Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Cara Kerja Bisnis Oriflame Yang Tidak Banyak Orang Tau

Cara kerja bisnis oriflame - Pernah dengar yang namanya bisnis MLM. Hmm, kebanyakan dari kita mungkin sudah negative thinking terlebih dulu ya ketika mendengar namanya. MLM yang merupakan singkatan dari Multi Level Marketing adalah salah satu jenis strategi pemasaran dalam suatu bisnis. 

Strategi ini memiliki bentuk piramida, dimana bagian puncak diisi oleh para atasan yang biasa disebut upliner dan bagian bawah diisi para pekerja yang disebut downliner. 

Dalam strategi MLM, para tenaga penjual atau sales tidak hanya mendapatkan penghasilan melalui penjualan yang mereka lakukan sendiri, namun juga dari hasil sales anggota lain yang direkrut menjadi anggota.

Salah satu brand yang memanfaatkan strategi MLM adalah Oriflame. Brand asal Swedia ini memanfaatkan para anggota mereka untuk menjajakan produknya. 

Produk dari perusahaan yang didirikan oleh dua orang kakak beradik dan satu sahabat mereka ini berfokus pada produk kecantikan seperti skin care, parfum, perhiasan, dan juga aksesoris. Sekarang, yuk kita kulik bisnis Oriflame yang berbasis MLM ini, cara kerja bisnis oriflame , dan keuntungan menjadi anggota mereka!

Mengenal Bisnis Oriflame

cara kerja bisnis oriflame
cara kerja bisnis oriflame

1. Profil Oriflame

Oriflame dicetuskan oleh dua orang bersaudara asal Swedia yaitu Jonas dan Robert af Jochnick serta seorang sahabat mereka Bengst Hellsten. Mereka mempunyai ide untuk membuat perusahaan yang menjual barang yang berbeda dari yang lain. 

Baca juga Cara Mendapatkan Uang 50 Juta Dalam Sehari Tanpa Modal

Setelah berdiskusi, tercetuslah ide yang untuk menjual produk kecantikan dan lahirlah Oriflame. Sejak didirikan pada 1967, brand ini semakin berkembang dan kini sudah beroperasi di lebih dari 60 negara.

2. Cara Kerja Bisnis Oriflame

Oriflame pada awalnya bekerja dengan sistem direct marketing, alias menjual produk dan memberikan produk secara langsung kepada konsumen. Sistem ini terbukti mendongkrak kesuskesan Oriflame dikarenakan metode penjualan yang inovatif dan praktis. 

Direct marketing juga membantu baik Oriflame maupun konsumen mereka, karena Oriflame tak perlu repot ikut berbagai pameran untuk menjajakan produk mereka, dan konsumen bisa mendapatkan produk yang mereka inginkan tanpa harus mengunjungi toko.

Baca juga Tips Menjalankan Bisnis Kebab Modal Minim

Dengan semakin banyaknya konsumen, Oriflame akhirnya menerapkan metode MLM pada bisnis mereka. Ini dimaksudkan agar mereka bisa tetap melakukan penjualan langsung ke konsumen tanpa kewalahan dengan jumlah pelanggan yang semakin bertambah, sambil mengembangkan bisnis mereka. Metode MLM ini pun juga berhasil, terbukti dengan membernya yang kini ditaksir mencapai tiga juta orang.

3. Cara Bergabung Dengan Oriflame

Layaknya bisnis MLM lain, Oriflame pun membuka lebar kesempatan bagi orang-orang untuk menjadi bagian dari mereka. Cara bergabung dengan Oriflame adalah seperti ini:

- Pastikan usia anda sudah 18 tahun atau lebih

- Hubungi kontak Oriflame. Bisa anda temukan di forum-forum jual-beli di internet

- Kemudian anda akan diharuskan untuk membayar uang pendaftaran. Oriflame merupakan bisnis yang terpercaya, jadi anda tidak perlu khawatir uang tersebut hilang tanpa anda bisa bergabung.

- Jika uang pendaftaran sudah dibayarkan, selanjutnya anda akan mengisi lembar data diri. Anda juga perlu melampirkan KTP milik anda.

- Setelah anda selesai mendaftar, anda akan mendapatkan katalog berisi produk-produk Oriflame yang bisa anda tawarkan baik secara offline maupun online. Anda juga bisa merekrut orang lain untuk menjadi member Oriflame.

Baca juga Jenis Usaha Agen Snack Kiloan Bekasi

Keuntungan dan Resiko

1. Kelebihan Menjadi Member Oriflame

Menjadi member Oriflame tentu mempunyai beberapa keuntungan, yaitu seperti ini:

  1. Tak perlu repot menyiapkan barang. Anda cukup menawarkan produk karena barang akan disuplai pusat dan jika sudah sampai di tangan anda, anda tinggal menyerahkan barang tersebut ke customer.
  2. Produk kecantikan dan perawatan tubuh masih banyak dicari sehingga masih ada peluang besar bagi anda untuk menawarkan produk.
  3. Tidak perlu menyiapkan karyawan dan peralatan kerja. Katalog yang anda dapat dari awal adalah satu-satunya alat kerja yang anda butuhkan.
  4. Bisa mendapat harga produk skin care yang lebih murah.
  5. Semakin banyak transaksi yang anda lakukan, maka bonus anda juga semakin besar. Anda juga bisa mendapat komisi dari merekrut seorang member.

2. Kekurangan Menjadi Member Oriflame

Tentu dengan segala keuntungan, akan ada resiko yang harus anda tanggung apabila anda menjadi member Oriflame. Berikut list-nya:

  1. Harus mengejar poin penjualan. Jika poin anda tidak sesuai target yang ditentukan, maka poin anda akan hangus dan anda beresiko tidak mendapat penghasilan.
  2. Anda harus senantiasa aktif menawarkan produk. Apabila anda tidak aktif dalam kurun satu tahun, keanggotaan anda akan dihapus.
  3. Persaingan produk kecantikan yang tinggi. Dengan adanya berbagai brand yang memiliki harga berbeda-beda, tentu akan menjadi halangan tersendiri bagi anda untuk memasarkan produk.

Setelah melihat profil, keuntungan dan juga kekurangan bisnis Oriflame, anda bisa merenungkan apakah bisnis ini cocok atau tidak untuk anda. Tentunya melakukan bisnis semacam ini mengharuskan kita untuk bekerja keras agar bisa mencetak angka penjualan yang tinggi dan penghasilan yang tinggi juga.