Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beberapa Jenis Mobil Sudah Berbasis Elektrik Saat Ini, Penasaran?

Sekarang sudah banyak sekali mobil yang sudah berbasis elektrik dan sudah tersedia di pasaran. Bukan hanya satu atau dua merk saja yang menghadirkan mobil berbasis listrik tapi hampir semuanya. Makanya saat ini sudah tidak sulit lagi dalam mencari kendaraan roda empat yang berbasis elektrik. Dalam sejarah, sebenarnya mobil yang menggunakan energi listrik sudah lama sekali digunakan yaitu pada tahun 1880-an. Hingga sekarang mobil berenergi listrik ini sudah mulai terkenal dan banyak modelnya juga.

mobil listrik
Mobil Listrik
Istilah yang paling sering terdengar ketika mendengar kata mobil listrik tentu terkait dengan baterainya. Jika di mobil lainnya memanfaatkan mesin sebagai komponen utama maka lain halnya jika di mobil listrik yang menggunakan baterai sebagai komponen utamanya. Jika baterai habis maka harus segera diisi ulang atau jika tidak maka mobil tidak akan bisa digunakan. Makanya nama lain dari mobil listrik adalah BEV yang kepanjangannya adalah battery electriv vehicle, sedangkan untuk mobil hybrid dikenal dengan HEV (hybrid electric vehicle). Penasaran dengan kedua jenis mobil berbasis elektrik tersebut? berikut ini penjelasannya.

BEV atau battery electric vehicle

Untuk jenis yang pertama terkenal dengan BEV ini sudah tidak menggunakan bensin sama sekali sehingga bisa dikatakan sebagai mobil listrik murni. Sistem penggerak mobil jenis ini bergantung dengan baterai yang biasanya berjenis Lithium-ion. Untuk proses pengisian baterai, maka bisa dilakukan pengisian ulang yang dapat dilakukan pada SPKLU atau rumah yang sudah terpasang alat khusus untuk mengisi baterai. Kelebihan yang ditawarkan dari mobil satu ini adalah sudah pasti 100% ramah terhadap lingkungan.

Selain ramah terhadap lingkungan, mobil ini juga terbukti lebih mampu menghemat energi jika dibandingkan dengan mobil konvensional lainnya. Beberapa model mobil yang sudah menggunakan sistem BEV ini mulai dari Tesla 3, Tesla X, Nissan LEAF, BMW i3, Hyundai IONIQ 5, dan beberapa mobil lainnya.

HEV atau hybrid electriv vehicle

Untuk jenis yang satu ini, banyak orang menyebutnya dengan sebutan mobil hybrid. Mobil ini belum 100% menggunakan energi listrik karena masih memanfaatkan mesin yang menggunakan bahan bakar minyak. Sehingga bisa dikatakan bahwa mobil hybrid mengkombinasikan antara penggunaan motor listrik dan juga mesin bensin. Salah satu perbedaan dengan BEV adalah baterai yang ada di mobil hybrid tidak perlu lagi diisi ulang karena dapat diisi ulang dengan memanfaatkan energi yang berasal dari bensin. Beberapa mobil yang termasuk dalam mobil hybrid seperti Camry, Civic, Ertiga, C-HR, dan yang lainnya.

Itulah penjelasan tentang BEV dan juga HEV yang sudah berbasis elektrik saat ini. Untuk memudahkan setiap orang dalam mencari mobil listrik sekaligus hybrid bekas yang terbaik maka sudah ada platform yang dikenal dengan mobbi. Sebelum berubah menjadi mobbi, dulunya dikenal dengan mo88i yang juga sudah menyediakan banyak sekali mobil bekas terbaik yang terjamin kualitasnya. Sehingga setiap orang tidak perlu lagi ragu dan bingung untuk bertransaksi di platform mobbi.