Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Dapat Harga Terbaik saat Jual Mobil Bekas

Ketika sudah tidak memenuhi kebutuhan atau ingin ganti dengan yang baru, jual mobil bekas merupakan salah satu solusi terbaik. Tapi ada masalah yang muncul ketika menjual mobil bekas, yaitu harga yang anjlok dan cenderung merugikan penjual.

Sebenarnya hal semacam ini bisa dihindari asalkan kamu mengetahui cara-cara apa saja yang harus dilakukan. Jika sebelumnya kamu belum berpengalaman menjual mobil, sebaiknya simak penjelasan ini hingga akhir, ya.
Jual Mobil Bekas

Cara Dapat Harga Terbaik saat Menjual Mobil Bekas

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan guna mendapatkan harga mobil bekas terbaik ketika kamu menjualnya.

1. Riset Harga di Pasaran

Hal pertama yang sangat wajib dilakukan adalah melakukan riset harga pasar. Carilah harga pasaran untuk tipe mobil dengan kondisi yang sama seperti kendaraan kamu untuk mengetahui harganya. Lakukan riset di beberapa platform sekaligus untuk membandingkan.

Hasil dari riset harga ini akan menjadi patokan kamu ketika melepas mobil bekas. Tentukan batas bawah dan batas atas untuk harganya agar tidak merugikan kamu sebagai penjual maupun orang lain yang akan membelinya.

2. Perhatikan Detail Mobil Luar Dalam

Untuk mendapatkan harga terbaik, kamu tidak bisa menjual mobil dengan kondisi apa adanya. Apalagi saat menjual mobil yang sudah berumur dan digunakan sehari-hari. Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk memastikan kondisinya prima.

Jika ada yang perlu dilakukan perbaikan atau penggantian, jangan ragu untuk melakukannya. Hal ini lebih baik ketimbang harus mendapatkan harga rendah ketika jual mobil. Jangan lupa juga untuk membersihkan mobil secara menyeluruh agar calon pembeli lebih senang.

3. Pastikan Sudah Selesai Kredit

Mobil yang dijual sebelum masa kredit atau cicilannya selesai cenderung punya harga yang rendah. Makanya, sistem jual mobil bekas dengan sistem over kredit seperti ini kurang disarankan. Ini akan lebih merugikan kamu sebagai penjual.

Jual mobil ketika kreditnya sudah selesai. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan harga yang lebih baik dan sesuai dengan pasaran.

4. Jual kepada Pengguna Langsung, Bukan ke Pengepul

Hindari menjual mobil ke showroom mobil bekas atau pengepul karena mereka akan membeli dengan harga rendah. Akan lebih baik jika kamu melakukan penjualan langsung kepada pengguna akhir. Memang prosesnya lebih rumit, tapi sebanding dengan harga yang kamu dapatkan.

5. Manfaatkan E-commerce Penjualan Mobil Bekas

Kalau tidak ingin repot dan mendapatkan harga terbaik ketika menjual mobil bekas pakai, kamu bisa memanfaatkan e-commerce penjualan mobil bekas. Saat ini ada mobbi dari Astra Group yang siap membantu kamu menjual mobil bekas.

Platform yang dulunya punya nama mo88i ini menawarkan kemudahan dan keamanan proses penjualan. Inspeksi menyeluruh yang dilakukan sebelum mobil dijual juga membantu penjual mendapatkan harga terbaik untuk mobilnya. Jadi, tidak usah ragu untuk mencoba mobbi sekarang.