Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

12+ Makanan yang Mengandung Protein Tinggi dan Segudang Manfaatnya

Memilih makanan yang masuk ke dalam tubuh setiap harinya adalah langkah awal menjaga kesehatan tubuh. Contoh kandungan yang paling penting untuk tubuh adalah makanan yang mengandung protein tinggi

Ketika proses pencernaan tubuh berlangsung, makanan dengan protein tinggi akan dipecah lagi. Pemecahan makanan ini disebut dengan asam amino yang fungsi utamanya adalah memperbaiki sel dan jaringan tubuh. Baca penjelasan lainnya tentang pentingnya protein pada tulisan berikut:

makanan yang mengandung protein tinggi
Makanan yang mengandung protein

Manfaat Utama Protein untuk Tubuh Manusia

Ketika di sekitar kamu ada seseorang yang sedang menjalani proses diet, pasti mereka mengutamakan asupan protein. Pelaku diet butuh asupan protein tinggi untuk menjaga massa otot dan juga memenuhi nutrisi tubuh. 

Ibu hamil dan menyusui juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi. Bayi ketika lahir di dunia juga butuh asupan protein yang diserap melalui asi. Proses metabolisme tubuh akan semakin kuat jika konsumsi protein harian terpenuhi.

Sebagian besar orang tahu makanan yang mengandung protein tinggi hanya yang berasal dari hewan. Padahal sumber protein dibagi menjadi dua yakni hewani dan nabati atau hewan dan tumbuhan. Agar bisa tahu jenis makanan tinggi protein lainnya, silahkan terus membaca artikel ini.

12 Jenis Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Memang mayoritas makanan dengan kandungan protein tinggi berasal dari hewani. Tapi tak menutup kemungkinan protein nabati juga bisa menjadi tambahan asupan protein penting. Langsung saja ini dia jenis makanan dengan protein tinggi yang dimaksud:

Makanan Laut Termasuk Ikan

Sudah sangat jelas jika makanan laut terkenal dengan makanan yang mengandung protein tinggi. Bahkan bukan hanya ikan laut saja tapi ikan air tawar juga punya protein yang sama tingginya. Omega-3 dalam ikan juga menjadi pelengkap untuk konsumsi harian.

Telur

Telur adalah makanan yang paling mudah ditemukan dan harganya terjangkau. Kandungan pada telur bukan hanya protein saja namun juga lemak tak jenuh, vitamin serta mineral. Wajar jika pelaku diet sering mengandalkan telur sebagai makanan hariannya.

Biji-bijian

Biji-bijian masuk dalam kategori makanan yang mengandung protein tinggi nabati. Keunggulan dari produk nabati adalah kaya akan serat sehingga bisa melancarkan pencernaan. Chia seed sekarang sedang menjadi jenis biji-bijian andalan.

Brokoli

Sayur yang satu ini ternyata bukan hanya tinggi serat namun juga proteinnya. Vitamin C pada brokoli juga bisa menjadikan kamu lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Daging Tanpa Lemak

Pecinta daging wajib tahu bahwa daging dengan protein tinggi adalah daging tanpa lemak. Zat besi dan vitamin B pada daging tanpa lemak contohnya daging sapi sangat penting untuk tubuh.

Daging Ayam

Masih kategori daging hewani, ayam juga punya kandungan protein tinggi. Dibandingkan dengan daging sapi, ayam masih sangat terjangkau. Rasanya juga lezat dan bisa diolah berbagai jenis hingga rasanya disukai oleh semua kalangan.

Tahu dan Tempe

Siapa bilang makanan yang bisa dibeli dengan harga murah ini kandungan proteinnya rendah?. Masuk kategori protein nabati, tahu dan tempe minim reaksi alergi pada orang yang mengonsumsinya. Untuk menemukan tahu dan tempe di Indonesia juga tidak sulit.

Jamur

Jamur sering dijadikan sebagai makanan pendamping dan tentunya tetap nikmat. Beragam jenis jamur sudah tersebar seperti yang paling terkenal adalah jamur shitake. Kaya akan antioksidan, jamur juga bisa diolah dengan menjadi berbagai jenis makanan.

Kedelai

Jika kamu mencari makanan yang mengandung protein tinggi dan utuh maka kedelai pilihannya. Ada 9 jenis asam amino esensial yang ada pada kedelai dan tentunya sehat untuk dikonsumsi. Edamame menjadi kedelai pilihan dan sering dijadikan camilan anak.

Susu dan Produk Olahannya

Lebih tepatnya bukan hanya susu namun juga keju, yoghurt da lainnya. Agar bisa memaksimalkan asupan protein khususnya yang sedang diet maka susu bisa dikonsumsi. Pilih jenis susu yang rendah lemak dan biasanya punya kandungan 11 gra protein.

Gandum

Sering dijadikan sebagai pengganti nasi, gandum kaya akan protein dan serat. Kadar protein dalam gandum mentah 13 gram namun untuk pelaku diet harus membatasi konsumsinya. Penyajian gandum supaya tidak hambar bisa ditambah dengan madu dan lainnya.

Bayam

Terakhir ada bayam sebagai makanan yang mengandung protein tinggi tapi jarang disadari. Karena masuk dalam kategori makanan nabati maka bayam sering dikenal kaya serat. Padahal selain serat, bayam juga kaya akan kandungan protein dan penting untuk pertumbuhan anak.

Jadi itulah dia jenis makanan yang mengandung protein tinggi dan segudang manfaatnya. Kamu bisa mendapat manfaat ganda karena selain protein tinggi, makanan di atas kaya akan nutrisi lainnya. Jangan lupa perhatian kualitas makanannya supaya bisa mendapat nutrisi terbaik.