Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Tips Membangun Toko Online Thrift Shop

Tips membangun toko online thrift shop memang tidak sesulit apa yang selama ini dibayangkan. Dimana saat ini bisnis thrift shop ini mulai banyak digandrungi oleh anak muda untuk kalangan milenial dan gen Z. Hal ini dikarenakan memang untung yang dijanjikan cukup besar.

Bisnis thrift shop ini merupakan bisnis jual beli barang preloved atau barang bekas. Barang yang diburu biasanya adalah barang import branded yang mana jika beli baru maka harganya pun akan jauh lebih mahal.

Tips Membangun Toko Online Thrift Shop

Tips Membangun Toko Online Thrift Shop
Pixabay - Angelsover
Memulai bisnis thrift shop ini bisa dilakukan tanpa harus memiliki toko offline terlebih dahulu. Apalagi jika memang Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan usaha Anda tersebut.

Dengan modal yang kecil sekalipun, anda bisa mengembangkan bisnis thrift shop ini untuk meraup keuntungan yang maksimal. Nah, agar usaha thrift shop ini bisa berjalan dengan baik, maka ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum memulai bisnis thrift ini.

1. Tentukan Konsep Bisnis

Tips membangun toko online thrift shop yang pertama adalah menentukan konsep bisnis terlebih dahulu. Anda harus bisa menentukan produk apa yang akan Anda jual nantinya. Selain itu, fokuskan pada satu produk saja untuk awal memulai bisnisnya.

Anda bisa memfokuskan bisnis thrift shop dengan memilih produk yang memang memiliki profit cukup tinggi. Hal ini tentunya bisa menjadi ciri khas dari toko Anda.

Bahkan, thrift shop Anda juga bisa menjadi rujukan pembeli saat ingin membeli produk yang Anda jual tersebut.

2. Pilih Supplier yang Sesuai Modal dan Berkualitas

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menentukan supplier yang menyediakan produk berkualitas. Usahakan untuk mencari supplier yang terpercaya, karena hal ini akan berpengaruh pada kualitas barang yang akan Anda jual nantinya.

Pastikan bahwa barang bekas yang akan Anda belum masih dalam kondisi yang layak untuk dijual kembali nantinya. Tidak hanya itu, Anda juga harus menyesuaikan harga produk dari supplier dengan modal yang Anda miliki.

Baca juga: Cara mendapatkan harga supplier thrift shop murah

Untuk itu, lebih telitilah lagi saat mencari supplier dengan menggunakan kedua pertimbangan tersebut.

Jangan sampai barang bekas yang Anda jual malah memiliki harga yang jauh lebih mahal dari harga yang akan Anda tawarkan.

3. Perhatikan Kebersihan Pakaian

Tips membangun toko online thrift shop selanjutnya adalah dengan memperhatikan kebersihan dari pakaian yang akan Anda jual. Biasanya memang barang bekas sudah pernah digunakan oleh pemilik sebelumnya.

Nah, apabila Anda akan menjual baju bekas ini, maka pastikan bahwa kebersihannya tetap terjaga dengan baik.

Pada umumnya, akan ada noda kotoran yang cukup lazim menempel di baju lama. Anda Juga bisa baca cara mencuci baju bekas dengan produk antibakteri.

4. Promosi di Media Sosial

Perkembangan media sosial yang semakin pesat tentunya akan memudahkan siapa saja untuk bisa berjualan secara online.

Nah, Anda bisa memanfaatkan media sosial ini untuk melakukan promosi barang bekas agar lebih cepat terjual.

Pilihlah media sosial yang paling banyak digunakan, sehingga nantinya konsumen akan berpotensi untuk melihat postingan promosi dari thrift shop Anda, dan membeli baju yang Anda pajang. Perhatikan juga trik agar produk Anda bisa terlihat menarik dan banyak terjual.

5. Gunakan Packaging yang Unik

Packaging yang unik bisa menjadi salah satu alasan mengapa produk Anda banyak diminati. Hal ini tentunya bisa menjadi salah satu strategi penjualan yang baik. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda mencari ide pengemasan produk di internet sebagai bahan inspirasi.

Jadi, apakah tips membangun toko online thrift shop ini cukup jelas untuk Anda coba? Semoga dengan penjelasan ini Anda bisa membuka thrift shop dengan mudah dan laris.