Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Haid Tidak Lancar dan Sakit? Ini Dia Rekomendasi Minuman untuk Memperlancar Haid yang Sehat

Sakit ketika haid merupakan masalah yang sering dialami oleh hampir seluruh perempuan. Terlebih ketika mengalami haid pada hari pertama yang sakitnya tak tertahan. Solusi yang sering dipilih ketika merasakan sakit saat haid adalah mencari minuman untuk memperlancar haid.

Kenapa Haid Tidak Lancar dan Sakit?

Tidak dapat dipungkiri, sakit perut saat haid memang disebabkan oleh haid yang tidak lancar. Bahkan tak jarang ada perempuan pingsan ketika menahan sakit karena haid. Kamu wajib mencari tahu kenapa haid tidak lancar serta minuman untuk memperlancar haid yang sehat disini:

Minuman untuk memperlancar haid
Foto: Canva.com

1. Stres Karena Beban Kerja

Pertama yakni karena stres akan beban kerja berlebihan. Bukan hanya beban kerja di kantor tapi juga pekerjaan di rumah yang tidak ada habisnya. Ini berlaku untuk para ibu rumah tangga yang punya kewajiban menyelesaikan tugasnya.

Agar tidak terlalu stres, coba untuk menyempatkan waktu me time meski beberapa menit. Bisa dengan menonton TV, membaca buku, olahraga dan lainnya. Luangkan waktu untuk melakukan kegiatan tersebut kurang lebih 30 menit saja.

2. Mendekati Masa Menopause 

Selanjutnya yang menyebabkan haid tidak lancar yakni karena faktor usia. Untuk kasus yang satu ini tentu seorang perempuan diwajibkan mencari minuman untuk memperlancar haid. Tidak harus membeli minuman kemasan karena bisa juga membuat jamu khusus sendiri.

Berakhirnya siklus menstruasi pada perempuan atau yang dikenal menopause membuat perempuan gelisah. Rasa sakit pada bagian perut juga sering dirasakan karena faktor haid yang tidak lancar tadi. Itulah kenapa disarankan mencari minuman khusus melancarkan haid.

3. Efek Samping KB

Ibu-ibu yang sudah berumah tangga mayoritas menggunakan KB sebagai alat kontrasepsi. Efek samping KB pada tubuh tiap orang bisa berbeda-beda, salah satunya berefek pada siklus haid. Disarankan bagi yang menggunakan KB untuk konsultasi dengan bidan sebelumnya.

Bukan hanya haid tidak lancar, badan lebih cepat berisi, mudah lelah dan tidak nafsu makan adalah efek samping KB. Hanya saja, tidak semua perempuan mengalami efek samping KB demikian. Banyak juga yang tetap merasa normal setelah KB.

4. Hormon Remaja

Minuman untuk memperlancar hadi
Foto: Sidomuncul.com
Remaja yang masih baru mengalami menstruasi biasanya akan mengalami masa jeda. Tidak usah panik dan langsung mencari minuman untuk memperlancar haid jika telat dari tanggal sebelumnya. Bisa jadi karena hormon kurang stabil pada remaja membuat haid tidak lancar.

Jika memang terpaksa mencari minuman untuk memperlancar haid, maka cari bahan alami. Sido Muncul menjadi salah satu produksi minuman atau jamu yang terbukti alami.

5. Diet

Pola makan juga berpengaruh pada siklus haid setiap bulannya. Minuman untuk memperlancar haid tetap dibutuhkan untuk dikonsumsi ketika diet. Pasalnya, kenaikan atau penurunan berat badan saat diet akan berpengaruh pada hormon tubuh.

Siklus haid pasca diet juga bisa berubah tidak sesuai dengan jadwal sebelumnya. Itulah kenapa ketika mengonsumsi pil diet sebaiknya dibarengi dengan minuman memperlancar haid. Bisa dari Sido Muncul atau membuat ramuannya sendiri.

6. Sedang Bepergian

Jika kamu sedang bepergian ke suatu daerah, biasanya siklus haid juga terganggu. Perubahan aktivitas fisik, cuaca dan lainnya berpengaruh pada haid yang tidak lancar. Mungkin kamu akan lupa dengan jadwal rutin haid kamu ketika sedang bepergian ini.

Solusinya supaya badan tetap sehat dan siklus haid tetap lancar adalah dengan menjaga pola makan. Makan sesuai porsi kamu makan biasanya dan pilih menu-menu yang mirip dengan makanan rumahan. Lengkapi juga kebutuhan empat sehat lima sempurna pada piring makan kamu.

Olahraga serta minum-minuman rempah akan menjadi solusi lain agar haid tetap lancar. Catat juga siklus haid bulanan menggunakan aplikasi yang saat ini bisa dipasang di HP kamu. Dengan begitu, ketika sudah memasuki jadwal haid kamu tidak akan terlewat.

7. Konsumsi Obat Khusus

Jika kamu dalam perawatan medis, ada kemungkinan juga kamu mengalami siklus haid kurang lancar. Tentu kamu wajib mencari minuman untuk memperlancar haid alami. Jangan sampai, kandungan dalam minuman untuk melancarkan haid justru merusak kandungan obat.

Konsultasikan dengan dokter jenis minuman yang kamu pilih dan keluhan lainnya. Dokter pasti akan menyarankan minuman alami seperti kunyit asam untuk melancarkan haid. Dijamin, jamu tersebut juga mudah cara pembuatannya.

Sido Muncul sendiri adalah produsen jamu dan obat-obatan alami yang sudah terpercaya secara turun-temurun. Jenis jamunya yang minim gula membuat manfaat dari jamu akan maksimal ke tubuh. Untuk menemukan jamu Sido Muncul juga mudah karena tersedia di online store.

Jadi, itulah dia minuman untuk memperlancar haid yang bisa mengatasi masalah siklus haid kamu. Disarankan untuk tidak mencari minuman pelancar haid sembarangan karena efeknya bisa jangka panjang. Cari minuman dengan bahan alami seperti Sido Muncul atau racik jamu mandiri.