan sejak awal, misalnya spons, cairan pembersih, sikat, kain lap, semir ban, dan lain-lain.

Baca juga Ide Bisnis Sekitar Kampus Yang Menguntungkan

Agar usaha cuci motor anda lebih profesional dan banyak diminati konsumen, gunakan peralatan yang bisa memberikan efek cuci salju. Anda juga bisa menyediakan sistem hidrolik agar motor bisa diangkat ke atas untuk bisa membersihkan bagian bawah motor dengan lebih maksimal.

  1. Lokasi Usaha

Lokasi usaha anda haruslah berada di tempat yang strategis dan mudah dijangkau konsumen. Faktor yang harus anda pertimbangkan dalam memilih lokasi salah satunya adalah apakah ada saingan usaha yang sama di sekitar tempat tersebut. Jika lokasi sudah ditemukan, persiapkanlah ruang usaha yang cukup dan memadai. Selain untuk menampung beberapa motor dalam sekali pencucian, ruang tunggu sekaligus kasir serta tempat parkir juga harus ada di tempat usaha anda.

  1. Rekrut Karyawan

Mempunyai karyawan juga penting bagi usaha cuci motor karena anda tidak mungkin bisa mencuci banyak motor konsumen sekaligus sendirian. Carilah karyawan yang jujur, pekerja keras, teliti, dan ramah kepada konsumen. Jika memang masih pemula, berikanlah pelatihan kepada karyawan anda sebelum mereka mulai bekerja. Berikan juga upah yang sesuai dengan pekerjaan yang mereka kerjakan agar mereka loyal kepada anda.

Baca juga Perhitungan Modal Awal dan Keuntungan Toko Sembako

  1. Promosi dan Pemasaran

Melakukan pemasaran juga tak boleh dilewatkan. Menyebarkan brosur di pinggir jalan atau membuat post di sosial media akan menambah jumlah orang yang tahu tentang usaha anda. Membubuhi brosur atau postingan anda dengan promo-promo pastinya menjadi kunci untuk menarik perhatian konsumen.