Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tentang BCA Sekuritas: Cara Menabung Saham Di BCA Sekuritas, Fitur Aplikasi Dan Fee Transaksi Saham

Barangku.id - Cara menabung saham di BCA Sekuritas sangat mudah, namun sebelum membahas itu, perlu Anda ketahui dahulu bahwa BCA sekuritas merupakan sebuah broker saham besar Indonesia. Banyak orang yang ingin jadi nasabah untuk bisa menabung atau berinvestasi saham di BCA Sekuritas.

Dengan diperkuat menggunakan lisensi OJK, BCA Sekuritas mampu membantu Anda menyimpan investasi saham dengan baik. Untuk lebih mengenal jauh BCA Sekuritas dan cara menabung saham di dalamnya, silakan simak ulasan ini hingga selesai:

Fitur Aplikasi BCA Sekuritas

cara nabung saham di bca sekuritas
Cara menabung saham di BCA

Sama seperti aplikasi lainnya, aplikasi BCA sekuritas juga tentu memiliki fitur yang dibuat oleh developer. Fitur tersebut tentu dibuat dengan tujuan untuk memudahkan serta membantu penggunanya mengelola aplikasi. Berikut ini adalah beberapa contoh fitur terbaiknya:

1. Menu Akun

Fitur selanjutnya yang dimiliki oleh aplikasi BCA Sekuritas adalah fitur akun. Pada menu akun ini, informasi yang berkaitan mengenai akun akan ditampilkan. Mulai dari informasi kecil hingga pengaturan pengaturan akun yang mengatur berjalannya aplikasi.

Pada halaman ini juga tersedia wacana berbentuk sebuah portofolio yang berisi informasi tentang saham. Mulai dari harga saham, daftar saham yang dimiliki, dan lain lainnya. Ada juga sebuah menu withdraw yang digunakan ketika Anda ingin menarik hasil pendapatan menabung saham.

2. Market Info Menu

Sesuai dengan namanya, Market Info adalah sebuah menu yang disediakan oleh aplikasi untuk memuat informasi pasar. Apabila pada halaman Home ada informasi pasar yang dirangkum, maka di info market semua gambaran pasar akan ditunjukkan.

Ada juga beberapa info lain yang ditampilkan. Misalnya watchlist yang berisi informasi saham langganan nasabah. Ada juga info tentang broker luar negeri yang berpotensi bisa digunakan. Selain itu grafik pasar, data harga real time, naik turun harga saham juga akan ditampilkan.

3. Menu Order

Fitur menu order adalah fitur yang sangat dibutuhkan dalam prosesi menabung saham di BCA Sekuritas. Menu ini digunakan untuk membeli saham serta sekaligus menjualnya kembali di pasaran.

Dalam menu ini, ada pula kode kode lain yang akan dijelaskan langsung pada halaman. Misalnya kode untuk melakukan expert order alias order dalam jumlah besar. Ada juga menu untuk melakukan order trading alias trading saham di BCA Sekuritas.

Cara Daftar dan Menabung Saham di BCA Sekuritas

Selanjutnya, mari membahas tentang cara menabung saham di BCA, khususnya BCA Sekuritas. Langkah langkah yang akan dijabarkan di bawah ini merupakan urutan yang tepat selama membuat akun langkah terakhir. Silakan ikuti petunjuk di bawah agar informasi yang didapat lebih lengkap:
  • Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi BCA Sekuritas yang ada di Play Store. Lakukan pengunduhan seperti aplikasi biasanya.

  • Akses akun BCA Sekuritas, lakukan pembuatan akun terlebih dahulu dengan menginisialisasi akun melalui emaildan password.

  • Buka rekening saham. Untuk bisa membuat rekening saham di BCA Sekuritas, Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen penting. Misalnya adalah Kartu Tanda Penduduk dan beberapa surat lainnya.

  • Selesaikan pendaftaran rekening dengan mengisi semua formulir secara lengkap. Setelahnya daftarkan akun Anda untuk mendapat nomor SID nasabah. Nantinya nomor ini digunakan untuk top up saham dan sebagainya.

  • Kalkulasi kembali jumlah dana yang akan ditabung di saham. Pastikan secara benar bahwa dana sedang stabil sehingga setiap transaksi menabung dilakukan, Anda tidak akan kekurangan dana.

  • Selanjutnya, Anda sudah mulai bisa melakukan deposit modal. Caranya ada di informasi petunjuk pada aplikasi. Jumlah minimal modal yang bisa di -top up adalah seratus ribu rupiah (Rp.100.000).

  • Terdapat beberapa kode-kode dalam dunia saham yang hanya bisa dipahami jika dipelajari. Untuk itu, jika Anda berniat serius melakukan investasi atau menabung saham, maka Anda harus mempelajari kode-kode tersebut.

  • Beli saham, ini merupakan tahapan yang sangat penting dalam cara menabung saham di BCA. Anda harus mengakses halaman trading BCA Sekuritas. Pilih seberapa banyak lot saham yang ingin dibeli, sesuaikan dengan modal. Terakhir, tekan menu ‘Submit' untuk membeli.

  • Selanjutnya, setelah membeli saham, Anda bisa mengelola saham tersebut sebelum kemudian menjualnya kembali. Perhatikan diagram pasar yang naik turun untuk menemukan saat menjual yang tepat.

  • Hasil saham yang dijual tentu akan berimbas keuntungan. Total keuntungan itulah yang akan Anda simpan dan tabung di rekening BCA Anda sehingga nanti bisa di withdraw kapan pun Anda inginkan.

Besaran Fee yang Dikenakan Setiap Transaksi

Hal yang tidak bisa dilupakan dari cara menabung di BCA Sekuritas adalah fee yang dikeluarkan setiap transaksi. Ketika bertransaksi, ada istilah buy dan sell. Setiap kali Anda menjual atau membeli, biaya di bawah ini yang akan dikenakan kepada Anda:
  • Bayaran atas pembelian (buy) secara online adalah sebesar 0,18% dari dana.

  • Biaya pendapatan atas penjualan (sell) secara online adalah sebesar 0,28% dari dana.

  • Bayaran atas pembelian (buy) melalui broker atau sales adalah sebesar 0,25%.

  • Biaya pendapatan atas penjualan (sell) saham melalui broker atau sales adalah sebesar 0,35%.
Itulah cara menabung saham di BCA Sekuritas yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan keuntungan. Jangan lupa bahwa fee yang dibayarkan akan langsung dipotong atau dikurangi dari rekening Anda. Hal tersebut terjadi secara otomatis dan Anda tidak bisa menariknya kembali.