Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Anak Sering Sakit, Pembaca SehatQ Wajib Tahu

Barangku.id - Sebagai orang tua, kesehatan anak tentunya harus diperhatikan dengan baik. Anak memiliki imun yang masih rendah dan harus dijaga segala aspeknya. Tentu ada banyak hal yang menyebabkan penyakit muncul dan bersarang pada tubuh anak-anak.

Agar Anda lebih paham, maka pada penjelasan ini akan diberikan uraian penyebab kenapa anak-anak bisa mudah sakit. Selain itu, akan diinformasikan pula bagaimana cara pencegahannya. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini:

penyebab anak sering sakit
Ketahui penyebab anak sering sakit di sini

1. Ada Paparan Patogen Berlebih

Penyebab utama kenapa anak-anak lebih mudah sakit adalah karena paparan patogen. Patogen ini bisa terdiri dari bakteri, virus, parasit, atau yang lainnya. Biasanya, patogen bersumber dari banyak hal atau benda di lingkungan sekitar anak-anak.

Saat anak berusia enam bulan atau lebih, maka daya aktifnya akan meningkat dan lebih sering memegang benda di sekitarnya. Kemudian, jari yang dipakai memegang benda akan dimasukkan ke mulut. Hal ini yang menjadi jalan utama untuk patogen menyerang anak.

Oleh karenanya, Anda sebagai orang tua harus paham betul perilaku ini dan harus melakukan pencegahan sejak awal. Saat anak mulai aktif, maka orang tua harus memberinya vitamin yang optimal agar patogen tidak bisa menyerang.

2. Sistem Imun Belum Utuh

Anak-anak tentu memiliki imun yang belum utuh dan masih harus berkembang. Jadi tidak heran jika anak-anak lebih mudah terserang penyakit. Apalagi saat usia anak menginjak enam bulan dan mulai aktif, maka penyakit akan mudah masuk karena imun anak belum terbentuk.

Namun sebenarnya, ketika anak mulai sakit maka imun di tubuhnya akan mulai terbentuk secara kompleks. Jadi Anda tidak harus khawatir berlebih pada saat anak sakit demam atau yang lainnya karena ini pertanda bahwa masa imun anak terbentuk sudah mulai berjalan.

Sedangkan aspek yang harus dijalankan sisi orang tua adalah dengan memberikan vitamin dan perlindungan ekstra. Dengan demikian, dampak sakit yang dirasakan anak tidak terlalu besar dan imun akan tetap bertumbuh dengan baik.

3. Kurangnya Kebersihan

Sebagai orang tua yang baik, kebersihan adalah hal krusial yang harus dijaga. Apabila kebersihan di lingkungan anak kurang, maka bisa dipastikan akan ada banyak virus yang hinggap. Kemudian, virus ini akan menyerang anak-anak yang ada di sekitarnya.

Ada banyak bagian yang harus Anda perhatikan jika ingin kebersihan anak terjamin. Mulai dari memberikan makanan yang bersih, menjaga kebersihan rumah secara berkala, hingga menghadirkan sanitasi yang baik di rumah yang ditinggali.

Apabila semua aspek ini diperhatikan dengan baik, maka besar kemungkinan anak-anak akan memiliki lingkungan yang bersih. Hal ini juga memungkinkan anak tidak sering terserang penyakit yang akhirnya membuat kerugian pada aspek kesehatan anak.

4. Tidak Diimunisasi

Pemerintah sudah menyediakan fasilitas imunisasi untuk anak. Orang tua tentunya harus memanfaatkan fasilitas ini dengan baik agar sistem imun dan kekebalan anak bisa terjaga. Jadi imunisasi bukanlah hal yang sepele.

Justru jika tidak imunisasi, maka anak akan lebih mudah terserang penyakit. Dampak ini dikarenakan tidak adanya struktur bantuan sistem yang dimasukkan dalam tubuh sebagai tambahan pencegahan. Sedangkan dengan imunisasi, maka kebutuhan tersebut akan terpenuhi.

Namun nyatanya, masih banyak yang tidak mengedepankan imunisasi pada anak. Hal ini dikarenakan sisi orang tua menganggap imunisasi tidak berarti dan tidak berpengaruh. Jadi bisa dilihat hasilnya banyak anak yang sakit karena tidak mendapat imunisasi.

5. Sering Terpapar Asap Rokok

Asap rokok bukan hanya bahaya untuk orang tua, namun juga untuk sisi anak-anak. Justru pada anak-anak, asap rokok lebih berbahaya karena sistem pernapasan anak masih lemah. Oleh sebab itu, asap rokok harus dijauhkan dari anak agar tidak ada gangguan pernapasan.

Hal ini tentunya menjadi tanggung jawab semua pihak dan bukan hanya sisi orang tuanya saja. Orang lain yang ada di sekitar anak juga harus memiliki kesadaran yang baik. Tujuannya adalah agar kesehatan anak tetap terjaga.

Itulah lima penyebab anak-anak lebih mudah sakit beserta detail penjelasannya. Jika Anda ada di sisi orang tua yang baik, maka pastikan untuk memahami semua detail di atas dan lakukan pencegahan yang maksimal agar anak-anak lebih kuat.